Albee Rolligon, Teknologi Ban yang Bisa Melibas Jalan Ekstrim dengan Mudah

Albee Rolligon, Teknologi Ban yang Bisa Melibas Jalan Ekstrim dengan Mudah

Albee Rolligon, Teknologi Ban yang Bisa Melibas Jalan Ekstrim dengan Mudah

DAFTAR ISI

Sediksi – Siapa yang mengira bahwa dahulu pernah ada teknologi ban yang sangat keren. Ban diklaim dapat melewati segala macam medan yang dilalui. William Albee menciptakan sebuah teknologi unik pada pertengahan abad ke-20, yang dikenal sebagai Albee Rolligon.

Ban ini memiliki bentuk dan kemampuan yang sangat berbeda dari ban biasa. Bagaimana bentuk dari ban ini dan apa saja kemampuan dari teknologi ban yang satu ini? Berikut ini sudah Sediksi berikan sedikit ulasannya buat kamu dari berbagai sumber.

Albee Rolligon

Albee Rolligon, Teknologi Ban yang Bisa Melibas Jalan Ekstrim dengan Mudah - 1000020402 1 1024x576 jpg
amusing planet

Apa itu Albee Rolligon?

Sebelum membahas tentang kemampuan teknologi ban ini, mari berkenalan terlebih dahulu dengan Albee Rolligon ini. Albee Rolligon adalah nama merek dagang untuk ban berukuran besar yang memiliki tekanan udara yang sangat rendah, yang dirancang khusus untuk melintasi permukaan tanah yang ekstrim.

Teknologi ini diciptakan oleh William Albee pada tahun 1951, setelah ia melihat orang Inuit menggunakan kulit anjing laut yang diisi udara untuk menarik perahu berat ke darat.

Albee terinspirasi untuk membuat ban yang memiliki prinsip yang sama, yaitu menyebar beban kendaraan ke permukaan yang lebih luas dibandingkan ban biasa, sehingga tekanan yang ditimbulkan menjadi lebih rendah.

Dengan demikian, ban ini memiliki tekstur yang empuk sehingga saat melintasi jalan yang memiliki permukaan tidah rata ban ini akan sangat mudah untuk melewatinya dan meminimalisir kerusakan yang terjadi pada ban dan jalan yang dilalui oleh ban ini.

Bentuk fisik ban Albee Rolligon

Ban Albee Rolligon memiliki bentuk yang mirip dengan bola basket raksasa, yang terbuat dari karet dan kain. Ban ini memiliki diameter sekitar 2 meter, dan tebal sekitar 30 cm. Ban ini diisi dengan udara dengan tekanan antara 3-7 psi (pound per square inch), yang jauh lebih rendah dari tekanan ban biasa yang sekitar 30-35 psi. 

Ban ini juga memiliki pola permukaan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis medan yang dilalui. Ada yang berbentuk bulat, segi enam, atau bergerigi. Dikarenakan tekanan udara yang sangat rendah mengakibatkan ban ini sangat elastis dan bisa melewati permukaan yang tidak rata dengan mudah dan tetap stabil.

Kemampuan ban Albee Rolligon

Ban Albee Rolligon memiliki kemampuan yang sangat mengagumkan, yaitu dapat melintasi medan yang sulit dan berbahaya, seperti pasir, lumpur, salju, es, batu dan lain sebagainya. Ban ini juga dapat menyesuaikan bentuknya dengan permukaan tanah, sehingga dapat meningkatkan traksi dan stabilitas kendaraan.

Ban ini juga dapat menahan beban yang sangat berat, hingga 20 ton per ban. Ban ini juga dapat berputar 360 derajat, sehingga memudahkan kendaraan untuk berbelok dan berbalik.

Selain itu, ban ini juga dapat berfungsi sebagai peredam kejut, sehingga membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman meskipun kendaraan tersebut tidak menggunakan suspensi sama sekali.

Mengapa ban Albee Rolligon saat ini tidak digunakan?

Meskipun memiliki kemampuan yang luar biasa, ban Albee Rolligon saat ini tidak digunakan secara luas, karena beberapa alasan. Pertama, ban ini memiliki biaya produksi yang sangat tinggi, karena membutuhkan bahan dan teknologi yang khusus. 

Alasan berikutnya yaitu karena ban ini memiliki kecepatan maksimal yang sangat rendah, yaitu sekitar 16 km/jam saja, yang jauh lebih lambat dari kecepatan kendaraan biasa. Sehingga akan memakan waktu yang lebih lama jika sebuah kendaraan menggunakan ban ini.

Alasan selanjutnya adakah karena ban ini memiliki tingkat kebisingan yang sangat tinggi, karena menghasilkan suara yang keras saat berputar. Sehingga jika kendaraan menggunakan ban ini tentu akan menimbulkan polusi suara yang sangat mengganggu orang lain.

Alasan yang terakhir adalah ban ini juga memiliki masalah dalam hal pemeliharaan, karena mudah bocor, robek, atau rusak akibat gesekan atau benda tajam. Mengingat ban ini terbuat dari karet dan hanya memiliki tekanan udara yang sangat rendah.

Bagaimana? Keren bukan? Meskipun kemampuan dari teknologi ban ini sangat luar biasa dan banyak sekali kemudahan yang didapatkan jika menggunakan ban ini, namun kekurangan-kekurangan seperti biaya produksi yang sangat tinggi, sulitnya dalam merawat ban ini, polusi suara yang timbul saat ban ini bergerak, dan tidak bisa digunakan dengan kecepatan tinggi membuat ban ini tidak digunakan lagi.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel