Sejarah dan Alasan Kenapa Indomie Bisa Populer di Nigeria

Sejarah dan Alasan Kenapa Indomie Bisa Populer di Nigeria

Alasan Kenapa Indomie Bisa Populer di Nigeria

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Lagi laper, di kos-kosan sendiri, kondisi sedang ujan, terus males keluar… yaps mie instan adalah solusi. Nah, salah satu merek mie instan yang paling terkenal di Indonesia adalah Indomie.

Namun, tau gak bahwa Indomie juga populer di Nigeria. Kira-kira apa alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria, bagaimana sejarahnya Indomie bisa merajai pangsa pasar di Nigeria?

Produk ini memang memiliki rasa yang khas dan konsisten sejak dulu, oleh karenanya Indomie sangat populer. Untuk mengetahui apa saja alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria, simak ulasan berikut ini.

Sejarah Indomie di Nigeria

Sejarah dan Alasan Kenapa Indomie Bisa Populer di Nigeria - Indomie di Nigeria jpg
Image from AnswerAfrica

Untuk mengetahui alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria maka perlu kita telusuri dahulu bagaimana Indomie ini bisa sampai di negara Afrika Barat tersebut.

Sebelum adanya pabrik Indomie sendiri yang berdiri di Nigeria sana, Indomie pertama kali masuk ke Nigeria pada tahun 1988, oleh sebuah perusahaan Singapura bernama Tolaram Group.

Kala itu, Nigeria belum memiliki budaya mengonsumsi mie instan, biasanya mie di sana hanya disajikan di restoran makanan China.

Banyak warga Nigeria yang menganggap mi tersebut hanyalah kumpulan “cacing”. Namun, produk baru ini berhasil menarik perhatian mereka dengan menawarkan harga murah, bergizi dan mengenyangkan yang cocok dengan kondisi perekonomian negara tersebut.

Karena produk mie instan ini cepat mendapatkan kepopulerannya, hingga pada tahun 1995, pabrik produksi Indomie pertama dibuka di Nigeria, di bawah naungan De United Foods Industries Limited (disingkat Dufil).

Bahkan pabrik tersebut adalah pabrik penghasil mie instan pertama dari jenisnya di Nigeria dan terbesar di Afrika, hingga produk ini menguasai sekitar 74% pangsa pasar setempat.

Nigeria. Mulanya, Indomie hanya memasarkan varian ayam saja. Namun, seiring dengan perkembangan selera konsumen dan persaingan pasar, Indomie kemudian memperluas varian rasa dan ukuran produknya.

Mengutip dari laman CNN, pada tahun 2019 saja Nigeria adalah negara yang menempati urutan 12 sebagai negara pengonsumsi mie intan terbanyak, dengan per tahun jumlahnya bisa mencapai 1,7 miliar bungkus!

Dilansir dari detik food, produksinya pabrik tersebut setiap hari bisa memproduksi hingga 8 juta mie instan, akan tetapi bahan utama seperti tepung gandum, dan minyak kelapa sawit masih diimpor.

Ada fakta menarik tentang Indomie ini, tapi juga sekaligus memprihatinkan. Faktanya adalah, mie instan satu ini bisa menjadi alat transaksi seks.. hah? Gimana gimana? Ya kalian tidak salah baca, sekali lagi, mie instan ini bisa menjadi alat transaksi seks.

Namun ini bukan di Nigeria ya, tapi di Ghana, ya masih terbilang dekat lah ya. Menurut penelitian Star Ghana Foundation mengungkap bahwa Indomie ini menjadi salah satu penyebab tingginya kehamilan remaja di sana.

Alasannya adalah banyak gadis remaja rela berhubungan intim dengan pria selama pria tersebut mau membelikan Indomie di malam hari.

Alasan Kenapa Indomie Bisa Populer di Nigeria

Nah, dari sejarah Indomie bisa ada di Nigeria tersebut dan dengan fakta-fakta yang telah disebutkan di atas tadi jadi sedikit tau kan alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria.

Nah, kira-kira ini alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria yang lebih lengkapnya:

Strategi marketing yang unik

Alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria yang pertama adalah karena strategi marketing produk ini di Nigeria sangat unik.

Emangnya seperti apa sih? Nah, karena saat Indomie masuk ke Nigeria belum memiliki saingan sama sekali, sehingga membuat produk ini sangat asing bagi warga sana.

Cara marketing mereka adalah door to door, dengan menawarkan beberapa kelebihan dari produk ini yakni mengklaim Indomie memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap dari beras.

Cara membuatnya yang praktis

Alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria adalah cara membuatnya yang sangat praktis, sebenarnya ini pula juga alasan kenapa mie instan secara global bisa sangat populer.

Namanya saja mie instan, ada kata instan dari mie instan, jadi tentunya cara membuatnya juga praktis, instan, gak pake ribet lah dan tentunya waktunya sangat singkat.

Ketersediaan

Lalu, mie instan ini merupakan salah satu makanan yang mudah didapatkan dan disimpan. Jadi bagi orang Nigeria yang tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk memasak atau mencari bahan-bahan makanan lainnya, ini bisa dijadikan pilihan utama, karena mudah mendapatkan dan menyimpannya.

Terdapat warung makan Indomie tersukses di Nigeria

Jika di Indonesia warung makan Indomie itu jadi satu dengan warkop biasanya, berbeda di Nigeria. Di sana ada warung makan khusus untuk Indomie, dan tempat warung makan ini menjadi yang paling sukses di Nigeria.

Pemilik warung Indomie tersukses ini namanya Aboki, melihat adanya peluang dari mie instan ini membuatnya bernisiatif mendirikan warung tersebut.

Tidak hanya direbus lalu diberi bumbu seperti kita menyajikan atau membuat mie ini pada umumnya, warung tersebut juga menyediakan menu Indomie dengan cara masak yang berbeda dari cara umumnya.

Itulah dia ulasan alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria. Indomie adalah merek mi instan yang berasal dari Indonesia, namun berhasil menembus pasar Nigeria yang jauh berbeda.

Indomie bisa populer di Nigeria karena menawarkan kepraktisan, ketersediaan, kemudahan bagi yang mengkonsumsinya.

Demikian artikel tentang alasan kenapa Indomie bisa populer di Nigeria. Semoga artikel ini bermanfaat dan menarik untukmu. Terima kasih telah membacanya.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel