Ide Bisnis Sambil Traveling: Penat Hilang, Cuan Datang

Ide Bisnis Sambil Traveling: Penat Hilang, Cuan Datang

Ide Bisnis Sambil Traveling
Image by Element5 Digital, Unsplash

DAFTAR ISI

Sediksi.comDunia ini amat luas dan punya banyak tempat yang bisa dikunjungi maupun budaya yang ingin dipahami. Tidak mengherankan jika banyak orang suka traveling atau jalan-jalan sampai ke luar negeri. Banyak dari mereka pergi jalan-jalan sambil menghasilkan uang.

Coba bayangkan betapa menariknya berkeliling dari satu tempat ke tempat lain dan mendapat pemasukan. Penat hilang dan cuan berdatangan.

Kalau kamu suka traveling, barangkali kendalanya juga berasal dari finansial. 6 ide bisnis sambil traveling ini bakal cocok banget buat kamu.

6 Ide Bisnis Sambil Traveling

Buka Jasa Titip (Jastip)

Ide bisnis yang satu ini rupanya jadi pilihan banyak penghobi traveling. Sebab nggak begitu sulit buat dilakukan. Ada banyak hal unik yang bisa ditawarkan ke relasimu kan?

Membuka jasa titip bisa dilakukan saat kamu traveling ke suatu tempat. Tiap tempat pasti punya berbagai keunikan yang nggak ada di tempat lain. Produk berupa makanan dan minuman hingga suvenir bisa jadi oleh-oleh atau dijual kembali.

Silakan kabarkan jika kamu sedang traveling dan membuka jasa titip melalui media sosial yang kamu miliki. Cantumkan rentang harga produk, berapa jasa yang kamu patok, dan beri informasi terkait pajak jika produk tersebut merupakan produk yang dikenai pajak.

Misalnya, kamu sedang berlibur ke Yogyakarta, beberapa produk di sana bisa kamu tawarkan pada kerabat dan relasimu. Misalnya bakpia, maupun kerajinan. Atau jika kamu pergi ke Korea Selatan, banyak produk kecantikan yang bisa kamu jual kembali di pasar lokal.

Travel Blogging

Blogging telah menjadi cara populer untuk mencari nafkah, dan travel blogging tidak terkecuali. Jika kamu suka traveling dan memiliki keterampilan dalam menulis, fotografi, atau pembuatan video, maka travel blogging bisa menjadi pilihan.

Mulailah dengan mendokumentasikan pengalaman perjalananmu, berbagi tips, dan memberikan rekomendasi untuk para pembaca blogmu.

Tulis hal-hal yang informatif terkait tempat-tempat menarik yang perlu dikunjungi, moda trasnportasi dan akomodasi yang tersedia, hingga harga makanan di suatu tempat. Bagikan pengalaman dan ulasanmu itu di blog dan media sosial.

Kamu juga bisa menghasilkan uang dari blog dengan menempatkan iklan Google Adsense, affiliate marketing, posting sponsor, dan menjual produk digital. Jika blogmu sangat populer, bisa jadi ada tawaran untuk membukukan perjalananmu itu lho. Buku-buku perjalanan yang diterbitkan tentu mendapat royalti.

Beberapa aplikasi perjalanan juga memberi kesempatan untuk mengulas suatu tempat dengan honor tertentu.

Tour Guide

Tour guide atau pemandu wisata kerap ditemui saat orang berwisata. Apa yang mereka lakukan itu bisa diterapkan buat kamu yang hobi traveling. Apalagi, Indonesia punya banyak destinasi wisata yang diidamkan wisatawan mancanegara.

Sekiranya kamu antusias dengan destinasi tertentu atau punya pengetahuan yang luas tentang budaya tertentu, menjadi pemandu wisata cocok banget. Saat menjadi pemandu wisata, asah pula kemampuan komunikasimu dengan mempelajari bahasa asing, minimal bahasa Inggris lah yang jamak digunakan para pelancong.

Kamu bisa menawarkan tur wisata yang dipersonalisasi untuk wisatawan, yang mencakup pengalaman sejarah, budaya, dan kuliner. Beri referensi destinasi yang unik dan bakal memberi wisatawan pengalaman berkesan.

Di beberapa lokasi tertentu, menjadi pemandu wisata mesti memiliki lisensi. Kamu bisa bekerja sama dengan agen perjalanan wisata juga kok.

Agensi Perjalanan Online

Agen perjalanan online adalah pilihan lain untuk kamu yang demen traveling. Sebagai agen perjalanan, kamu bertugas membantu orang merencanakan perjalanan mereka dan mendapatkan bayaran dari itu.

Kamu bakal terlibat dalam riset destinasi yang ingin dikunjungi, mencari penawaran tiket pesawat dan akomodasi, dan membuat itinerari untuk klienmu.

Sekiranya sumber dayamu belum cukup, kamu bisa bekerja secara independen atau bermitra dengan agen perjalanan yang sudah mapan. Sebarkan informasi jasa yang kamu tawarkan melalui internet dan media sosial agar mendongkrak perhatian calon-calon klienmu.

Fotografi perjalanan

Fotografi perjalanan sangat cocok buat kamu yang jago di bidang fotografi, terutama untuk fotografer. Kamu bisa menawarkan jasamu ke agen perjalanan, restoran, maupun hotel. Selain itu, beri ulasan pula pada destinasi yang dikunjungi dan penjelasan melalui hasil karya foto.

Foto pemandangan hingga obyek menarik di destinasi wisata juga bisa dijual melalui situs web stok fotografi seperti Unsplash maupun Shutterstock. Kumpulkan portofolio fotografimu dan bagikan ke banyak orang agar mereka tertarik dengan jasamu.

Saat ini juga sedang populer jasa fotografi dengan klien yang ingin difoto candid. Mereka umumnya menggunakan jasa fotografi dengan permintaan agar kegiatan mereka dipotret secara natural dari kejauhan.

Jasa Freelance

Nah yang satu ini rupanya makin populer di kalangan anak muda. Tepatnya bukan jalan-jalan menghasilkan cuan sih, tetapi cari cuan sambil jalan-jalan. Kalau kamu memiliki keahlian tertentu, seperti desain web, menulis, atau desain grafis, kamu dapat menawarkan jasa freelance.

Sifat freelance yang tidak terikat jam kerja memungkinkan cara ini. Meski demikian, kudu tetap profesional karena klien membayar bukan untuk penyedia jasanya jalan-jalan.

Kamu bisa bekerja dari mana saja di dunia ini selama tersambung dengan internet. Kamu bisa memasarkan jasa freelance pada platform freelance atau platform media sosial. Memiliki portofolio pekerjaan juga penting untuk menarik klien agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Memulai bisnis perjalanan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan jika dilakukan dengan tekun. Ide bisnis sambil traveling memungkinkan orang-orang untuk menjelajahi tempat baru, budaya, dan orang sambil menghasilkan nafkah.

Dengan keterampilan yang tepat dan tekad yang kuat, banyak kesempatan agar hobi traveling menjadi usaha yang menghasilkan. Lessgooooo!

Lihat tulisan lainnya di Google News