Gaji Management Trainee Fresh Graduate dan 5 Tips Lolos MT

Gaji Management Trainee Fresh Graduate dan 5 Tips Lolos MT

Gaji Management Trainee Fresh Graduate

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Ada banyak fresh graduate yang gencar mencari lowongan management trainee untuk bisa mendapatkan pengalaman hingga berbagai pelajaran terkait dunia kerja. Posisi management trainee atau MT ini banyak diincar karena menawarkan berbagai keunggulan salah satunya belajar yang digaji. Memangnya, berapa gaji management trainee fresh graduate?

Gajinya sangat beragam tergantung tugas, lokasi, hingga perusahaan. Namun, jumlahnya bisa dibilang cukup menggiurkan bagi fresh graduate yang masih belum mempunyai banyak pengalaman kerja. Bahkan management trainee ini bisa dimanfaatkan sebagai batu loncatan untuk menuju karier yang cemerlang. Menarik bukan?

Biasanya lowongan management trainee dibuka oleh perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, retail, marketing, hingga pekerjaan di bidang sales. Agar bisa mendapatkan berbagai keuntungannya, termasuk gaji menggiurkan, maka peserta harus mempersiapkan banyak hal.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang berapa gaji management trainee untuk fresh graduate dan tips jitu agar bisa lolos dengan mudah. Langsung simak pembahasannya agar bisa segera mempersiapkan diri!

Gaji Management Trainee Fresh Graduate

Gaji Management Trainee Fresh Graduate
Pexels / Karolina Grabowska

Management trainee adalah program yang dibuat oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan pada fresh graduate atau karyawan baru agar bisa mendapatkan kandidat yang kompeten guna menempati jabatan sebagai manajer.

Nantinya para peserta akan diberikan training atau pelatihan oleh karyawan senior tentang skill dan pengetahuan yang dibutuhkan agar bisa bekerja dengan optimal di posisi tertentu. Perlu kamu ketahui bahwa pengalaman tidak bisa dibeli dengan uang dan mendapatkan pelatihan tersebut pastinya akan sangat bermanfaat bagi sebagian orang.

Menariknya, menjadi management training tidak hanya bisa mendapatkan pelatihan, tetapi juga relasi baru hingga gaji yang lumayan besar. Memangnya berapa gaji management trainee fresh graduate?

Menurut Indeed, rata-rata gaji management trainee pada tahun 2022 berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta. Jumlah itu sudah bisa dikatakan cukup besar bagi fresh graduate yang belum mempunyai banyak pengalaman kerja. Selain ada di atas UMP (Upah Minimum Provinsi) dan UMR (Upah Minimum Regional), kemungkinan kamu juga akan diberikan uang tunjangan.

Namun, jumlah ini pastinya tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Besaran gaji bisa tergantung dengan seberapa berat tugas yang kamu kerjakan, lokasi perusahaan, maupun perusahaan itu sendiri.

Tips Lolos Management Trainee Fresh Graduate

Gaji Management Trainee Fresh Graduate
Pexels / Yan Krukau

Mendapatkan pelatihan yang sangat bermanfaat dan gaji cukup besar pastinya tidak bisa diperoleh dengan usaha mudah. Persaingan untuk menjadi management trainee sangatlah ketat, terlebih jika mendaftar di perusahaan multinasional.

Oleh sebab itu, kamu perlu mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk menghadapi hal tersebut. Berikut adalah tips lolos management trainee yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Cari Informasi Tentang Program Management Trainee

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu dan mengumpulkan banyak informasi, baik itu tentang program management trainee itu sendiri maupun perusahaan yang ingin kamu tuju. Ketahui apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi hingga tugas management trainee. Jumlah gaji hingga lokasi perusahaan juga jangan lupa kamu stalking ya!

Perbanyak Pengalaman

Melakukan magang atau bekerja sebagai freelancer memberikan banyak manfaat karena bisa menambah pengalaman kerja. Melalui magang, kamu bisa mendapatkan pengalaman profesional dan memahami budaya di dunia kerja. Sementara itu, freelance yang tidak mengganggu sekolah atau kerja bisa melatih kamu untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

Banyak Mengikuti Kegiatan Bermanfaat

Mempunyai banyak pengalaman mengikuti organisasi, komunitas, volunteer, dan kepanitiaan akan membantu kamu agar bisa lebih terbiasa dengan bekerja sama dalam tim. Selain itu, juga bisa mendapatkan relasi yang lebih luas dari berbagai pihak.

Ini mencerminkan tugas management trainee yang mau tidak mau harus berinteraksi dengan karyawan lain maupun tim dari berbagai departement.

Ikuti Berbagai Pelatihan

Pengalaman memang penting, tetapi keahlian juga bisa menjadi nilai tambah saat ingin mengikuti program management trainee. Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan, seperti mengikuti bootcamp, kursus online, workshop, atau menghadiri seminar.

Perluas Relasi dengan Lulusan Management Trainee

Jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang program pelatihan ini, maka perluas relasi dengan lulusan atau senior yang sedang mengikuti management trainee. Cara yang satu ini bisa memberikan kamu banyak wawasan berharga tentang pengalaman mereka selama program, proses seleksi, hingga tugas-tugasnya.

Setelah mengetahui berapa gaji management trainee fresh graduate hingga tips agar bisa lolos, apakah kamu sudah siap untuk mempersiapkan diri?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel