Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina? Begini Latar Belakangnya!

Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina? Begini Latar Belakangnya!

Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina?

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Gambar atau emoji buah semangka menjadi simbol yang kuat bagi warga Palestina saat ini.

Hal itu menyusul banyaknya postingan di media sosial yang menunjukkan buah semangka sebagai solidaritas atas apa yang terjadi Palestina. Kenapa semangka jadi simbol Palestina? Inilah yang perlu kamu ketahui.

Simbol itu muncul setelah perang Israel-Hamas yang menyebabkan ribuan orang tewas. Megutip dari Times, termasuk 3.785 warga tewas di Gaza sejak Israel melancarkan serangan udaranya.

Namun, bagaimana latar belakang dan sejarahnya buah yang segar itu menjadi solidaritas Palestina? Kenapa Semangka jadi simbol Palestina? Selengkapnya mari kita cari tahu alasannya.

Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina?

Sebenarnya, semangka bukanlah kali pertama ini menjadi simbol Palestina. Buah berwarna merah dengan kulit hijau itu pertama kali muncul setelah Perang Enam Hari di tahun 1967.

Sebuah perang yang terjadi ketika Israel menguasai Tepi Barat dan Jalur Gaza, juga mencaplok Yerusalem Timur. Saat itu, pemerintah Israel melarang bendera Palestina di wilayah penduduk.

Tindakan sewenang-wenang Israel dengan mencaplok wilayah dan menindak bendera Palestina itu membuat warga Palestina mulai menggunakan semangka karena saat dibelah, buah tersebut memiliki warna nasional bendera Palestina yakni merah, hitam, putih dan hijau.

Semangka sendiri menjadi buah yang tumbuh di seluruh Palestina, dari wilayah Jenin hingga Gaza. Buah ini menjadi simbol protes atas penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Semangka kemudian menjadi simbol perlawanan yang banyak muncul di karya seni, kemeja, grafiti, poster, dan tentu saja emoji semangka banyak muncul di media sosial.

Terbaru, Israel terus saja melakukan upaya pelarangan pengibaran bendera Palestina. Pada Januari 2023 lalu, Menteri Keamanan Nasional Israel dari Partai Sayap Kanan, Itamar Ben-Gvir memberikan wewenang pada polisi untuk menyita bendera Palestina dari tempat umum.

Hal itu, diikuti pada bulan Juni lalu dibuatlah rancangan undang-undang yang melarang penggunaan bendera Palestina di lembaga-lembaga yang didanai, kabarnya UU tersebut sudah mendapat persetujuan.

Dilaporkan oleh Al Jazeera, Zazim, sebuah organisasi perdamaian Arab-Israel memasang bendera Palestina dalam bentuk semangka di sekitar taksi Tel Aviv.

Organisasi itu juga mulai melakukan kampanye dengan beralih ke pendistribusian kaos semangka, tentu saja untuk mendukung Palestina dan melawan Israel atas pelarangan bendera.

3 Buah Lainnya yang Penting bagi Palestina

Selain semangka, ada tiga buah penting lainnya bagi Palestina yakni jeruk jaffa, terong dan zaitun.

Jeruk Jaffa

Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina? Begini Latar Belakangnya! - steptodown.com793709
Getty Images

Jeruk Jaffa, yang berasal dari abad ke-19yang terkenal karena rasa manisnya dan kulitnya yang tebal dan mudah dikupas.

Sebelum Nakba, atau malapetaka, pada tahun 1948 ketika pembentukan negara Israel yang menyebabkan pengusiran lebih dari 750.000 warga Palestina dari desa dan kota tempat nenek moyang mereka tinggal selama berabad-abad, jeruk Jaffa merupakan ekspor penting bagi petani dan pengusaha Palestina.

Dikutip dari Al Jazaeera, jeruk merupakan menjadi simbol identitas nasional dalam bidang sastra dan seni.

Novelis dan jurnalis Palestina Ghassan Kanafani menggunakan jeruk untuk melambangkan kehilangan dalam cerita pendeknya tahun 1958 tentang Nakba yang berjudul The Land of Sad Oranges.

Dalam cerpen itu mengisahkan tentang seorang keluarga yang harus meninggalkan rumah mereka dengan mengemas barang yang hanya mereka bisa bawa. Terpaksa, harus meninggalkan pohon juruk yang sudah mereka rawat dengan baik.

Faktanya, pohon jeruk jaffa itu menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara petani Palestina dan tanahnya, yang terpaksa ditinggalkan oleh ratusan ribu orang selama Nakba.

Zaitun

Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina? Begini Latar Belakangnya! - steptodown.com444327
Getty Images

Berikutnya ada pohon zaitun bisa ditemukan di seluruh Palestina dan merupakan simbol perlawanan.

Pohon zaitun merupakan simbol yang mewakili hubungan mendalam orang Palestina dengan tanah air mereka.

Pohon zaitun merupakan pohon yang bisa hidup ratusan tahun. Hal itulah yang membuat keterhubungan pohon tersebut dengan si pemiliknya.

Bagi warga Palestina, zaitun merupakan sumber pendapatan penting. Selain minyaknya yang bisa digunakan untuk bahan penting masakan, buah zaitun juga digunakan dalam kosmetik dan sabun.

Dalam beberapa tahun terakhir, pohon zaitun Palestina diserang oleh pemukim Israel di Tepi Barat yang mereka duduki.

Menurut PBB, lebih dari 5.000 pohon zaitun milik warga Palestina di Tepi Barat dirusak dalam lima bulan pertama tahun 2023.

Terong

Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina? Begini Latar Belakangnya! - close up fresh organic eggplant garden
freepik

Tak hanya jeruk jaffa dan zaitun, terong juga menjadi cara untuk terhubung dengan Palestina.

Terong menjadi bahan dasar masakan sekligus menu favorit bagi warga Palestina dan Israel. Terong ini juga menjadi salah satu cara warganya untuk bisa terhubung dengan Palestina.

Salah satu makanan yang terkenal di kalangan warga Palestina yakni Maqluba. Sebuhan hidangan berupa nasi terbalik dengan terong panggang yang dicampur kembang kol, wortel dan ayam atau domba.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel