5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet

5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet

Tips Self Reward Anti Boros

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Kadang dalam kejenuhan kita sesekali perlu self reward. Self reward atau pemberian hadiah untuk diri sendiri memanglah jadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan kesejahteraan mental.

Akan tetapi kadang kita juga sering membeli barang hingga kelewat boros berkedok self reward. Nah, oleh karena itu kamu perlu tau tips self reward anti boros.

Dengan memberi hadiah untuk diri sendiri, tapi tidak sampai menguras kantong, kamu dapat mengakui pencapaian, usaha, atau perjuangan yang telah kamu lakukan, sekaligus tidak membebani jatah uang bulanan.

Penasaran apa saja tips self reward anto boros? Selangkapnya akan Sediksi ulas dengan lengkap di bawah ini, simak sampai selesai.

Tips Self Reward Anti Boros

Mungkin dari kalian ada yang bertanya, apa sih pentingnya self reward? Beberapa orang memang menggunakan self reward sebagai cara untuk mengatasi stres, kelelahan, atau kebosanan yang mungkin ia rasakan dan juga sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian diri sendiri.

Namun, acapkali self reward berhubungan dengan barang-barang mahal, mewah, atau berlebihan. Ini masalahnya, jika terlalu sering atau terlalu besar memberi hadiah untuk diri sendiri, maka bisa jadi malah boros, berhutang, atau merasa bersalah.

 Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara-cara atau tips self reward anti boros, tetapi tetap efektif dan menyenangkan. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa tips self reward anti boros yang bisa kamu coba:

Tentukan tujuan dan kriteria self reward

5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet - tujuan dan kriteria self reward jpg
Image from Brightsparks

Sebelum kamu memberi hadiah untuk diri sendiri, pertama kamu perlu menentukan tujuan dan kriteria yang jelas. Apa yang ingin kamu capai? Kapan kamu akan memberi hadiah untuk diri sendiri? Berapa besar hadiah yang pantas untuk diberikan?

Dengan menentukan hal-hal ini, maka kamu dapat menghindari self reward yang impulsif, tidak terencana, atau tidak sesuai dengan prestasi yang telah kamu capai, dengan kata lain berlebihan.

Pilih self reward yang sesuai dengan minat, hobi, atau kebutuhan

5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet - manfaat membaca buku jpg
Image from Lemarifuturistik

Tips self reward anti boros yang satu ini sangat penting, karena self reward yang baik adalah yang tentunya dapat membuatmu merasa bahagia, puas, atau lega.

Oleh karena itu, kamu perlu memilih self reward yang sesuai dengan minat, hobi, atau kebutuhan. Misalnya, jika kamu suka membaca, kamu bisa memberi hadiah untuk diri sendiri berupa buku baru, majalah, atau e-book. Ini lebih murah, terjangkau dan banyak manfaat.

Jika kamu suka berolahraga, kamu bisa memberi hadiah untuk diri sendiri berupa perlengkapan olahraga, tiket gym, atau kursus yoga.

Manfaatkan diskon, promo, atau voucher

5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet - Diskon Belanjaan jpg
Image from Berikakbb

Nah, apabila kamu ingin memberi hadiah untuk diri sendiri berupa barang atau jasa yang berbayar, maka tips sef reward anti boros kali ini adalah biasakan untuk mencari diskon, promo, atau voucher yang tersedia.

Kamu bisa mengikuti media sosial, newsletter, atau aplikasi dari toko, restoran, atau penyedia jasa yang sering kamu pakau atau juga bisa memanfaatkan program loyalitas, cashback, atau poin dari kartu kredit, dompet digital, atau platform e-commerce yang biasa digunakan.

Dengan begitu, maka kamu bisa mendapatkan self reward yang diinginkan dengan harga yang lebih murah atau hemat, win win solution lah intinya.

Cari self reward yang gratis atau murah

5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet - Masak sendiri jpg
Image from Okezone

Selain memanfaatkan diskon, promo, atau voucher, kamu juga bisa mencari self reward yang gratis atau murah. Ada banyak self reward yang tidak membutuhkan uang atau hanya sedikit uang, tetapi tetap bermanfaat dan menyenangkan.

Misalnya, yang paling simpel adalah kamu bisa memberi hadiah untuk diri sendiri berupa waktu istirahat, tidur siang, mandi air hangat, meditasi, menonton film, mendengarkan musik, bermain game, atau membaca buku.

Kamu juga bisa memberi hadiah untuk diri sendiri berupa makanan atau minuman kesukaan – masak sendiri lebih asik – asalkan dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Berbagi self reward dengan orang lain

5 Tips Self Reward Anti Boros: Cara Menghargai Diri Tanpa Menguras Dompet - Makan Bersama jpg
Image from Opinibangsa

Tips self reward anti boros yang terakhir, coba deh untuk nikmati bersama orang lain, self reward tidak harus selalu dinikmati sendiri. Ini juga bisa berbagi self reward dengan orang lain, seperti keluarga, teman, atau pasangan.

Dengan berbagi self reward, mungkin kamu juga bisa meningkatkan hubungan, komunikasi, dan kebahagiaan bersama. Kamu juga bisa saling memberi masukan, dukungan, atau apresiasi atas pencapaian masing-masing.

Itulah beberapa tips self reward anti boros yang bisa kamu terapkan. Dengan memberi hadiah untuk diri sendiri secara bijak, kamu bisa menghargai diri sendiri tanpa harus menguras dompet. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel