3 Keunggulan Teknologi Micro LED, Apa Bedanya dengan OLED?

3 Keunggulan Teknologi Micro LED, Apa Bedanya dengan OLED?

3 Keunggulan Teknologi Micro LED, Apa Bedanya dengan OLED?

DAFTAR ISI

Sediksi – Salah satu teknologi layar yang sedang menjadi tren saat ini adalah Micro LED. Teknologi ini dianggap sebagai generasi terbaru dari layar LED, yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan layar LED biasa atau OLED.

Apa itu Micro LED dan bagaimana cara kerjanya? Apa saja keunggulan dan perbedaannya dengan teknologi layar lainnya? Berikut Sediksi rangkumkan buat kamu tentang teknologi layar masa depan yang saat ini banyak dipakai dalam inovasi teknologi.

Teknologi Micro LED

3 Keunggulan Teknologi Micro LED, Apa Bedanya dengan OLED? - 1000012980 1024x576 jpg
Samsung Newsroom

Apa itu teknologi Micro LED?

Micro LED adalah teknologi layar yang menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) berukuran mikrometer untuk setiap pikselnya. Piksel adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar pada layar. Semakin banyak dan semakin kecil piksel, semakin tajam dan detail gambar yang dihasilkan.

Teknologi Micro LED mirip dengan teknologi OLED yang memiliki pencahayaan sendiri pada setiap pikselnya. Tetapi alih-alih menggunakan dioda pemancar cahaya organik (OLED), Micro LED menggunakan penerangan LED kecil untuk setiap pikselnya. Artinya, piksel-piksel yang ada di panel tersebut dapat menyala dan mati sendiri-sendiri.

Cara kerja teknologi Micro LED

Teknologi Micro LED bekerja dengan cara mengatur jutaan LED kecil yang berfungsi sebagai subpiksel merah, hijau, dan biru. Subpiksel merupakan bagian dari piksel yang menentukan warna gambar. 

Dengan menggabungkan tiga warna dasar tersebut. Micro LED dapat menghasilkan warna-warna lainnya dengan tingkat kecerahan dan kejernihan yang tinggi. Teknologi Micro LED juga memiliki beberapa tantangan.

Salah satu tantangan dalam teknologi Micro LED adalah bagaimana cara memindahkan dan menempatkan LED-LED kecil tersebut ke panel layar dengan presisi dan efisiensi. Untuk itu, diperlukan teknik khusus yang disebut transfer massal yang dapat memindahkan ribuan LED sekaligus dengan menggunakan semacam cetakan atau stempel.

Keunggulan Teknologi Micro LED

Teknologi Micro LED memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan teknologi layar lainnya, antara lain:

Kualitas gambar yang lebih baik

Keunggulan yang pertama adalah Micro LED dapat menghasilkan gambar dengan resolusi, kontras, dan warna yang lebih baik. Hal ini karena Micro LED memiliki piksel-piksel yang lebih banyak, lebih kecil, dan lebih terang.

Micro LED juga dapat menghasilkan warna hitam yang lebih pekat, karena piksel-piksel yang tidak aktif benar-benar mati dan tidak memancarkan cahaya sama sekali.

Hemat energi

Keunggulan berikutnya adalah Micro LED dapat menghemat energi karena hanya membutuhkan sedikit daya untuk menyalakan piksel-piksel yang dibutuhkan. Micro LED juga tidak membutuhkan lampu latar (backlight) tambahan, seperti halnya layar LCD atau LED biasa.

Lampu latar adalah sumber cahaya yang berada di belakang panel layar untuk menerangi piksel-piksel yang ada. Dengan tidak adanya lampu latar, Micro LED dapat mengurangi konsumsi energi hingga 90 persen.

Tahan lama

Micro LED memiliki umur yang lebih lama karena menggunakan bahan anorganik yang lebih tahan terhadap kerusakan atau degradasi. Bahan anorganik adalah bahan yang tidak mengandung karbon, seperti logam, keramik, atau kaca.

Bahan anorganik lebih stabil dan tidak mudah berubah bentuk atau warna karena faktor lingkungan, seperti suhu, kelembaban, atau paparan cahaya. Micro LED juga lebih tahan terhadap burn-in, yaitu kondisi di mana gambar tertentu tertinggal di layar karena terlalu lama ditampilkan.

Perbedaan teknologi Micro LED dengan OLED

Teknologi Micro LED berbeda dengan teknologi LED biasa dalam beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari keduanya:

Ukuran piksel

Micro LED memiliki ukuran piksel yang lebih kecil dari 100 mikrometer, sedangkan LED biasa memiliki ukuran piksel sekitar 300-500 mikrometer. Ukuran piksel yang lebih kecil membuat Micro LED dapat menampilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi dan lebih detail.

Pencahayaan piksel

Micro LED memiliki pencahayaan sendiri pada setiap pikselnya, sedangkan LED biasa membutuhkan lampu latar tambahan untuk menerangi piksel-pikselnya. Pencahayaan sendiri membuat Micro LED dapat mengontrol kecerahan dan warna gambar dengan lebih baik dan lebih hemat energi.

Jumlah LED

Micro LED membutuhkan jutaan LED untuk membentuk gambar pada layar, sedangkan LED biasa hanya membutuhkan ratusan atau ribuan LED. Jumlah LED yang lebih banyak membuat Micro LED dapat menghasilkan gambar dengan kontras dan warna yang lebih baik.

Teknologi Micro LED adalah teknologi layar yang menawarkan kualitas gambar, hemat energi, dan tahan lama yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi layar lainnya. Teknologi ini diharapkan dapat menjadi standar baru dalam industri layar di masa depan.

Beberapa perusahaan besar, seperti Samsung, LG, dan Sony, telah mengembangkan dan memproduksi produk-produk berbasis Micro LED, seperti televisi, ponsel, dan laptop. Namun, teknologi ini masih memiliki beberapa kendala, seperti biaya produksi yang tinggi, kesulitan transfer massal, dan ketersediaan pasokan LED.

Oleh sebab itu, diperlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan membuat teknologi Micro LED lebih terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel