Akhirnya iPhone Pakai USB-C, Ini Alasannya!

Akhirnya iPhone Pakai USB-C, Ini Alasannya!

Akhirnya iPhone Pakai USB-C, Ini Alasannya!
Apple

DAFTAR ISI

Sediksi – Kemarin Apple telah meluncurkan beberapa perangkat terbaru mereka. Salah satunya adalah iPhone 15 Series. Pada iPhone 15 Series ini, Apple akhirnya mengabulkan permintaan sebagian besar penggunanya. 

Selain perubahan desain yang mengikuti bahasa desain dari pendahulunya yaitu iPhone 14 Pro, terdapat juga perubahan yang terlihat kecil namun justru perubahan tersebutlah yang diharapkan sebagian besar penggunanya.

Untuk pertama kalinya, Apple menyematkan port USB type-C pada seri iPhone terbaru mereka yaitu iPhone 15 Series. Seperti yang sudah diketahui, bahwa USB type-C sudah digunakan terlebih dahulu dan sudah menjadi standar bagi pabrikan hp saat ini. 

Bahkan hampir semua pabrikan hp sudah menggunakan USB type-C sejak lama. Namun, kenapa baru sekarang Apple mulai menggunakan USB type-C pada perangkat iPhone mereka?

Untuk mengetahui apa alasan Apple menyematkan USB type-C pada iPhone 15 Series, simak pembahasannya berikut ini.

Alasan Apple menggunakan USB type-C

Akhirnya iPhone Pakai USB-C, Ini Alasannya! - 1000003535
CNN

Tentunya, perusahaan sebesar Apple pasti memiliki alasan kuat kenapa mereka mengganti port iPhone yang sebelumnya menggunakan port lightning menjadi port USB type-C.

Peraturan uni eropa

Pertanyaan mengenai langkah Apple dalam menanggapi aturan ini akhirnya terjawab. Alasan utama Apple mengganti port iPhone dari lightning menjadi USB type-C adalah aturan yang dibuat oleh Uni Eropa.

Dikutip dari beberapa sumber, Uni Eropa menerbitkan aturan yang secara garis besar mewajibkan semua perangkat elektronik yang akan dijual di pasar eropa harus menggunakan port atau kabel USB type-C.

Aturan tersebut dikeluarkan oleh Uni Eropa sebagai upaya untuk mengurangi limbah elektronik sekaligus memberikan kebebasan bagi konsumen untuk membuat pilihan yang sifatnya berkelanjutan.

Tak hanya itu, dengan adanya aturan diharap bisa menghilangkan efek teknologi lock-in. Efek teknologi lock-in merupakan ketergantungan konsumen akan satu produsen saja.

Artinya, misalkan Apple masih tetap menggunakan port lightning mereka, kamu tidak akan bisa membeli kabel dari merek produsen lain. Kamu hanya bisa mendapatkan port lightning dari produsen Apple saja.

USB type-C lebih cepat

Tak hanya itu, alasan selanjutnya kenapa Apple mengganti port lightning menjadi USB type-C yaitu berdasarkan kemampuan dari USB type-C. Misalnya, jika kamu menggunakan USB type-C maka kecepatan transfer data akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kabel lightning.

Tak hanya itu, USB type-C memiliki kecepatan charger jauh lebih cepat jika dibandingkan kabel lightning. Dengan keunggulan tersebut, waktu pengisian baterai hp kamu akan semakin singkat.

USB type-C lebih murah

Alasan berikutnya adalah USB type-C lebih murah. Selain unggul dalam segi kemampuan, USB type-C juga unggul dari segi harga. Jika dibandingkan dengan kabel lightning yang sebelumnya digunakan oleh Apple, kabel USB type-C memiliki harga yang jauh lebih murah.

Dengan demikian, jelas akan mengurangi biaya produksi dari pembuatan kabel yang selama ini digelontorkan oleh Apple. Bahkan, harga aksesoris berupa kabel USB type-C buatan Apple akan lebih murah jika dibandingkan dengan kabel lightning sebelumnya.

Kompatibilitas lebih baik

Seperti yang sudah diketahui, semua pabrikan hp telah menggunakan port USB type-C pada perangkat mereka sudah sejak lama. Oleh karena itu, untuk mengisi daya dan mentransfer data, kamu tidak harus menggunakan kabel USB type-C dari perangkat lain.

Setidaknya, saat ini pengguna iPhone sudah bisa meminjam kabel hp Android untuk mengisi daya dan mentransfer data. Jadi, tidak perlu bingung lagi saat kabel ketinggalan saat nongkrong bareng teman.

Durability lebih baik

Port USB type-C diklaim memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan dengan  port lightning. Konektor pada USB type-C sudah dirancang untuk lebih tahan terhadap guncangan. Tentu hal ini sangat menguntungkan konsumen karena kabel akan menjadi lebih awet.

Dengan demikian, kamu tidak perlu sering-sering membeli kabel USB type-C dan akan menghemat uang yang kamu miliki. Selain itu, harga kabel USB type-C yang diproduksi oleh Apple berkemungkinan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kabel USB type-C lainnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya biaya sertifikasi MFI yang selama ini menjadi standar yang ditetapkan oleh Apple pada seluruh aksesoris mereka.

Apakah kamu salah satu orang menunggu dan berharap bahwa Apple menyematkan port USB type-C pada iPhone terbaru mereka? Selamat, harapan kamu sudah diwujudkan oleh Apple melalui iPhone 15 Series mereka.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel