Apa Itu Itinerary: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya dalam Perjalanan

Apa Itu Itinerary: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya dalam Perjalanan

Apa itu itinerary?

DAFTAR ISI

Orang-orang yang suka melakukan perjalanan kerap membuat itinerary. Semakin rinci semakin bagus, dan amat membantu selama perjalanan. Mereka menganggap itinerary adalah hal yang penting dipertimbangkan dan dibuat.

Omong-omong, apa itu itinerary?

Dalam hal ini, perjalanan bisa berupa liburan hingga urusan bisnis sekalipun.

Sekiranya ingin mengambil pelajaran dari traveler maupun backpacker mengenai pentingnya itinerary, silakan simak artikel ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah apa itu itinerary mulai dari pengertian, fungsi, dan manfaatnya dalam perjalanan.

Apa Itu Itinerary?

Itinerary adalah daftar rincian kegiatan atau acara yang akan dilakukan selama perjalanan. Itinerary biasanya mencakup informasi tentang tempat yang akan dikunjungi, waktu dan durasi kunjungan, serta transportasi yang akan digunakan.

Untuk semua itu, tentu membutuhkan sejumlah anggaran.

Sebagai gambaran, dengan anggaran sekian, apa saja yang dilakukan selama perjalanan, tempat apa yang ingin dikunjungi, hingga berapa lama perjalanan.

Jadi, ketika ingin melakukan perjalanan, kamu wajib membuat itinerary dari jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini menjadi wajib dan juga penting karena itinerary dapat membantu kamu mengatur waktu hingga anggaran yang dibutuhkan.

Itinerary dapat disusun oleh individu atau perusahaan travel sebagai panduan selama perjalanan. Intinya, ini akan jadi patokan hal-hal apa yang berhubungan dengan perjalanan.

Setelah memahami apa itu itinerary mari kita membahas fungsinya.

Fungsi Itinerary

Sebagai panduan selama perjalanan

Fungsi Itinerary yang pertama yaitu sebagai panduan selama perjalanan. Dengan membuat itinerary yang jelas, kamu dapat mengatur waktu, budget dan segala macam kegiatan dengan lebih efektif. Itinerary juga membantu kita untuk menghindari kebingungan atau kesulitan dalam mencari tempat yang akan dikunjungi. Karena dalam itinerary sudah dicantumkan beberapa destinasi wisata yang ingin dituju.

Jika itinerary tidak disusun secara tetap maka akan membuang-buang waktu serta biaya yang sudah dianggarkan dan akan mengganggu perjalananmu.

Meningkatkan efisiensi waktu

Fungsi itinerary selanjutnya adalah dapat mengatur waktu dengan lebih efektif. Itinerary dapat membantu kamu untuk memperkirakan waktu yang diperlukan untuk setiap kegiatan pada saat melakukan perjalanan. Dengan demikian, kamu dapat menghindari kelebihan atau kekurangan waktu dalam setiap kegiatan.

Efisiensi waktu sangat penting saat melakukan perjalanan. Pasalnya, dalam melakukan perjalanan harus ditetapkan waktu untuk makan serta beristirahat. Apabila estimasi waktu pada saat perjalanan tidak ditentukan lewat itinerary, maka akan memotong waktu yang disiapkan untuk kegiatan selanjutnya.

Memudahkan perencanaan perjalanan

Itinerary juga berfungsi sebagai alat perencanaan perjalanan. Oleh karena itu, dalam membuat itinerary sebaiknya harus terperinci. Kamu dapat memperkirakan biaya yang diperlukan selama perjalanan, termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan makanan. Itinerary juga dapat membantumu untuk memilih tempat yang ingin dikunjungi dan mengatur waktu kunjungan dengan lebih efektif.

hal diatas dimaksudkan agar semua kegiatan dalam perjalananmu dapat teratur dengan baik sehingga perjalanan yang kamu lakukan bisa semakin nyaman dan aman.

Meminimalkan risiko kesalahan

Fungsi dari Itinerary berikutnya yaitu untuk meminimalkan risiko kesalahan selama perjalanan. Oleh karena hal tersebut, sangat diperlukan susunan itinerary yang sangat rapi dan bagus. Kamu dapat menghindari kesalahan dalam memilih tempat yang akan dikunjungi atau transportasi yang akan digunakan.

Itinerary juga membantumu untuk menghindari kesalahan dalam mengatur waktu dan kegiatan selama perjalanan. Selain itu, itinerary juga dapat meminimalisir pengeluaran mendadak karena segala kebutuhan mengenai keuangan sudah ditulis secara rinci.

Memperkaya pengalaman perjalanan

Itinerary juga dapat memperkaya pengalaman perjalanan. Sebelum membuat itinerary, kamu wajib melakukan riset mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan yang nantinya akan di list didalam itinerary yang kamu buat.

Seperti, Destinasi perjalanan, akomodasi, estimasi waktu, makan, transportasi serta biaya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, dalam proses pembuatan itinerary juga akan menambah pengalamanmu mengenai manajemen perjalanan yang baik.

Kamu dapat mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan mengalami pengalaman yang berbeda. Itinerary juga membantu kamu untuk mengenal budaya dan kebiasaan setiap tempat yang dikunjungi.

Sebagai pedoman evaluasi perjalanan

Fungsi itinerary yang terakhir adalah sebagai pedoman evaluasi perjalanan ke depannya. Apabila terjadi kesalahan dalam perjalanan misalkan mengenai estimasi waktu hingga budget yang berlebihan, maka itinerary dapat menjadi patokan evaluasi perjalanan selanjutnya. Sehingga dalam menyusun itinerary untuk perjalanan selanjutnya diharapkan kesalahan yang sama tidak terulang kembali.

Dalam ini, riset mengenai segala hal yang terdapat dalam itinerary sangat penting dilakukan. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang terulang.

Jika dilihat dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat itinerary sebelum melakukan perjalanan sangatlah penting. Pasalnya, di dalamnya terdapat panduan-panduan mengenai estimasi waktu, biaya, tujuan, transportasi dan akomodasi.

Dengan membuat itinerary, perjalanan kamu akan menjadi semakin nyaman dan kamu juga dapat menikmati perjalanan yang kamu lakukan.

Jadi, mau ke mana kamu setelah tahu apa itu itinerary?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel