YOASOBI, Jenius Vocaloid yang Jadi Sensasi Musik Jepang dan Dunia

YOASOBI, Jenius Vocaloid yang Jadi Sensasi Musik Jepang dan Dunia

YOASOBI Vocaloid Duo

DAFTAR ISI

YOASOBI baru saja konser di Indonesia pada pertengahan Januari 2024. Animo penggemar sangat tinggi mengingat superdo asal Jepang ini menggebrak dunia musik. Mereka merebut hati tanah air mereka tetapi juga meninggalkan tanda abadi di panggung musik global.

Terbentuk pada tahun 2019 di bawah payung Sony Music Entertainment Japan, YOASOBI adalah hasil karya dua individu berbakat – Ayase, seorang produser Vocaloid terkenal, dan Ikura, seorang penyanyi-penulis lagu yang berbakat.

Bersama-sama, mereka telah mendefinisikan lanskap J-pop dengan pendekatan inovatif mereka terhadap musik, dengan menggabungkan cerita dan melodi secara mulus.

Awal mula YOASOBI

YOASOBI, Jenius Vocaloid yang Jadi Sensasi Musik Jepang dan Dunia - arti nama YOASOBI 819x1024 jpg
IG/yoasobi_staff

Asal-usul duo ini dapat ditelusuri kembali ke visi Sony Music Entertainment Japan untuk menggabungkan keahlian Ayase dalam menghasilkan lagu-lagu yang memikat dengan suara merdu Ikura.

Sinergi antara kedua bakat yang berbeda ini melahirkan YOASOBI, entitas musik yang melampaui batas-batas konvensional industri. Ayase dan Ikura, masing-masing dengan gaya unik mereka, menemukan harmoni dalam kolaborasi mereka, menciptakan paduan suara yang sempurna yang meresapi para penggemar di seluruh dunia.

YOASOBI debut pada 2019 dengan lagu ‘Yoru ni Kakeru’. Sejak itu, YOASOBI terus berkarya hingga kini namanya melejit.

Arti nama YOASOBI

YOASOBI, Jenius Vocaloid yang Jadi Sensasi Musik Jepang dan Dunia - arti yoasobi jpg
IG/yoasobi_staff

“YOASOBI,” nama duo ini, membawa makna mendalam yang mencakup inti perjalanan musik mereka.

Diterjemahkan sebagai “Night Time Play” atau “Main-main di Malam Hari”, itu melambangkan atmosfer dan emosi unik yang hidup selama jam malam.

Duo ini memilih nama ini untuk mewakili proses kreatif mereka – kegiatan individu selama siang hari, dan ketika malam tiba, bentuk ‘malam’ mereka mengambil bentuk, menantang berbagai elemen musik yang disatukan di bawah nama YOASOBI.

Ditilik dari arti nama YOASOBI, mereka rupanya ingin menunjukkan bahwa malam tak selalu sunyi. Mereka ingin bermain-main saat malam hari, dan membuat suasana jadi riuh. Dalam pengertian ini, ‘bermain’ perlu dipahami sebagai ‘berkarya’.

Jangan-jangan mereka suka insomnia nih, terus malah berkarya. Keren dah!

Jargon ‘Novel into Music’

Apa yang membedakan YOASOBI adalah dedikasi mereka untuk mengubah cerita pendek terpilih menjadi lagu-lagu yang menarik, sesuai dengan konsep ‘Novel into Music’ yang mereka bawa. Pendekatan unik ini, yang disebut sebagai “novel ke dalam musik,” telah menjadi gaya khas duo ini.

Mereka mengambil narasi yang menarik dari Monogatary.com dan menghidupkannya melalui melodi yang memikat. Ini bukan hanya tentang lagu yang mudah diingat atau vokal yang mengesankan; YOASOBI mengundang pendengar ke dalam dunia di mana setiap lagu adalah narasi, perjalanan emosional yang menunggu untuk terungkap.

Inti dari musik YOASOBI adalah konsep unik mereka “novel ke dalam musik.” Ini adalah proses transformatif di mana cerita, emosi, dan pengalaman saling terkait dengan melodi yang memikat. Mengambil inspirasi dari berbagai sumber, dari Monogatary.com hingga surat dan karya-karya penulis manga, YOASOBI telah mendefinisikan ulang arti menjadi musisi.

Lagu ‘Yoru ni Kakeru’ dibuat berdasarkan cerita pendek berjudul ‘Thanatos no Yuwaku’ karya Mayo Hoshino yang sebelumnya diterbitkan di Monogatary.

Musik mereka bukan hanya tentang melodi atau lirik; ini tentang cerita, emosi, dan pengalaman. Setiap lagu adalah sebuah karya seni, narasi yang diatur oleh musik. Semangat dan bakat tanpa henti YOASOBI mendorong batas-batas musik dan bercerita, meninggalkan penonton dengan rasa ingin tahu untuk bab berikutnya dalam odise musikal mereka.

Mendaki tangga popularitas

YOASOBI, Jenius Vocaloid yang Jadi Sensasi Musik Jepang dan Dunia - YOASOBI 1024x576 jpg
IG/ayase0404

Kemunculan YOASOBI bersamaan dengan masa-masa sulit pandemi COVID-19. Di tengah ketidakpastian, single debut mereka, “Yoru ni Kakeru,” menjadi mercusuar harapan bagi banyak orang.

Lagu ini tidak hanya menghabiskan enam minggu non-berturut-turut di puncak Billboard Japan Hot 100 tetapi juga menduduki peringkat teratas di grafik akhir tahun 2020. Namun, ini hanya awal dari kenaikan mereka yang meteorik.

Rilis berikutnya, “Idol,” mencetak rekor baru dengan mendominasi Japan Hot 100 selama 22 minggu non-berturut-turut – peringkat satu terlama dalam sejarah grafik tersebut.

Musik YOASOBI, paduan harmonis antara lagu-lagu yang memikat dan lirik yang tulus, menyentuh akord universal. Setiap lagu menjadi lebih dari sekadar melodi; itu menjadi sebuah cerita, sebuah emosi, sepotong jiwa YOASOBI yang selaras dengan khalayak global.

Mengapa YOASOBI disukai juga berbanding lurus dengan penggemar anime dan budaya pop Jepang lainnya. Musik-musik YOASOBI kental dengan permainan nada-nada khas anak muda yang rancak dan berenergi. Pun demikian dengan lagu-lagu YOASOBI yang easy listening dan cenderung kalem seolah membawa pendengarnya ke dunia yang mereka tinggali sendiri.

Penghargaan yang diterima YOASOBI

Perjalanan YOASOBI di industri musik tidak kurang dari spektakuler. Pendekatan inovatif mereka dan kemampuan untuk terhubung dengan audiens mereka telah mendapatkan banyak penghargaan.

‘Yoru ni Kakeru’ yang jadi lagu pertama mereka langsung memperoleh penghargaan lho, yakni di Monocon 2019.

Di antara banyak penghargaan yang mereka terima, Lima Penghargaan Piringan Emas Jepang, tiga Penghargaan Musik Shower Angkasa, empat Penghargaan Video Musik MTV Jepang, lima Penghargaan Toko CD, dua Penghargaan Rekaman Jepang, dan Penghargaan Budaya Penerbitan Noma adalah bukti dari dampak musik mereka dan keunikan konsep “novel ke dalam musik” mereka.

Terbaru, lagu Idol YOASOBI yang jadi OST Oshi no Ko dinominasikan jadi OST anime terbaik dalam Crunchyroll Anime Awards 2024.

Aktivitas terkini YOASOBI

YOASOBI, Jenius Vocaloid yang Jadi Sensasi Musik Jepang dan Dunia - konser yoasobi 1024x685 jpg
IG/yoasobi_staff

Di luar kesuksesan mereka yang mendominasi tangga lagu, YOASOBI telah membuat berita dengan kegiatan terkini mereka. Konser pertama mereka di Singapura menandai tonggak penting, memperluas pengaruh mereka di luar Jepang.

Duo ini juga hadir di Kohaku Uta Gassen ke-74, sebuah acara televisi istimewa malam tahun baru yang bergengsi, memperkokoh status mereka sebagai salah satu aktor utama dalam J-pop.

Terus merilis musik baru, YOASOBI mengambil inspirasi dari berbagai sumber, termasuk cerita yang ditulis oleh penulis manga dan bahkan surat. Kreativitas tanpa henti ini memastikan bahwa setiap lagu tetap menjadi bukti dari pendekatan unik mereka terhadap bercerita, lebih memantapkan tempat mereka dalam industri J-pop.

Perjalanan YOASOBI dari produsen Vocaloid menjadi sensasi J-pop adalah bukti dari kreativitas, inovasi, dan kekuatan musik untuk melampaui batas-batas. Dengan setiap nada, mereka mengundang pendengar ke dalam dunia di mana cerita hidup melalui melodi, membentuk koneksi yang melampaui ranah musik pop tradisional.

Saat YOASOBI terus berkembang, kemampuan mereka untuk menyusun naratif melalui musik memastikan bahwa warisan mereka di industri musik akan bertahan selama bertahun-tahun ke depan.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel