Apa Itu Sleeper Build? Tips dan Trik untuk Menciptakan Tubuh Kekar

Apa Itu Sleeper Build? Tips dan Trik untuk Menciptakan Tubuh Kekar

Apa Itu Sleeper Build

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Jika kamu adalah seorang yang sering menonton video-video di TikTok, mungkin kamu pernah menemukan video yang menampilkan orang-orang biasa pada awalnya, tapi saat mengungkapkan otot-otot mereka ternyata sangat mengesankan, dan mungkin kamu pernah mendengar istilah sleeper build.

Lalu apa itu sleeper build? adalah istilah slang dalam bidang weightlifting dan bodybuilding yang berarti terlihat lemah, kurus atau fisik tidak berpengalaman yang dilindungi oleh baju atau jaket tebal, namun setelah diperiksa lebih lanjut atau setelah felxing ternyata memiliki otot yang bagus dan terlihat kuat.

Penasaran tentang apa itu sleeper build, dan siapa yang awalnya mempopulerkan istilah ini yang kini trend di platform TikTok? Jika iya, maka simak ulasan tentang apa itu sleeper buil berikut ini.

Apa Itu Sleeper Build?

Apa Itu Sleeper Build? Tips dan Trik untuk Menciptakan Tubuh Kekar - Sleeper Build 1024x576 jpg
Image from Youtube/Jack Hancock

Seperti yang telah sedikit dijelaskan di atas, apa itu sleeper build adalah ketika seseorang yang sebenarnya memiliki otot kekar dan tubuh bagus tapi ia sembunyikan di dalam pakaian yang longgar dan dari luar ia hanya terlihat seperti orang biasa pada umumnya, tidak sampai ia membuka bajunya.

Biasanya orang baik itu pria maupun wanita yag memiliki otot-otot yang menonjol dan kekar akan berjalan-jalan dengan pakaian yang ketat yang menunjukkan kerja keras mereka untuk membentuk otot.

Nah, sleeper buil ini kebalikannya, orang yang tergolong sleeper buil ini juga adalah seseorang yang memiliki tubuh dengan otot yang benar-benar kencang dan kekar, tetapi dengan sengaja mereka mengenakan pakaian longar dan hanya terlihat besar ketika mereka melenturkan tubuh.

Intinya ini dalam pengertian seputar body builder adalah seseorang yang menyembunyikan otot-ototnya di balik pakaiannya, dengan tujuan tertentu dan akan mengejutkan banyak orang jika membuka atau sengaja flexing.

Dari Mana Istilah Ini Berasal?

Itulah dia penjelasan apa itu sleeper build, nah perlu diketahui istilah “sleeper” adalah bahasa gaul jadul untuk sesuatu yang sangat bagus tapi tersembunyi. Pada awalnya ini merupakan istilah olahraga untuk pemain yang tidak terlihat kompeten tetapi sebenarnya adalah pemain bintang atau mahir.

Namun sekarang istilah “Sleeper” dapat diterapkan pada apa saja yang pada dasarnya sederhana tetapi diam-diam sangat kuat, bagus atau menawan dll.

Contonya bisa untuk seorang pemain bola yang terlihat pendek, seperti kutu buku dan terlihat tidak terlalu atletis namun saat bermain ia mampu mencetak beberapa gol atau gocekannya yang maut, ia bisa disebut seorang sleeper.

Istilah ini juga bisa disematkan kepada benda, misal sleeper car, yakni dari tampak luar mobil terlihat tua dan catnya jelek, namun jika dibuka memiliki mesin baru yang mewah di balik kap mesinnya.

Apa Itu Sleeper Build? Tips dan Trik untuk Menciptakan Tubuh Kekar - Sleeper Car 1024x683 jpg
Image from Pinterest

Nah untuk istilah sleeper buil sendiri, pada awalnya bukan ditujukan untuk para orang yang menggeluti binaraga atau body builder, tapi justru awalnya digunakan dalam komunitas perakit PC.

PC dengan “sleeper build” berarti komputer yang terlihat seperti berawal dari tahun 80-90 an, tetapi memiliki kemampuan atau spek komputasi modern.

Baru pada Agustus 2022, istilah sleeper build menjadi populer atau topik yang sedang tren di GymTok. Ya, GymTok, atau pengguna platform ini yang berfokus pada konten-konten membentuk tubuh berotot atau sejenisnya.

Tren ini bermula dari pengaruh video-video oleh TikToker asal Rusia bernama @saifiev yang mulai memposting video-style VHS pada pertengahan 2021 tentang dirinya yang berpenampilan biasa, namun setelah mengflex bicepnya di lift, terlihat kalau ia punya masa otot yang besar.  

Setelah viral banyak yang menjulukinya sebagai seorang “sleeper build” dan memulai tren yang segera meluas di kalangan TikToker seluruh dunia.

Bagaimana menjadi seorang Sleeper Build?

Apa Itu Sleeper Build? Tips dan Trik untuk Menciptakan Tubuh Kekar - What Is A Sleeper Build jpg
Image from Sportcoaching

Jika kamu ingin menciptakan badanmu seperti para sleeper build, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk bisa menjadi seperti mereka, seperti:

  • Fokus pada mengurangi berat badan dengan makan sehat dan membangun ototmu dengan latihan bodybuilding.
  • Pilih pakaian yang longgar dan jangan menonjolkan otot-otot, tutupi agar terlihat tidak berlebihan.
  • Lalu, tampilkan otot-ototmu dengan cara yang percaya diri dan kreatif saat mengflex.

Itulah dia ulasan tentang apa itu sleeper build, orang yang terlihat seperti cupu atau biasa saja, tapi ternyata punya badan atau otot-otot yang kekar, yang akan mengkagetkan orang yang melihat.

Sepertinya ini adalah salah satu tren fitness yang menarik dan menginspirasi di TikTok. Dengan memiliki sleeper build, kamu bisa menunjukkan hasil kerja keras dengan cara yang unik dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel