5 Tips Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis

5 Tips Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis

Tips Menentukan Lokasi Usaha

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Pemilihan lokasi menjadi satu langkah penting yang harus dilakukan oleh pengusaha. Ini karena lokasi usaha yang tepat dan strategis sangatlah berpengaruh pada kelangsungan usaha, mulai dari jumlah pembeli hingga biaya yang akan dihabiskan. Oleh karena itu, penting rasanya untuk kamu memahami apa saja tips menentukan lokasi usaha agar semuanya tidak sia-sia.

Tidak lucu bukan jika punya produk yang bagus dan berkualitas atau sedang viral-viralnya, tetapi tidak ada pelanggan yang tahu. Lebih parahnya lagi jika usaha kamu bahkan ditolak oleh warga sekitar karena pemilihan lokasi yang sembarangan.

Nah, makanya kali ini Sediksi hadir untuk memberikan informasi tentang tips apa saja yang perlu kamu lakukan dalam menentukan lokasi usaha. Jadi, langsung saja simak ulasannya sampai bawah ya!

Tips Menentukan Lokasi Usaha

Kenali Jenis Usaha yang Akan Dikerjakan

Tips Menentukan Lokasi Usaha
Pexels / Polina Tankilevitch

Perlu kamu tahu bahwa jenis usaha sangatlah berkaitan dengan lokasi usaha. Jika suatu usaha berdiri di lokasi yang salah, maka itu tidak akan bertahan lama. Ini karena setiap jenis usaha pasti mempunyai karakteristik dan kebutuhan yang berbeda.

Sebagai contoh, jika kamu mempunyai usaha kuliner, maka pilihlah lokasi yang orang-orangnya lebih senang beli dibanding masak sendiri, misal dekat area kos, pabrik, area perkantoran, atau bahkan tempat wisata.

Selain itu, jika ingin buka usaha kos-kosan atau rumah kontrakan, maka sangatlah cocok untuk berdiri di daerah dekat kampus atau pabrik bukannya di area perkampungan yang sebagian besar orang punya rumah sendiri.

Tentukan Target Pasar

tips menentukan lokasi usaha
Pexels / Pixabay

Sebelum memilih lokasi, kamu perlu memahami siapa target pasar atau pelanggan potensial yang membutuhkan produk atau layanan itu. Contoh, jika kamu punya toko pakaian anak-anak dengan koleksi terbaru dan harga mahal, maka target pasarnya kemungkinan adalah para orang tua atau wali dari kalangan menengah ke atas yang mementingkan kualitas dibanding kuantitas.

Jadi, lokasi yang cocok adalah di daerah perumahan elit atau dekat dengan sekolah anak internasional. Jika kamu paksa untuk berjualan di daerah perkampungan yang warganya tidak perlu baju mahal, maka usaha itu pasti tidak akan bertahan lama.

Memahami dengan jelas siapa yang menjadi target usaha sebagai tips menentukan lokasi usaha, nantinya kamu bisa menyesuaikan tempat yang mudah diakses oleh pelanggan potensial.

Pilih Lokasi Sesuai Anggaran

Tips Menentukan Lokasi Usaha
Pexels / Karolina Grabowska

Kamu juga perlu menyesuaikan lokasi usaha dengan anggaran yang dimiliki. Bukan hanya biaya sewa bulanan, tetapi biaya lain di luar itu, mulai dari biaya pajak hingga renovasi. Mempertimbangkan hal itu akan membantu kamu agar mampu mengambil keputusan secara bijak dan tidak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset secara mendalam tentang lokasi itu. Bagaimana listriknya, berapa jumlah biaya air, iuran sampah, perizinan, dan lain sebagainya.

Pastikan Akses Transportasi Mudah dan Tempat Parkir yang Nyaman

Tips menentukan lokasi usaha
Pexels / Pok Ri

Tips menentukan lokasi usaha berikutnya adalah pilih tempat yang bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan, pemasok, dan karyawan. Ini akan membantu meningkatkan efisiensi operasional dan usaha bisa dikunjungi oleh banyak orang. Contoh, jika mempunyai restoran, memilih lokasi di dekat jalan utama bisa memudahkan pelanggan untuk mengunjungi tempat kamu.

Selain itu, jika bisnis sangat bergantung pada pasokan barang atau bahan baku tertentu, memilih lokasi yang bisa diakses oleh kendaraan pengiriman juga akan membantu usaha kamu menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko keterlambatan bahan baku.

Tidak hanya itu saja, jalan yang bisa diakses oleh transportasi umum dan mempunyai fasilitas parkir memadai akan lebih dipilih banyak orang.

Urus Perizinan dan Legalitas

Tips Menentukan Lokasi Usaha
Pexels / Towfiqu Barbhuiya

Perhatikan juga perizinan usaha di sekitar lokasi bisnismu. Ini penting karena masyarakat bisa saja menolak jika usahamu menimbulkan masalah, seperti suara bising, bau tak sedap, atau limbah yang merusak lingkungan. Jadi, pastikan kamu berhasil mendapatkan izin dari RT setempat dan persetujuan warga agar bisnis bisa berjalan dengan aman serta penuh dukungan.

Memulai usaha memang menjadi hal yang susah-susah gampang karena ada banyak sekali hal yang perlu kamu lakukan. Ini juga termasuk lokasi usaha yang mengambil peran penting dalam kelangsungan suatu usaha. Maka dari itu, segera aplikasikan tips menentukan lokasi usaha di atas ya!

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel