Jokowi ke Malang, Ini 5 Lokasi yang Dikunjungi

Jokowi ke Malang, Ini 5 Lokasi yang Dikunjungi

jowoki ke malang

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Malang pada Kamis (14/12/2023) dalam rangka kunjungan kerja. Jokowi mendatangi beberapa lokasi di Malang Raya dengan tujuan kegiatan yang beragam. 

Berangkat dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dan mendarat di Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang. Presiden Jokowi langsung melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa lokasi yang berada di kawasan Malang.  

Berikut rangkuman kunjungan kerja Jokowi ke beberapa lokasi di Malang. Apa aja ya?

Peresmian Pasar Induk Among Tani

lokasi yang dikunjungi jokowi di malang
instagram/@jokowi

Menjadi lokasi pertama yang dikunjungi, Presiden Jokowi meninjau serta meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu yang telah dibangun sejak 2021 lalu dengan menggunakan  APBN sebesar Rp166,6 miliar. 

Telah rampung tahun ini, pasar tradisional dengan luas 3,4 hektar dan tiga lantai. Kini sudah bisa dimanfaatkan oleh pedagang untuk berjualan kembali dan dapat menampung 2.700 kios. 

Saat melakukan peninjauan, Jokowi sangat mengapresiasi kondisi pasar yang telah tertata dengan rapi. Bahkan beliau juga menilai pasar ini sebagai pasar terbesar yang pernah dilihat dan ada di Indonesia. 

Dalam peresmian ini, turut mendampingi beberapa tokoh diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gubernur Jawa Timur, dan Pj. Wali Kota Batu.

TPA Supit Urang

lokasi yang dikunjungi jokowi di malang
instagram/@jokowi

Setelah meninjau dan meresmikan Pasar Induk Among Tani, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya ke TPA Supit Urang yang berada di Kota Malang. 

Bertujuan untuk meresmikan Sanitary Landfill TPA Supit Urang. Dalam kunjunganya beliau menyampaikan pentingnya mengatasi masalah sampah di Indonesia, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebagai solusinya. 

Dibangun dengan anggaran Rp 273 miliar pada luas lahan 5,2 hektare. TPA ini memiliki daya tampung sampah hingga 450 ton per hari. 

Berperanan penting bagi Kota Malang, Jokowi menilai model TPA ini dapat menjadi contoh pengelolaan sampah bagi daerah lain yang mengalami persoalan sampah dengan volume tinggi.

Beberapa tokohpun turut mendampingi kunjungan Presiden di TPA Supit Urang diantaranya, Menteri Koor Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri PUPR, Panglima TNI Jenderal, Gubernur Jawa Timur, Pj. Wali Kota Malang, Pj. Bupati Jombang, dan Wakil Bupati Sidoarjo.

Kunjungan ke SMKN 3 Kota Malang

lokasi yang dikunjungi jokowi di malang
instagram/@jokowi

Tidak berhenti disitu saja, dalam kunjungan kerjanya ke Malang. Presiden Jokowi juga menyempatkan mendatangi salah satu sekolah kejuruan tinggi yaitu SMKN 3 Kota Malang. 

Bertujuan untuk mengecek kegiatan pembelajaran dan infrastruktur pendidikan. Beliau meninjau beberapa fasilitas seperti ruang kelas dan alat praktik serta berdialog dengan para siswa. 

Dalam kunjungannya di SMK ini, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi dengan baik dan bahkan menilainya sebagai SMK terbaik yang pernah dikunjungi olehnya. 

Tidak sendirian, pada kunjungannya ke SMK N 10 turut didampangi beberapa tokoh diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri PUPR, Panglima TNI Jenderal, Gubernur Jawa Timur, dan Pj. Wali Kota Malang. 

Kunjungan ke Gudang Bulog

lokasi yang dikunjungi jokowi di malang
instagram/@jokowi

Selanjutnya, kunjungan kerja dilanjutkan dengan mendatangi Gudang Bulog Gadang yang berada di Kota Malang. Kunjungannya kali ini bertujuan utama untuk mengecek ketersediaan beras serta membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat. 

Pemberian bantuan beras sebesar 10 Kg ini dibagikan untuk bulan September hingga Desember dan akan berlanjut hingga pertengahan tahun depan apabila APBN memungkinkan. 

Pada kegiatan pembagian bantuan ini presiden Jokowi turut didampingi oleh Presiden Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri PUPR, Panglima TNI Jenderal, Direktur Utama Perum Bulog, Gubernur Jawa Timur, dan Pj. Wali Kota Malang. 

Pembagian BLT El Nino di Kantor Pos Malang 

lokasi yang dikunjungi jokowi di malang
instagram/@jokowi

Tidak hanya memberi bantuan di Gudang Bulog saja. Pada kunjungan kerjanya ke Malang, beliau juga membagikan dan memastikan bahwa masyarakat telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Malang. 

Besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp 400 ribu untuk dua bulan alokasi kepada tiap penerima manfaat, dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Melalui pemberian BLT ini, Jokowi berhadap dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat yang merasakan dampak dari kenaikan harga akibat perubahan iklim. 

Tidak hanya bagi-bagi bantuan, seperti pada kunjungan kerja biasanya. Jokowi juga kembali membagi-bagikan sepeda kepada para warga yang beruntung. 

Itu dia rangkuman beberapa lokasi yang didatangi Jokowi beserta tujuannya saat kegiatan kunjungan kerja di Malang.

Baca Juga
Dokumen untuk Syarat Daftar CPNS 2024
Cara Cek Jurusan dan Formasi CPNS 2024
Abdul Majeed/AFP
Jadwal Cair Kenaikan Gaji PNS 2024
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel