Laetiporus Shulpureus: Jamur Legit yang Rasanya Seperti Daging Ayam

Laetiporus Shulpureus: Jamur Legit yang Rasanya Seperti Daging Ayam

Laetiporus shulpureus: Jamur Legit yang Rasanya Seperti Daging Ayam

DAFTAR ISI

Sediksi – Jika kamu adalah seorang vegan, atau orang yang anti makan daging, kangen dengan rasa daging ayam, jamur ayam hutan (Laetiporus shulpureus) bisa jadi solusi.

Jamur memiliki berbagai jenis, bentuk, warna, dan rasa yang berbeda-beda. Salah satu jenis jamur yang cukup unik dan menarik adalah Laetiporus shulpureus atau biasa disebut jamur ayam hutan (Chicken of the Woods).

Jamur ini memiliki bentuk yang pipih dan menempel pada batang pohon. Jamur ini memiliki warna kuning cerah, bentuk seperti rak, dan rasa yang mirip dengan daging ayam.

Bagaimana bisa jamur memiliki rasa seperti daging ayam? Bagaimana cara memasaknya agar lebih lezat? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang jamur Laetiporus shulpureus.

Mengenal Jamur Laetiporus shulpureus

Jamur Laetiporus shulpureus adalah spesies jamur yang termasuk dalam kelompok bracket fungi atau jamur yang tumbuh di pohon.

Jamur ini biasanya ditemukan di Eropa dan Amerika Utara, tetapi juga ada di beberapa negara lain yang ada di daerah Asia timur.

Biasanya jamur ini tumbuh di batang atau cabang pohon yang mati, sekarat, atau hidup. Jamur ini berperan sebagai pengurai kayu dan penghasil nutrisi bagi ekosistem hutan, tetapi juga bisa melemahkan dan merusak pohon inangnya.

Laetiporus shulpureus memiliki tubuh buah yang berbentuk seperti rak atau kipas dengan permukaan atas berwarna kuning keemasan dan permukaan bawah berwarna kuning belerang. 

Permukaan bawah jamur ini terdiri dari pori-pori atau lubang-lubang kecil yang menghasilkan spora. Jamur ini bisa tumbuh hingga diameter 50 cm dan tebal 5 cm dan biasanya tumbuh dalam kelompok dengan susunan seperti laci.

Rasa dan teksturnya seperti daging ayam

Salah satu hal yang paling menarik dari jamur Laetiporus shulpureus adalah rasanya yang diklaim mirip dengan daging ayam. Jamur ini bahkan dijuluki sebagai chicken of the woods atau ayam hutan karena rasanya yang lembut, legit, dan gurih. 

Jamur ini sudah lama menjadi favorit para vegetarian yang ingin menikmati rasa daging tanpa harus mengonsumsi daging.

Jamur Laetiporus shulpureus juga memiliki tekstur yang mirip dengan daging ayam. Jamur ini memiliki serat-serat halus yang mudah dipisahkan dengan tangan atau garpu. 

Jamur ini juga memiliki warna kuning cerah yang menambah kesan segar dan menarik. Namun jika mau mencarinya langsung di alam liar pastikan kamu punya pengetahuan lebih untuk identifikasi jamur ini.

Laetiporus shulpureus secara penampilan memang sangat cocok untuk amatiran, karena bentuk dan warnanya yang khas dan mudah diidentifikasi.

Akan tetapi para ahli mikologi menghimbau jika spesies ini sebenarnya terdiri dari beberapa varietas jamur yang berbeda namun serupa.

Di Amerika Utara sendiri, setidaknya ada saudara kandung Laetiporus shulpureus ini, yakni Laetiporus gilbertsonii, Laetiporus conifericola, dan Laetiporus huroniensis yang bisa menipu mereka yang memburu jamur ayam hutan ini.

Jamur yang mirip ayam hutan itu memang tidak beracun fatal tapi dapat mengakibatkan masalah pencernaan yang cukup serius.

Cara Memasak Jamur Bracket

Jamur Laetiporus shulpureus tidak bisa dikonsumsi secara mentah karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Jamur ini harus dimasak terlebih dahulu agar lebih lezat dan aman. Ada banyak cara memasak jamur ini, seperti menggoreng, merebus, menumis, mengukus, atau memanggang.

Berikut adalah beberapa resep sederhana untuk memasak jamur Laetiporus shulpureus:

Nugget jamur

Untuk membuat nugget jamur ini, pertama tentu cincang jamur menjadi bentuk persegi panjang dengan ketebalan sekitar 1 cm.

Lumuri dengan tepung terigu, telur kocok, dan tepung roti. Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Gak ribet dan dijamin rasa dan teksturnya gak beda jauh sama daging ayam asli, ini menu alternatif buat kamu yang seorang vegan.

Omelet jamur

Untuk membuat omelet jamur ini, pertama potong-potong jamur menjadi irisan tipis. Tumis dengan bawang putih cincang, garam, merica, dan oregano hingga layu.

Kocok telur dengan susu, keju parut, garam, dan merica. Tuang ke atas tumisan jamur dan masak hingga matang. Lipat omelet menjadi dua dan sajikan hangat. Mudah dan enak.

Pasta jamur

Potong-potong jamur menjadi irisan tipis. Tumis dengan bawang bombay cincang, bawang putih cincang, garam, merica, dan basil hingga harum.

Tambahkan saus tomat dan air kaldu ayam. Masak hingga mendidih dan kental. Masukkan pasta yang sudah direbus dan aduk rata. Taburkan keju parmesan dan sajikan panas.

Di atas adalah ulasan mengenai jamur bracket, Laetiporus shulpureus. Jamur ini merupakan jamur yang cukup unik dan memiliki rasa yang lezat mirip dengan daging ayam yang dikenal juga dengan ayam hutan.

Jamur ini juga memiliki manfaat kesehatan karena kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Jamur ini bisa dikonsumsi namun harus diolah atau dimasak terlebih dahulu, bisa dimasak dengan berbagai cara yang mudah dan praktis.

Apakah kamu tertrik untuk mencoba jamur bracket ini? Jika tertarik, selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel