5 Film yang Menginspirasi Joker (2019) Karya Todd Phillips

5 Film yang Menginspirasi Joker (2019) Karya Todd Phillips

film yang menginspirasi joker (2019) karya todd phillips

DAFTAR ISI

Nggak bisa dipungkiri kalau penampilan Heath Ledger sebagai Joker di The Dark Knight (2008) versi Christopher Nolan itu luar biasa banget. Sampai pada suatu titik, susah banget membayangkan ada yang bisa ngegeser usahanya.

Joaquin Phoenix ternyata berhasil memerankan Arthur Fleck di film Joker karya Todd Phillips tahun 2019 sama bagusnya. Yah, Joker mana yang lebih baik tak perlu diperdebatkan, karena kita sama-sama tahu Joker yang jelek adalah Joker versi Jarred Leto.

Sosok Joker bakal diinget sebagai villain terbaik dalam seluruh seri DC Comics! Omong-omong, apa saja ya film yang menginspirasi Joker (2019) karya Todd Phillips?

Film yang menginspirasi Joker (2019), kata Todd Phillips

5 Film yang Menginspirasi Joker (2019) Karya Todd Phillips - film joker jpg

Film Joker (2019) seolah jadi kisah awal mula si Joker, fokus cerita pada seorang badut gagal dan calon stand-up comedian bernama Arthur Fleck. Dia ini lama-lama terjerumus ke dalam kegilaan dan kekerasan, akhirnya jadi penjahat paling absurd, bengis, dan ikonik yang pernah ada di dunia Batman. Beneran deh, ini kayak jendela ke dalam pikiran salah satu antagonis paling berkesan dalam sejarah dunia.

Di lain sisi, nggak bisa dipungkiri juga, film ini nggak lahir begitu saja. Todd Phillips, sang sutradara, pernah ngasih tau kita film-film apa sih yang jadi inspirasinya pas bikin Joker (2019), dalam suatu wawancara dengan A-Frame.

Taxi Driver (Martin Scorsese, 1972)

Pertama-tama, tentu aja ada hubungan yang nyata dengan film klasik karya Martin Scorsese, yaitu Taxi Driver tahun 1976. Robert De Niro memerankan seorang veteran perang Vietnam yang menderita PTSD parah dan jadi supir taksi malam yang lama-lama malah kehilangan akal sehat, mirip banget kayak si Arthur Fleck.

Raging Bull (Martin Scorsese, 1980)

Tapi rupanya cinta Todd Phillips sama karya Scorsese enggak berhenti di situ. Dia juga nyebut Raging Bull, drama olahraga biografi Scorsese tahun 1980, lagi-lagi dengan De Niro sebagai bintang utamanya. Kali ini jadi mantan juara tinju Jake LaMotta, yang harus berjuang melawan setan dalam dirinya.

Dari film ini, rasanya kita jadi tahu alasan kenapa Arthur Fleck sering mempertanyakan realitas tentang dirinya sendiri. Ia bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan yang sering mengganggu pikiran.

The Hangover (Todd Phillips, 2009)

Nah, sekarang kita loncat jauh dari genre itu sebentar. Todd Phillips menyebut film karyanya sendiri, The Hangover tahun 2009. Aneh banget sih, soalnya kan The Hangover tuh komedi absurd, tapi mungkin ada sesuatu yang dia pelajari selama syuting yang akhirnya berguna buat Joker. Siapa tau aja ya.

The Man Who Laughs (Paul Leni, 1928)

Balik ke masa lalu lagi, tahun 1928. Phillips pilih film ekspresionis Jerman berjudul The Man Who Laughs. Judulnya emang pas banget, mengingat Arthur Fleck kan si “pria yang tertawa.”

Phillips mengatakan, “Karakter Joker di komik memang terinspirasi dari Gwynplaine,” yang ada di film ini. Phillips kayaknya mengambil banyak inspirasi juga dari sini. Sebab kita tahu, kata-kata Joker paling ikonik memang berkaitan dengan orang yang suka cengengesan.

Joaquin Phoenix bahkan sampai mempelajari sebuah kelainan yang berkaitan dengan ‘tertawa’ secara serius. Hasilnya, Joker versi Phoenix ditunjukkan banyak adegan saat ia tertawa meski tidak ada sesuatu yang lucu.

Serpico (Sidney Lumet, 1973)

Terakhir, Phillips balik lagi ke dunia drama kriminal dengan film biografi Sidney Lumet tahun 1973, Serpico. Di film ini, Al Pacino main sebagai polisi New York City, Frank Serpico, yang harus berurusan dengan korupsi selama bertugas di kepolisian.

Phillips tidak begitu menjelaskan inspirasi yang ia ambil dari film ini, tetapi bisa diduga kalau Serpico memengaruhi beberapa konsep soal cara orang-orang menangani kriminal. Di lain sisi, juga bisa menjadi inspirasi bagaimana seseorang harus menghadapi kenyataan bahwa dunia ini adalah dunia yang korup.

5 Film yang Menginspirasi Joker (2019) Karya Todd Phillips - film joker tertawa
nypost

Jadi, itulah lima film yang menginspirasi Joker (2019) saat Todd Phillips membikin Joker. Nggak bisa dipungkiri, dari inspirasi-inspirasi ini, Joker jadi sesuatu yang spesial banget!

Nah, film Joker: Folie a Deux yang merupakan sekuel Joker (2019) rencananya bakal segera tayang, nih! Kira-kira kejutan apalagi yang bakal disuguhkan Todd Phillips, Joaquin Phoenix, dan Lady Gaga dalam film terbaru Joker itu ya?

Kita tunggu saja!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel