8 Kiat Ampuh Mempertahankan Motivasi Kerja

8 Kiat Ampuh Mempertahankan Motivasi Kerja

Cara mempertahankan motivasi kerja
Image from Freepik/benzoix

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Apakah kamu pernah merasa kehilangan semangat saat bekerja? Atau merasa tidak ada yang dapat memotivasimu untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan? Itu bisa berarti motivasi untuk bekerja sedang menurun. Tak perlu khawatir karena ada cara-cara mempertahankan motivasi kerja yang bisa dilakukan saat pekerjaan terasa begitu berat.

Motivasi kerja adalah faktor penting dalam menjaga produktivitas dan kepuasan di tempat kerja. Namun, terkadang motivasi dapat pudar karena berbagai alasan seperti kebosanan, kelelahan, atau bahkan ketidakpuasan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Untungnya, ada beberapa cara mempertahankan motivasi kerja. Dalam artikel ini, saya akan membahas tips dan strategi efektif yang dapat membantu kamu dalam menjaga semangat di tempat kerja.

Cara Mempertahankan Motivasi Kerja

Tetapkan tujuan

Memahami tentang tujuan bekerja merupakan salah satu cara untuk mempertahankan motivasi kerja. Motivasi biasanya bertahan apabila ada suatu alasan atau tujuan yang ingin dicapai.

Alasan atau latar belakang setiap orang bisa saja berbeda-beda. Namun beberapa alasan kuat bagi seseorang untuk mempertahankan motivasinya seperti ingin memperoleh gaji lebih tinggi dengan bekerja secara maksimal, hingga ingin memiliki jenjang karir lebih tinggi.

Menetapkan hasil kerja yang diharapkan juga bisa menjadi cara mempertahankan motivasi kerja. Buat target pekerjaan dan tegaskan kepada diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu yang telah ditargetkan, maka dengan semangat tersebut, motivasi bisa terjaga.

Fokus mengembangkan keterampilan

Beberapa orang memang mempunyai motivasi dalam bekerja untuk mengembangkan kemampuan diri sendiri agar lebih baik. Memiliki target yang ingin dicapai bisa jadi salah satu cara yang bisa ditempuh.

Seorang content writer misal, fokus bekerja untuk memperbaiki konten dan terbiasa untuk memenuhi target tulisan harian selain itu adalah tanggung jawab kerjanya. Hal itu juga sebagai wadah mengembangkan kemampuan agar lebih baik lagi.

Berinteraksi dengan rekan kerja

Hubungan interpersonal di tempat kerja sangat penting untuk mempertahankan motivasi. Berinteraksi dengan rekan kerja ataupun atasan dapat membantumu merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, kebutuhan interaksi dengan orang lain agar tidak merasa sendiri tentu membuat lebih nyaman dalam bekerja.

Bayangkan jika kamu merasa sendiri dan tidak nyaman saat bekerja, pasti yang terbayang adalah lesu setiap saat dan enggan untuk bekerja tapi harus terpaksa bekerja.

Beraktivitas di luar kantor

Cara mempertahankan motivasi kerja yang satu ini bisa jadi paling ampuh, karena terkadang pekerkaan dapat membuat kita merasa stres dan jenuh. Mengagendakan leissure time atau waktu senggang untuk bersenang-senang tentu saja bisa mengatasi kejenuhan.

Terjebak dalam rutinitas yang monoton dan membosankan, terlebih lagi dengan adanya tekanan dan tuntutan pekerjaan yang tinggi, kita bisa kehilangan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Oleh karena itu memberikan waktu untuk aktivitas menyenangkan di luar kantor adalah sebagai upaya untuk mempertahankan motivasi kerja.

Aktivitas menyenangkan di luar kantor dapat berupa kegiatan sosial, menjalankan hobi, atau olahraga, atau hanya sekadar menonton film dengan pasangan. Dengan mengambil waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini, kita dapat menyegarkan pikiran dan mengisi kembali energi yang diperlukan untuk bekerja dengan efektif di kantor.

Self-reward

Saat bekerja, seringkali kita menantikan pujian atau penghargaan dari atasan maupun rekan kerja sebagai bentuk pengakuan atas usaha dan kinerja kita. Cara mempertahankan motivasi kerja yang ini rupanya semakin populer, terutama buat anak-anak muda.

Bisa kita mulai dengan memberikan pujian dan penghargaan kecil kepada diri-sendiri sebagai cara mempertahankan motivasi kerja. Self Reward istilahnya yang sering dipakai, sebagai upaya menghargai diri sendiri dengan sebuah hadiah kecil dari jerih payah yang selama ini ia kerjakan.

Hadiah bisa berupa makan makanan yang difavoritkan, membeli pakaian yang sudah lama diinginkan, atau barang-barang lain yang dirasa bisa memberikan semangat baru. Tak perlu berlebihan dengan mengganjar hadiah setiap hari. Setidaknya, self-reward diberikan pada momen yang kita anggap berhasil.

Menetapkan prioritas

Seringkali, kurangnya motivasi disebabkan oleh rasa kewalahan atau merasa tidak bisa mengatasi tugas yang terlalu banyak. Maka cara mempertahankan motivasi kerja adalah menetapkan prioritas dan mengelola waktu dengan baik.

Buat daftar tugas dan urutkan berdasarkan prioritas dan tenggat waktu. Setelah itu alokasikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan tersebut. Coba untuk memfokuskan diri pada satu tugas pada satu waktu dan hindari multitasking, karena dapat mengurangi efisiensi dan produktivitas.

Dengan begitu kamu akan terhindar dari kerjaan menumpuk dan stres akibat beban pikiran yang sama menumpuknya akibat pekerjaan yang dibiarkan semrawut.

Melakukan peregangan

Bagi yang banyak duduk di bangku dan berdiam diri di tempat kerja dengan waktu yang lama maka tubuh akan merasa tegang dan cepat lelah. Oleh karena itu melakukan peregangan dan pemanasan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempertahankan energi.

Cobalah untuk melakukan peregangan dan pemanasan selama 5-10 menit sebelum memulai bekerja, dan sempatkan melakukan peregangan di sela-sela pekerjaanmu. Cara ini berpeluang membuat badan dan pikiran segar.

Istirahat yang cukup

Terakhir dari cara mempertahankan motivasi kerja adalah dengan memperoleh istirahat yang cukup. Kurangnya waktu istirahat dapat berdampak buruk pada motivasi dan kinerja kita.

Dalam kehidupan yang serba sibuk ini keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi sangat penting untuk mempertahankan motivasi atau semangat bekerja. Istirahat yang cukup dan mengistirahatkan tubuh dari aktivitas kerja adalah sebuah solusi serius untuk menghindari burnout akibat pekerjaan.

Mengingat urusan istirahat ini demikian penting, ada baiknya kita mengatur pola tidur yang baik. Pasalnya, banyak pikiran dan lelah secara fisik merupakan salah satu penyebab susah tidur. Itulah mengapa, istirahat yang cukup adalah langkah terbaik bagi agar kesehatan selalu terjaga.

Baca Juga
Topik

Cari Opini

Opini Terbaru
Artikel Pilihan

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel