28 Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan, Murah dan Simpel!

28 Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan, Murah dan Simpel!

Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Bekal menjadi salah satu jawaban terbaik jika kamu ingin menghemat dan memastikan anak makan makanan yang jauh lebih sehat. Namun, biasanya ibu-ibu suka bingung hari ini harus masak apa sedangkan anak juga mudah bosan dengan hidangan yang itu-itu saja.

Jangan khawatir, kali ini Sediksi sudah membuatkan 28 daftar menu bekal anak sekolah sebulan khusus untuk kamu. Menunya simpel, mudah dibuat, dan hanya menggunakan bahan seadanya saja, tetapi anak dijamin pasti suka. Apa saja menunya? Yuk cari tahu!

Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan

Kamu bisa mengikuti daftar menu di bawah ini secara persis atau bisa juga mengombinasikannya sendiri tergantung dengan bahan yang ada dan makanan favorit anak. Berikut ini adalah daftar menu selengkapnya, antara lain:

Minggu 1

28 Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan, Murah dan Simpel! - Gambar WhatsApp 2024 03 18 pukul 13.41.32 94b0f351 768x1024 jpg
Lemon8 – @Soraidaaw

Senin: Nasi Goreng dan Nugget

Nasi goreng dan nugget menjadi andalan ibu-ibu untuk membuat menu bekal sekolah yang tidak ribet. Kamu hanya perlu membuat nasi goreng dengan bumbu sederhana atau tambahkan dengan bahan pelengkap, seperti sosis, telur, hingga sayuran. Nugget sendiri bisa menggunakan produk frozen food atau buatan sendiri, baik dari ayam, tempe, tahu, dan lain-lain.

Selasa: Telur Orak-arik Sosis dan Siomay Ayam

Telur adalah salah satu bahan yang setiap dapur wajib punya karena bisa menjadi berbagai olahan lezat. Menu anak sekolah yang tidak ribet bisa kamu isi dengan telur orak-arik yang dimasak bersama sosis dan bumbu-bumbu. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan siomay ayam kering atau goreng.

Rabu: Nasi Kuning dan Ayam Goreng

Daftar menu bekal anak sekolah sebulan berikutnya bisa berupa nasi kuning dan ayam goreng yang lezat. Kamu juga bisa menambahkan kering tempe atau telur dadar agar nasi kuning jadi lebih lengkap.

Kamis: Perkedel Kentang dan Tumis Buncis

Goreng perkedel kentang dan hias menjadi lucu agar anak lebih tertarik untuk makan bekal. Sementara itu, tumis buncisnya bisa kamu tambahkan dengan tahu, tempe, atau sosis agar lebih beragam.

Jumat: Cah Bakso Ikan dan Telur Dadar Gulung

Cah bakso ikan akan melengkapi kebutuhan protein dengan tambahan sayuran yang pastinya sehat untuk dikonsumsi. Kamu bisa mengolah bakso ikan bersama berbagai jenis sayuran, seperti brokoli, wortel, hingga sawi. Selain itu, telur dadar gulung juga bisa kamu tambahkan bahan pelengkap, seperti daun bawang atau sosis.

Sabtu: Bakwan Jagung dan Tahu Telur Puyuh Tauge

Daftar menu bekal anak sekolah sebulan berikutnya bisa kamu isi dengan bakwan jagung yang gurih dan tahu telur puyuh tauge yang sehat.

Minggu 2

Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan
Lemon8 – @Soraidaaw

Senin: Jamur Krispi dan Tumis Brokoli

Daftar menu bekal anak sekolah sebulan bisa berupa jamur krispi bisa yang mudah dan murah karena kamu hanya perlu jamur dan tepung serbaguna saja. Masukkan jamur dalam tepung basah dan tepung kering, goreng hingga matang, dan jadi deh. Sementara itu, tumis brokoli bisa kamu tambahkan dengan bahan lain, seperti ayam atau wortel.

Selasa: Sandwich Sosis dan Kentang Goreng

Kamu bisa buat roti isi atau sandwich sosis yang super gampang, cepat, dan murah sebagai daftar menu bekal anak sekolah sebulan. Hanya masukkan potongan sosis, telur, dan sayur selada ke dalam roti tawar, kemudian berikan saus agar lebih berasa. Lalu, tambahkan juga kentang goreng ke dalam wadah bekal anak agar lebih kenyang.

Rabu: Mie Goreng Telur Puyuh dan Ayam Katsu

Daftar menu bekal anak sekolah sebulan selanjutnya adalah mie goreng telur puyuh dan ayam katsu. Kamu bisa buat mie goreng dari produk instan atau membuat bumbunya sendiri, lalu ditambahkan dengan telur puyuh yang utuh.

Sementara itu, ayam katsu juga termasuk mudah untuk dibuat karena hanya perlu daging ayam yang dibumbui dengan merica dan garam. Selanjutnya, masukkan daging ke dalam kocokan telur dan balurkan ke tepung roti.

Kamis: Sop Telur Puyuh dan Perkedel

Masih dengan telur puyuh, tetapi kamu bisa masak menjadi sop yang segar bersama beberapa sayuran sehat, seperti wortel, kol, buncis, hingga kentang. Selain itu, masukkan juga perkedel kentang ke dalam wadah bekal agar sop menjadi lebih nikmat.

Jumat:  Nasi Nori dan Telur Dadar Tahu

Nasi nori berarti nasi yang dicampurkan dengan nori atau rumput laut kering. Kamu bisa hanya mencampurkannya begitu saja atau dijadikan onigiri dengan bentuk yang menggemaskan. Sementara untuk lauknya, kamu bisa membuat telur dadar yang ditambahkan tahu agar lebih nikmat.

Sabtu: Nasi Goreng Nori dan Telur Mata Sapi

Berikutnya, ada daftar menu bekal anak sekolah sebulan berupa nasi goreng nori yang rasanya gurih dan nikmat. Selain nori, kamu bisa menambahkan sosis, bakso, atau sayuran agar anak menjadi lebih semangat. Sementara untuk lauknya, cukup buat telur ceplok atau telur mata sapi dan hias agar lebih lucu.

Minggu 3

Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan
Lemon8 / @Soraidaaw

Senin: Ayam Teriyaki dan Pakcoy Bawang Putih

Ayam teriyaki adalah daging dada ayam yang dimasak dengan saus teriyaki ala Jepang dan mempunyai cita rasa yang cenderung manis. Kamu bisa membuat saus teriyaki sendiri dari kecap asin, madu, gula pasir bawang putih, jahe, dan tepung maizena.

Selanjutnya, cara memasak pakcoy bawang putih kamu hanya perlu rebus pakcoy lalu siram dengan bumbu bawang putih, saos tiram, kaldu jamur, kecap manis, dan garam.

Selasa: Nugget Asam Manis dan Telur Gulung Sosis

Kamu bisa kreasikan nugget dengan memasaknya bersama bumbu asam manis agar lebih nikmat. Bumbu bisa kamu buat sendiri dengan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, saus sambal, dan potongan nanas.

Sementara telur gulung sosisnya bisa berupa sosis yang ditusuk dan dibalut dengan telur gulung ala abang-abang atau sosis yang digulung dengan telur dadar.

Rabu: Ayam Suwir dan Tahu Goreng Tepung

Selanjutnya, ada daftar menu bekal anak sekolah sebulan berupa ayam suwir dan tahu goreng tepung. Masak ayam suwir dengan bumbu sederhana saja dan tambahkan daun kemangi agar lebih wangi. Lalu, potong dadu tahu menjadi berukuran kecil dan goreng dengan tepung sampai krispi.

Kamis: Tumis Jamur Tiram dan Perkedel Kentang

Suwir jamur tiram dan masak dengan bumbu sederhana, lalu tambahkan dengan tahu atau sayuran lain, seperti wortel dan sawi. Buat juga perkedel kentang yang ditambahkan sosis agar anak lebih kenyang.

Jumat: Tumis Sawi Jagung dan Telur Dadar Sosis

Potong-potong sawi dan masukkan potongan jagung untuk memberikan tekstur yang menyenangkan dengan warna yang menyegarkan. Masak juga telur dadar yang ditambahkan sosis sebagai pelengkap daftar menu bekal anak sekolah sebulan.

Sabtu: Nasi Biryani dan Ayam Bumbu Kari

Daftar menu bekal anak sekolah sebulan berikutnya adalah buat nasi biryani, sajian ala Timur Tengah. Caranya, masak beras basmati bersama rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, kayu manis, hingga serai. Lebih mudahnya, kamu bisa pakai saja bumbu instan yang ada di toko terdekat. Selain itu, masak juga ayam bumbu kari sebagai lauk yang paling cocok.

Minggu 4

Daftar Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan
Lemon8 / @Soraidaaw

Senin: Udang Goreng Tepung dan Tumis Brokoli

Bersihkan udang dan goreng bersama tepung sampai krispi. Bisa hanya begitu saja atau masak kembali bersama saus atau bawang putih dan cabai. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tumisan brokoli ke dalam wadah bekal anak agar lebih sehat.

Selasa: Bihun Goreng dan Kimbap

Bihun goreng menjadi salah satu hidangan yang mudah dibuat karena kamu hanya perlu memasak bihun bersama bumbu sederhana. Bisa juga tambahkan bahan lain, seperti sosis, bakso, atau sayuran agar lebih mantap.

Selain itu, kamu juga bisa buat kimbap agar anak lebih kenyang dengan cara bungkus nasi menggunakan nori dan tambahkan sosis, wortel, telur, dan timun di dalamnya.

Rabu: Nasi Goreng Pattaya dan Ayam Goreng Tepung

Daftar menu bekal anak sekolah sebulan selanjutnya adalah nasi goreng pattaya atau nasi goreng yang dibungkus dengan telur dadar. Lalu, lauknya bisa berupa ayam goreng tepung yang krispi dan lezat.

Kamis: Ayam Saus Inggris dan Capcay

Kamu bisa mengolah daging ayam dengan saus Inggris yang nikmat dan gurih sebagai daftar menu bekal anak sekolah sebulan. Saus Inggris sendiri bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus kamu membuat bumbu-bumbu yang ribet. Adapun capcay yang berisi berbagai sayuran sehat untuk menemani ayam saus Inggris di dalam wadah bekal anak sekolah.

Jumat: Ayam Bumbu Bulgogi dan Tumis Tahu Kol

Selain saus Inggris, kamu juga bisa masak ayam dengan mudah hanya menggunakan bumbu bulgogi instan ala Korea Selatan. Hanya perlu goreng ayam tepung, masukkan ke dalam bumbu bulgogi, dan sajikan ayam dengan daun bawang atau biji wijen. Lalu, masak juga tumis tahu kol untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Sabtu: Tumis Sosis Bakso dan Telur Katsu

Terakhir ada tumis sosis bakso yang sangat mudah untuk dibuat dan menjadi favorit sebagian besar anak sekolah. Jika sebelumnya berupa ayam katsu, karena akhir bulan kamu bisa mengganti bahannya menjadi telur. Cara membuat telur katsu sendiri tidak jauh berbeda dengan ayam katsu, yaitu goreng telur dadar menggunakan tepung roti.

Yuk langsung masak daftar menu bekal anak sekolah sebulan di atas!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel