Biaya Hidup di Perth 2023: Akomodasi, Makanan, Transportasi dan Lainnya

Biaya Hidup di Perth 2023: Akomodasi, Makanan, Transportasi dan Lainnya

Biaya hidup di Perth 2023

DAFTAR ISI

Merencanakan perjalanan ke Kota Perth, Australia? Kamu perlu mengetahui biaya hidup di Perth dan bagaimana kehidupan di sana.

Kota di ujung barat Australia ini merupakan pilihan wisata yang menarik. Terletak di pinggir pantai, dan menyuguhkan beragam pesona yang menghampar langsung ke Samudra Hindia.

Hidup di kota ini juga cukup asik. Bagaimanapun, Perth adalah kota multikultur yang memungkinkan kita bertemu dengan banyak orang dengan beragam latar belakang.

Artikel ini akan mengupas banyak hal mengenai Kota Perth.

Kehidupan di Perth

Penduduk Perth menikmati gaya hidup yang santai dan aktif. Kota ini memiliki pantai yang indah, seperti Cottesloe Beach dan Scarborough Beach, yang menjadi tempat populer untuk bersantai, berselancar, atau berenang. Terdapat juga taman-taman dan ruang terbuka hijau yang luas di sekitar kota untuk berolahraga atau piknik. 

Kehidupan multikultural di Kota Perth digambarkan melalui festival yang diadakan setiap tahun. Kamu dapat melihat pertunjukan seni yang megah pada Perth Festival.

Berbagai festival musik, pertunjukan teater, pameran seni, dan acara olahraga yang diadakan sepanjang tahun. Perth Cultural Centre adalah pusat kegiatan seni dan budaya dengan museum, galeri seni, dan perpustakaan yang terletak di pusat kota.

Gelar sebagai jantung pendidikan, Kota Perth memiliki sederet universitas bergengsi yang tidak pernah absen dari peringkat universitas terbaik kelas dunia. Beberapa diantaranya adalah University of Western Australia (UWA), Curtin University, Murdoch University, dan Edith Cowan University.

Biaya Hidup di Perth

Sebagai kota pendidikan dan bisnis, biaya hidup di Perth tergolong mahal bahkan Perth termasuk kota paling mahal ke-86 di dunia. Namun mahalnya biaya hidup di Perth sepadan dengan kualitas kehidupan yang tinggi. Kemajuan pada berbagai sektor industri, Perth menawarkan peluang karir yang menjanjikan.

Jika dibandingkan dengan Jakarta, biaya hidup di Perth lebih mahal 135%!

Merujuk situs numbeo.com biaya hidup di Perth untuk keluarga dengan 4 orang mencapai 6,240.6 A$ atau sekitar Rp 63 juta untuk satu bulan, dan angka tersebut tidak termasuk biaya sewa.

Jika sendirian, biayanya mencapai 1,769.2 A$ atau Rp 18 juta per bulan dan tidak termasuk biaya sewa. 

Di samping biaya sewa, belanja bulanan merupakan salah satu komponen terbesar dari total biaya hidup di kota Perth. Untuk lebih jelasnya, berikut ini rinciannya.

Sebelum itu, jika ingin melakukan perjalanan ke sana, tukarkan rupiah ke dolar Australia terlebih dahulu agar tak repot melakukan perencanaan anggaran.

Biaya Akomodasi

Biaya akomodasi adalah bagian penting dari biaya hidup di Perth, biaya akomodasi dapat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitas yang disediakan. Di pusat kota Perth, harga sewa apartemen biasanya lebih tinggi dibandingkan di luar kota. Berikut ini rincian rata-rata biaya sewa apartemen flat di Kota Perth.

Sewa Per BulanHarga
Apartemen (1 Kamar) di Pusat Kota2,530.15 A$
Apartment (1 Kamar) Luar Pusat Kota1,827.28 A$
Apartment (3 Kamar) di Pusat Kota3,778.29 A$
Apartment (3 Kamar) Luar Pusat Kota2,719.77 A$

Biaya Makan di Perth

Perth memiliki beragam pilihan makanan yang lezat. Biaya makanan di Perth bervariasi tergantung pada jenis restoran atau tempat makan yang  dipilih. Harga makanan di restoran biasa menghabiskan sekitar 30.00 A$ per menu, sedangkan memesan makanan di restoran mid range akan dikenakan biaya sebesar 140.00 A$ untuk porsi dua orang.

Untuk harga makanan di restoran cepat saji seperti McDonald dibanderol dengan harga 15.00 A$ (MC meal combo).

Harga kebutuhan pokok dapat berbeda-beda tergantung lokasi supermarket atau pasar tradisional untuk lebih jelas berikut tabel harga rata-rata bahan kebutuhan pokok di Kota Perth.

MarketsHarga
Susu (regular), (1 liter)2.74 A$
Roti putih (500 gram)3.49 A$
Beras (putih), (1kg)3.36 A$
Yelur (regular) (12)6.55 A$
Keju Lokal (1kg)13.71 A$
Ayam Fillet (1kg)13.70 A$
Daging sapi bulat (1kg) (atau setara daging merah bagian kaki belakang)22.09 A$
Apel (1kg)5.35 A$
Pisang (1kg)3.93 A$
Jeruk (1kg)4.53 A$
Tomat (1kg)6.70 A$
Kentang (1kg)3.31 A$
Bawang Merah (1kg)2.66 A$
Selada (1 ikat)3.31 A$
Air (1.5 liter botol)2.80 A$
Satu Botol Anggur (Mid-Range)20.00 A$
Bir Lokal (0.5 liter botol)7.01 A$
Bir Impor (0.33 liter botol)8.48 A$
Rokok 20 batang (Marlboro)40.00 A$

Biaya transportasi

Biaya hidup di Perth mencangkup biaya transportasi, Kota Perth memiliki sistem transportasi umum yang baik, termasuk kereta api, bus, dan feri. Kamu dapat membeli tiket harian atau bulanan sesuai kebutuhan kamu.

Jenis TransportasiHarga
Tiket Sekali Jalan (Transportasi Lokal)4.50 A$
Tiket Bulanan (Harga Reguler)175.25 A$
Taxi Start (Tarif Normal)7.00 A$
Taxi 1 km (Tarif Normal)2.50 A$
Taxi 1 Jam Tunggu (Tarif Normal)85.00 A$
Bensin (1 liter)1.95 A$

Biaya Utilitas

Biaya Utilitas merupakan biaya yang tidak dapat dihindari dari biaya hidup di Perth, harga kebutuhan dasar seperti air, internet dan listrik dapat berbeda-beda tergantung konsumsi pribadi, rata-rata biaya utilitas per bulan di Kota Perth adalah sebagai berikut:

Jenis UtilitasHarga
Biaya Dasar (Listrik, Pemanasan, Pendinginan, Air, Sampah) untuk Apartemen 85m2″.342.88 A$
Paket Bulanan Ponsel dengan Panggilan dan Kuota Data 10GB.51.12 A$
Internet (60 Mbps atau Lebih, Kuota Data Tanpa Batas, Kabel/ADSL)92.77 A$

Biaya Lainnya

Biaya lainnya seperti biaya hiburan, gym, kesehatan dan asuransi perlu diperhitungkan dalam anggaran biaya hidup di Perth, selain itu disarankan untuk membentuk dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Itulah informasi mengenai biaya hidup di Perth, beberapa poin anggaran mungkin dapat berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor seperti fluktuasi mata uang, tetapi kami akan berusaha untuk selalu memperbaruinya.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel