Barbie Pecahkan Rekor Box Office, Greta Gerwig Perempuan Sutradara Film Terlaris

Barbie Pecahkan Rekor Box Office, Greta Gerwig Perempuan Sutradara Film Terlaris

Barbie pecahkan rekor box office Greta Gerwig

DAFTAR ISI

Setelah sekian lama, akhirnya ada perempuan sutradara film yang berhasil mencetak rekor untuk pemutaran perdana film. Hal itu berhasil diraih oleh Greta Gerwig dengan film Barbie yang rilis 21 Juli lalu.

Greta Gerwig telah memecahkan rekor box office domestik dengan Barbie. Film yang menonjol karena serba pink ini berhasil menghasilkan $155 juta pada akhir pekan pembukaan di Amerika Utara.

Film ini melampaui pembukaan domestik Wonder Woman Patty Jenkins senilai $103,3 juta dan pembukaan akhir pekan Captain Marvel tahun 2019 senilai $153 juta, menurut The Hollywood Reporter.

Berhasil kalahkan Oppenheimer

Barbie Pecahkan Rekor Box Office, Greta Gerwig Perempuan Sutradara Film Terlaris -
IMDB

Barbie sendiri tayang berbarengan dengan Oppenheimer. Meskipun tayang bersamaan, nyatanya di seluruh dunia film Barbie lebih banyak ditonton daripada lawan mainnya.

Rating Oppenheimer sendiri memang lebih tinggi dari Barbie dengan skor Rotten Tomato yang hampir sempurna. Film yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling ini telah melampaui perolehan box office film biografi yang dibintangi oleh Cillian Murphy.

Secara mengesankan, Barbie sekarang berada di jalur yang tepat untuk meraup $155 juta, dengan drama Nolan akan mengumpulkan $80,5 juta di Amerika Utara. Secara internasional, kedua film tersebut telah menghasilkan debut global besar-besaran masing-masing sebesar $337 juta (Barbie) dan $174,2 juta (Oppenheimer).

Christopher Nolan sendiri mendeskripsikan film Oppenheimer sebagai film terbesar yang pernah dibuatnya. Cillian Murphy mengaku berjuang untuk menonton film tersebut karena melihat wajahnya diproyeksikan di layar, namun diakui bahwa film tersebut “dirancang” untuk “ditonton dengan penonton”.

Jumlah pendapatan yang dicapai oleh film Barbie ini berhasil menutup total pengeluaran untuk produksi film tersebut. Diketahui uang yang dikeluarkan untuk membuat film ini yaitu mencapai $150 juta. Berarti dapat disimpulkan bahwa Barbie telah mendapatkan keuntungan dua kali lipat di pemutaran perdananya.

Sementara itu, di China sendiri Sementara “Barbie” mencapai rekor box office di Amerika Utara dan mencetak skor kuat di banyak wilayah internasional. Fenomena pink hanya bisa mengumpulkan tempat kelima di China, pasar film terbesar kedua di dunia, pada akhir pekan pembukaannya.

“Barbie” mengelola $8,2 juta dalam tiga hari pembukaannya, menurut data dari perusahaan konsultan Artisan Gateway. “Barbie” bergabung dengan daftar film Hollywood yang mengecewakan di box office Cina daratan tahun ini, selain itu ada The Little Mermaid, Indiana Jones, dan Fast X.

Judul-judul Hollywood menghadapi hambatan struktural yang lebih sedikit di China (penundaan impor dan sertifikasi) yang mereka alami dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi jumlah penonton yang lebih kecil untuk waralaba barat dan tahun ini sebagai gantinya, film-film China dan Jepang mendapat penghargaan paling kuat. Itu telah membantu box office Tiongkok pulih hingga 8% dari pra-pandemi 2019.

Mengapa Barbie bisa sangat sukses?

Barbie Pecahkan Rekor Box Office, Greta Gerwig Perempuan Sutradara Film Terlaris - barbie trailer hero 1600x900 1
Lifestyle Asia Hongkong

Film ini bekerja sama dengan perusahaan Mattel yang sangat populer. Bercerita tentang Margot Robbie sebagai streotip Barbie pada umumnya dan Ryan Gosling sebagai Ken. Ada beberapa alasan mengapa film Barbie bisa sangat sukses.

Pemeran film yang beragam, penampilan yang menyentuh hati, dan tema kuat yang dikemas dalam kemasan merah muda yang menyenangkan semuanya menambah pesona Barbie.

Pemasaran film juga memainkan peran penting dalam jangkauan film, mewarnai kota dengan warna merah muda dan membuat penggemar menggila Barbie dengan kampanye unik seperti pertunjukan renovasi Barbie Dreamhouse Challenge, acara tur, permainan, dan kolaborasi kecantikan antara lain.

Barbie bercerita tentang streotip Barbie yang tersingkir dari dunianya yang sempurna, ia mengalami krisis eksistensial. Barbie lalu melakukan perjalanan ke dunia nyata, ditemani oleh Ken Gosling, keduanya menjelajahi dunia manusia sambil mencoba menemukan individualitas masing-masing.

Meskipun dalam film tersebut bisa dibilang aneh dan quirky dengan kisah yang tak biasa, sebenarnya Barbie memiliki tema besar citra diri, penerimaan, dan kedewasaan.

Barbie juga memiliki beberapa bintang yang mendukung mulai dari America Ferrera, Rhea Perlman, Will Ferrell, Kate McKinnon, Hari Nef, Emma Mackey, Dua Lipa, Nicola Coughlan, Ritu Arya, Kingsley Ben-Adir, Scott Evans, Ncuti Gatwa, John Cena, Helen Mirren, Michael Cera dan banyak lagi.

Selain mengarahkan fitur tersebut, Greta Grewig juga ikut menulisnya bersama Noah Baumbach. Robbie juga memproduseri bersama David Heyman, Tom Ackerley, dan Robbie Brenner.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel