3 Jenis Haki di One Piece, Siapa Pengguna Terkuat?

3 Jenis Haki di One Piece, Siapa Pengguna Terkuat?

3 jenis haki di one piece

DAFTAR ISI

Sediksi – Salah satu kekuatan luar biasa di dunia One Piece adalah Haki yang merupakan sebuah kekuatan misterius yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup. Setidaknya, ada 3 jenis haki di one piece, yakni Haoshoku (haki raja), Busoshoku (haki pengeras), dan Kenbushoku (haki penglihatan).

Haki memungkinkan penggunanya untuk menggunakan energi spiritual mereka untuk berbagai tujuan, seperti merasakan orang lain, melindungi diri sendiri atau orang lain, atau bahkan mengalahkan kehendak orang lain.

Namun, tidak semua orang dapat membangkitkan atau menguasai Haki dengan mudah. 3 jenis haki di One Piece tentu berbeda dalam hal tingkat kemampuan dan efeknya.

Apa saja jenis-jenis Haki tersebut? Bagaimana cara membedakan dan menggunakan mereka? Mari kita simak penjelasannya dalam artikel ini.

3 Jenis Haki di One Piece

Haoshoku Haki

karakter pengguna haoshoku haki yang telah diketahui
3 jenis haki di one piece
besthdwallpaper

Haoshoku Haki (覇王色の覇気, Haōshoku no Haki) atau Haki Raja adalah jenis Haki yang paling langka dan kuat di antara ketiganya. Haki ini memungkinkan penggunanya untuk mengeluarkan kehendak mereka yang begitu kuat sehingga dapat mempengaruhi orang lain.

Pengguna Haoshoku Haki dapat membuat orang lain yang lebih lemah pingsan, ketakutan, atau bahkan tunduk pada mereka. Haki ini juga dapat merusak benda-benda di sekitar penggunanya.

Haki ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki ambisi besar atau potensi untuk menjadi pemimpin. Haki ini juga disebut sebagai “kualitas seorang raja” atau “kekuatan untuk menguasai segalanya”. Hanya satu dari satu juta orang yang dapat menggunakan haoshoku haki ini.

Beberapa contoh pengguna Haoshoku Haki adalah Monkey D. Luffy, Silvers Rayleigh, dan Shanks.

Busoshoku Haki

3 Jenis Haki di One Piece, Siapa Pengguna Terkuat? - luffy ryuo
Comicbook

Busoshoku Haki (武装色の覇気, Busōshoku no Haki) atau Haki Lapis Baja atau Haki Pengeras adalah jenis Haki yang paling umum digunakan di antara ketiganya. Haki ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan energi spiritual mereka untuk melindungi diri sendiri atau orang lain dari serangan fisik atau non-fisik.

Pengguna Busoshoku Haki dapat mengeraskan atau melapisi bagian tubuh atau benda yang mereka sentuh dengan Haki, sehingga meningkatkan kekuatan dan ketahanan mereka. Haki ini juga dapat menembus pertahanan orang lain yang menggunakan haki atau kekuatan buah iblis.

Haki ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kemampuan bertarung yang tinggi atau yang sering terlibat dalam pertempuran. Haki ini juga disebut sebagai “kualitas seorang prajurit” atau “kekuatan untuk melindungi segalanya”. Banyak orang yang dapat menggunakan Haki ini, baik bajak laut, marinir, maupun revolusioner.

Beberapa contoh pengguna Busoshoku Haki adalah Roronoa Zoro, Dracule Mihawk, dan Charlotte Katakuri.

Kenbunshoku Haki

3 Jenis Haki di One Piece, Siapa Pengguna Terkuat? - kenbushoku haki luffy
Comicbook

Kenbunshoku Haki (見聞色の覇気, Kenbunshoku no Haki) atau Haki Penglihatan adalah jenis Haki yang paling berguna di antara ketiganya. Haki ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan energi spiritual mereka untuk merasakan orang lain, benda, atau bahkan masa depan.

Pengguna Kenbunshoku Haki dapat mengetahui keberadaan, keadaan, niat, atau gerakan orang lain, bahkan jika mereka bersembunyi, berubah bentuk, atau bergerak sangat cepat.

Haki ini juga dapat digunakan untuk melihat gambaran singkat tentang apa yang akan terjadi di masa depan, sehingga dapat mengantisipasi atau menghindari bahaya.

Haki ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki intuisi atau kesadaran yang tinggi atau yang sering berhadapan dengan situasi yang tidak terduga.

Kenbushoku haki juga disebut sebagai “kualitas seorang penatua” atau “kekuatan untuk merasakan segalanya”. Banyak orang yang dapat menggunakan Haki ini, baik bajak laut, marinir, maupun pasukan revolusioner.

Beberapa contoh pengguna Kenbunshoku Haki adalah Sanji, Enel, dan Fujitora.

Siapa Pengguna Haki Terkuat?

Sediksi akan menyimpulkan kalau pengguna haki paling kuat di One Piece belum dikonfirmasi oleh Eiichiro Oda. Meski demikian, kreatornya memberi kita petunjuk tentang itu.

Dalam banyak pertarungan antar karakter, seringkali Oda menggambarkan haki punya peran penting untuk menentukan kalah-menang. Keterampilan dan penguasaan haki yang mumpuni memungkinkan seorang karakter untuk mengalahkan musuhnya.

Banyak yang menganggap kalau Shanks adalah pengguna haki terkuat di One Piece. Apakah benar demikian? Kita belum tahu jawabannya. Lagipula, tidak ada pertarungan yang benar-benar menentukan siapa pengguna haki terkuat, dan tidak mungkin semua karakter akan bertarung dalam situasi satu lawan satu.

Kita hanya bisa menebak-nebak, tetapi apakah kita bisa membuktikan kalau tebakan kita benar? Hanya Oda yang punya wewenang untuk memberi informasi siapa pengguna haki terkuat.

Itulah penjelasan singkat tentang 3 Jenis Haki di One Piece, dan perkiraan karakter pengguna haki paling kuat di One Piece.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel