Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame?

Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame?

perbedaan soulmate dan twin flame

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Apakah kamu merasa sudah bertemu dengan jodohmu? Atau ternyata itu hanya twin flame. Kalau kamu sering mendengar tentang kedua istilah tersebut, kedua jenis hubungan ini sangat berbeda.

Jadi sebenarnya apa perbedaan soulmate dan twin flame? Simak di sini!

Perbedaan Soulmate dan Twin Flame

Apa Itu Soulmate?

Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame? - pexels jonathan borba 7945026
Pexels/ Jonathan Borba

Kita sering membayangkan soulmate sebagai seseorang yang memiliki ikatan energik yang sama denganmu.

“Soulmate adalah tentang hubungan cinta tetapi juga tentang hubungan dengan seseorang yang menerima dan mengenal kamu,” kata psikoterapis berlisensi Babita Spinelli.

Soulmate sering kali digambarkan sebagai hubungan kuat antara dua orang yang bisa menjadi pasangan atau teman romantis. Ada banyak jenis soulmate, mulai dari belahan jiwa romantis, keluarga jiwa, hingga kerabat dekat. Jadi, soulmate adalah seseorang yang berbagi ikatan kuat denganmu entah itu pasangan romantis ataupun teman.

Apa Itu Twin Flame?

Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame? - pexels andrea piacquadio 3756354
Pexels/ Andrea Piacquadio

Twin flame sering diyakini sebagai dua bagian dari satu jiwa atau “cermin satu sama lain”. Ini mencakup kekuatan dan kelemahan. Twin flame umumnya digambarkan sebagai dua individu yang sangat terhubung secara intens, biasanya sebagai pasangan romantis, karena rasa sakit yang sama.

Meskipun begitu, hubungan twin flame belum tentu tentang cinta. Seringkali dibutuhkan banyak kerja keras agar hubungan twin flame dapat berhasil. Twin Flame sering disalahpahami bahwa mereka seharusnya ‘melengkapi’ satu sama lain—yang dapat menyebabkan dinamika yang tidak sehat di antara keduanya, karena orang seharusnya merasa lengkap dengan sendirinya.

Jadi intinya, twin flame adalah dua bagian dari satu jiwa. Mereka adalah dua individu yang memiliki hubungan yang sangat intens.

Setelah mendapatkan penjelasan di atas, kamu jadi sudah memahami apa perbedaan soulmate dan twin flame belum? Kalau masih bingung, coba pahami penjelasan di bawah ini, lagi, ya!

Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame?

Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame? - pexels jonathan borba 6208045
Pexels/ Jonathan Borba

Perbedaan utamanya adalah gagasan bahwa twin flame adalah dua bagian dari keseluruhan, sedangkan belahan jiwa bukan. Meskipun twin flame dianggap sebagai satu jiwa yang terbagi menjadi dua tubuh, soulmate hanyalah dua jiwa terpisah yang sangat terhubung.

Namun yang lebih penting lagi, Spinelli menambahkan bahwa hubungan twin flame dapat dengan cepat menjadi racun, tidak seperti hubungan soulmate.

“Dalam hubungan twin flame, kamu dan dia mungkin mencerminkan masalahmu sendiri, kebiasaan tidak sehat, atau ketidakseimbangan. Selain itu, ketika twin flame terpisah, mereka mungkin kesulitan berfungsi. “Kamu mungkin juga akan mendefinisikan harga dirimu melalui hubungan tersebut,” jelasnya.

Mengapa Soulmate dan Twin Flame Terlihat Mirip?

Apa Perbedaan Soulmate dan Twin Flame? - pexels katerina holmes 5911274
Pexels/ Katerina Holmes

Mungkin sulit membedakan antara soulmate dan twin flame, terutama pada awalnya, karena pertemuan awal dengan keduanya sering kali memberikan rasa keakraban dan ketertarikan yang mendalam.

Keduanya sama-sama membuat terhubung dan menyentuh jiwa seseorang pada tingkat yang lebih dalam. Baik soulmate maupun twinflame adalah bagian dari takdir dan sering kali terasa seperti di rumah sendiri.

“Saat kamu bertemu belahan jiwa atau kembaranmu, kamu merasa seperti dialah orang yang ditakdirkan untuk bersamamu. Dan kamu merasa bisa menjadi dirimu sendiri di sekitar mereka,” ujar Shannon Kaiser, penulis.

Hal itu dikarenakan kita telah mengenal soulmatemu dan twin flame di kehidupan selanjutnya.

Keduanya tentu bagus untuk mendorong pertumbuhan hubungan dalam jangka panjang, namun sulit berhasil dalam jangka panjang. Hubungan soulmate seringkali jauh lebih stabil.

“Soulmate adalah orang yang cocok sebagai pasangan hidup atau teman dekat,” tambah Spinelli.

Yang perlu diingat, meskipun twin flame dianggap sebagai satu jiwa yang terbagi menjadi dua tubuh, soulmate hanyalah dua jiwa terpisah yang sangat terhubung. Hubungan twin flame juga bisa menjadi racun, berbeda dengan hubungan belahan jiwa yang cenderung lebih stabil.

Hubungan twinflame dan soulmate sangat kuat. Namun hanya karena mereka kuat bukan berarti mereka tidak bisa dipatahkan—tetap penting untuk membangun komunikasi yang sehat untuk pertumbuhan individu sendiri.

Nah, bagaimana sudah jelas bukan perbedaan soulmate dan twin flame? Jadi kalian pernah bertemu dengan salah satu atau keduanya, nggak? Gimana tuh rasanya?

Baca Juga
kegiatan pacaran agar tidak bosan
ciri-ciri tatapan cowok yang menyukai kita
cowok cuek menyukai wanita seperti apa
cowok yang diam-diam memperhatikan
game mabar sama pacar di hp
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel