Jenis-Jenis Pedang di One Piece dan 4 Urutan Kelasnya

Jenis-Jenis Pedang di One Piece dan 4 Urutan Kelasnya

jenis pedang di one piece

DAFTAR ISI

Sediksi – Di dunia One Piece, selain buah iblis dan haki yang menarik, pedang juga punya tempat istimewa.

Ada banyak sekali jenis pedang di One Piece berdasarkan kelas atau kategorinya. Satu pedang bisa termasuk jenis tertentu dengan kelas tertentu. Misalnya, Sushui termasuk salah satu dari 21 pedang Ō Wazamono dan termasuk sebagai Kokuto (pedang hitam). Sandai Kitetsu termasuk Yōtō (pedang terkutuk) dan kelas Wazamono.

Meski banyak kekuatan lain yang sering jadi sorotan, pedang tetap jadi salah satu elemen keren di sana. Dari berbagai pedang keren hingga pendekar pedang hebat, ceritanya selalu menarik.

Mau tau lebih? Sediksi siap berbagi info lengkapnya. Yuk, simak terus dan jadi paham tentang jenis pedang di One Piece dan urutan kelasnya!

Jenis-Jenis Pedang di One Piece

Sebelum kita cek detil klasifikasi pedang, yuk kenali dulu ragam pedang yang ada di sana. Di dunia One Piece, kita punya macam-macam pedang keren kayak Cutlass, Katana, Nodachi, Longsword, dan sebagainya. Meskipun punya nama yang berbeda, semua ini disebut dengan satu kata: “pedang”.

Secara umum, ada 3 jenis pedang di One Piece berdasarkan keistimewaannya.

Meito – Pedang Terkenal

Jenis-Jenis Pedang di One Piece
Wallpaperflare

Meito artinya “Pedang Populer” atau “Pedang yang Tenar”. Nah, kalo ada pedang yang punya nama dan reputasi kece, dia masuk kategori Meito. Gak cuma pedang, lho; ada juga senjata lain macem tongkat yang bisa jadi Meito.

Keren banget, ya, punya pedang Meito! Itu tandanya pedang itu top banget dan punya reputasi bagus. Biasanya, pedang-pedang ini bikin sama penempa pedang yang jago banget. Dan gak jarang, pendekar pedang top juga yang pake pedang ini. Jadi, pedangnya gak cuma istimewa, tapi juga bisa bikin orang yang pake jadi makin hebat.

Oke, di dunia One Piece, ada empat level untuk pedang Meito:

  1. Pedang Kelas Tertinggi (Saijō Ō Wazamono)
  2. Pedang Kelas Hebat (Ō Wazamono)
  3. Pedang Kelas Terampil (Ryō Wazamono)
  4. Pedang Bagus (Wazamono)

Yōtō – Pedang Terkutuk

Jenis-Jenis Pedang di One Piece dan 4 Urutan Kelasnya - jenis pedang di one piece jpg
Amino

Ini adalah klasifikasi yang sangat unik, namun merupakan klasifikasi yang penting. Yōtō secara harfiah berarti pedang terkutuk. Salah satu jenis pedang di One Piece ini sudah ditunjukkan sejak awal serial.

Seperti namanya, pedang Yōtō dikatakan terkutuk dan dikenal membawa kematian yang mengerikan atau penderitaan yang luar biasa atau kemalangan bagi penggunanya. Jadi, seseorang tidak boleh bermain-main dengan pedang ini kecuali mereka mampu mengubah nasib mereka.

Ketiga pedang Kitetsu, yaitu Sandai Kitetsu, Nidai Kitetsu, dan Shodai Kitetsu adalah pedang terkutuk. Pedang terkutuk lainnya yang populer bernama Kikoku yang dimiliki oleh Trafalgar Law.

Kokuto – Pedang Hitam

Jenis-Jenis Pedang di One Piece dan 4 Urutan Kelasnya - sushui zoro 1024x640 jpg
Pinterest

Ini adalah jenis pedang yang istimewa dan yang membuatnya istimewa adalah Kokuto (Pedang Hitam) lebih kuat daripada pedang biasa. Jadi, bagaimana sebuah pedang bisa menjadi pedang hitam?

Pedang biasa menjadi pedang hitam setelah dijiwai dengan bushoshoku haki dan digunakan dalam berbagai pertempuran sepanjang waktu.

Lapisan hitam sementara dari bushoshoku haki akan berubah menjadi permanen seiring berjalannya waktu, dan dengan demikian, lahirlah pedang hitam.

Sebetulnya, ini hanyalah gambaran singkat dan langkah-langkah yang tepat untuk membuat pedang hitam belum terungkap. Tapi kita tahu bahwa busoshoku haki adalah kuncinya.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, pedang hitam adalah senjata yang super kuat, dan begitu seorang pendekar pedang mampu mengubah pedang mereka menjadi pedang hitam, maka level pedang tersebut akan meningkat satu tingkat secara otomatis.

Urutan pedang terkuat di One Piece berdasarkan kelasnya

Nah, detail dari keempat level Meito ini bakal kita bahas lebih lanjut.

Saijō Ō Wazamono: 12 Pedang Kelas Tertinggi

Jadi, kalo kita bahas pedang kelas tertinggi, ini adalah yang paling top di One Piece. Cuma ada dua belas pedang Supreme Grade di dunia ini! Bayangin aja, ini kayak edisi langka banget dan super eksklusif.

Nah, cuma pendekar pedang papan atas dan karakter-karakter super kuat di One Piece yang berhak pegang senjata sekeren ini.

Pedang Saijō Ō Wazamono ini punya reputasi mentereng karena sangat tangguh dan teruji di berbagai keadaan. Dia bisa tahan banting, gak mudah gores, dan serangan paling keras pun bisa dihadapi tanpa masalah. Dari dua belas pedang kelas tertinggi ini, cuma empat yang udah kita kenal!

Contoh pedang Saijō Ō Wazamono:

  • Yoru – Dracule Mihawk
  • Ace – Gol D. Roger
  • Murakumogiri – Edward Newgate (Shirohige/Whitebeard)
  • Shodai Kitetsu – Saint Ethanbaron V. Nusjuro (Gorosei gundul yang mirip Mahatma Gandhi)

Ō Wazamono: 21 Pedang Kelas Hebat

Nah, setelah Supreme Grade, kita punya yang namanya Great Grade Blade. Di One Piece, kita bisa temuin 21 pedang dengan level kualitas ini. Meskipun bukan yang paling papan atas, tapi gak kalah keren kok!

Pedang kelas ini punya kekuatan dan ketajaman yang bikin orang kagum. Plus, pedang-pedang ini kuat banget, bisa tahan banting, dan punya daya tahan yang oke.

Contoh pedang Ō Wazamono

  • Enma- Zoro
  • Ame no Habakiri – Kozuki Momonosuke
  • Shusui – Ryuma (dan Roronoa Zoro)
  • Nidai Kitetsu – Kozuki Sukiyaki
  • Wado Ichimonji – Zoro

Ryō Wazamono: 50 Pedang Kelas Terampil

Nah, selanjutnya ada Pedang Tingkat Terampil. Ini juga kualitasnya top di One Piece, tapi dia nomor tiga setelah yang Supreme Grade dan Great Grade Blade. Di dunia One Piece, ada 50 pedang dengan level ini.

Pedang-pedang ini punya tenaga dan ketajaman yang gak main-main, tapi bobotnya lebih ringan dibanding yang di atasnya. Cocok banget buat pendekar pedang yang suka aksi cepat. Walaupun gak seistimewa yang di level atasnya, tapi tetep awet kok. Sayangnya, ada kasus kayak Yubashiri milik Zoro yang hancur diterjang Marinir.

Contoh pedang Ryō Wazamono

  • Yubashiri – Roronoa Zoro
  • Kashu – Tashigi
  • Yamaoroshi – milik Tashigi

Wazamono – Pedang Bagus

Nah, yang terakhir ada Wazamono, ini kelas terakhir dari keempat kelas pedang di One Piece. Meskipun di level terbawah, tapi jangan salah, pedang-pedang ini tetap punya kualitas yang gak main-main. Kecepatan potongannya mantap banget dan punya kekuatan yang oke.

Meski gak sekeren yang di kelas atas, tapi pedang-pedang ini tetap bikin orang kagum.

Contoh pedang Wazamono

  • Sandai Kitetsu – Roronoa Zoro
  • Shigure – Tashigi

Pedang yang belum diketahui kelasnya

Jenis-Jenis Pedang di One Piece dan 4 Urutan Kelasnya - pedang shanks 1024x576 jpg

Hassaikai milik Kaido, yang bentuknya mirip kanabo, adalah contoh sempurna dari Ungraded Blade ini. Meski gak punya label kelas, pedang ini punya reputasi yang mendunia, terutama setelah aksi luar biasa yang dia tunjukkan dengan senjatanya itu.

Karena ada banyak pedang populer dalam daftar ini, agak sulit untuk menyebut kelas dan jenis pedangnya. Pasalnya, memang tidak dijelaskan secara detail.

Beberapa pedang populer yang tidak diketahui kelasnya adalah:

  • Gryphon – Shanks
  • Napoleon – Charlotte Linlin
  • Hassaikai – Kaido
  • Kikoku – Trafalgar Law
  • Sukesan – Kin’emon
  • Kakusan – Kin’emon
  • Raiu – Shiryu
  • Warabide – Basil Hawkins
  • Pretzel – Charlotte Cracker

Demikian penjelasan jenis-jenis pedang di One Piece berikut kategorinya. Perlu dipahami bahwa kelas pedang bukan ukuran pasti bahwa pedang itu selalu membawa kemenangan.

Seperti halnya para pendekar pedang yang menggunakannya, keunikan dan kekuatan sejati sebuah pedang seringkali terletak di luar labelnya. Di balik setiap goresan dan serangan, cerita dan misteri dari setiap senjata ini terus memikat para penggemar One Piece.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel