10 Taman Bunga di Belanda, Wisata Terbaik Bagi Para Penggemar Tanaman

10 Taman Bunga di Belanda, Wisata Terbaik Bagi Para Penggemar Tanaman

nikmati pesona wisata taman bunga di belanda, ada banyak opsi yang patut kamu kunjungi!
taman bunga di belanda
Foto: Pixabay

DAFTAR ISI

Ada banyak taman bunga di Belanda. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara. Sebagaimana kita tahu, negara ini tidak hanya dikenal dengan ribuan kincir angin tapi juga jutaan bunga tulip yang tumbuh subur merupakan bunga khas Belanda.

Wisata di Belanda adalah salah satu yang paling menakjubkan di dunia. Terutama pemandangan paling ikonik yakni ladang tulip.

Namun, tepatnya taman tulip dimana? Kapan ia mekar dan dapat dinikmati keindahannya? Ini adalah informasi penting yang harus kamu ketahui sebelum memesan tiket wisata ke belanda.

Musim Tulip di Belanda Bulan Apa?

Bulan apa tulip mekar di Belanda? Sebenarnya waktu berbunga sedikit bervariasi setiap tahun karena kondisi cuaca. Biasanya bunga tulip akan mekar lebih sedikit dari minggu terakhir bulan Maret hingga akhir April atau awal bulan Mei.

Daftar Taman Bunga di Belanda

Kamu bisa memiliki banyak pilihan taman bunga di Belanda. Dan kebanyakan wisatawan memang mencari taman bunga tulip.

Sebagai referensi tambahan ketika berkunjung ke Belanda, kesepuluh taman ini patut kamu pertimbangkan. Tidak hanya bunga tulip yang ditawarkan tapi juga taman botani, tapi juga varietas lainnya.

Taman Keukenhof

taman keukenhof
Foto: Pixabay

Taman tulip di mana? Inilah taman bunga di Belanda yang harus kamu kunjungi pertama jika ingin melihat hamparan bunga tulip.

Taman Keukenhof hanya buka selama 8 minggu dalam setahun. Tepatnya pada pertengahan Maret hingga pertengahan Mei. Tepat saat bunga tulip bermekaran.

Taman bunga di Belanda satu ini telah menarik lebih dari satu juta pengunjung yang berduyun-duyun datang setiap tahunnya. Mereka ingin melihat setidaknya 7 juta bunga tulip dan umbi bunga yang sedang mekar.

Taman Keukenhof  terletak di Lisse (Provinsi Belanda Selatan) bersebelahan dengan bangunan tempat taman itu awalnya dipelihara, Kastil Keukenhof. Berapa umur taman bunga Keukenhof? Ini sudah berdiri sejak tahun 1949 atau lebih dari 7 abad lamanya.

The Loo Gardens

Istana Het Loo
Istana Het Loo/Pixabay

Taman bunga di Belanda satu ini terletak di kota Apeldoorn (provinsi Gelderland). Merupakan bagian dari istana kerajaan Belanda Het Loo yang memiliki taman megah lengkap dengan air mancur, paviliun dan patung yang layak dikunjungi.

De Haar Castle Gardens

taman kastil de haar
Kastil De Haar/Pixabay

Provinsi Utrecht terletak di pusat negara dan sejarahnya kaya dan sepanjang sejarah Belanda itu sendiri. Ini adalah rumah bagi banyak kastil bersejarah negara yang dibangun dari tahun 1200-1600-an.

Salah satunya adalah Kasteel De Haar di desa Haarzuilens. Merupakan kastil terbesar yang masih ada di Belanda. Taman bunga ini berdiri di atas lahan seluas 135 hektar yang ditata dengan kolam, kanal, jembatan, taman mawar, taman Romawi, dan banyak lagi.

Warmelo Castle Gardens

taman di belanda
Sumber: Wikimedia Commons

Kastil Warmelo terletak di desa Diepenheim (provinsi Overijssel) di timur Belanda dekat perbatasan Jerman. Perkebunan dan kebunnya berasal dari tahun 1300-an.

Selama berabad-abad lanskap berubah untuk mencerminkan tren waktu dimulai dengan Italia, kemudian Prancis dan kemudian Inggris. Pada awal 1900-an, taman formal dipulihkan termasuk semua kanal air.

Clingendael Japanese Garden

clingendael den haag
Foto: Pixabay

Permata di mahkota taman Clingendael di Den Haag adalah taman Jepang yang dibuat pada awal 1900-an oleh pemiliknya saat itu, Baroness van Brienen .

Sang pemilik telah melakukan perjalanan beberapa kali ke Jepang dan negara Asia lainnya dengan  membawa kembali barang-barang seperti patung, jembatan air, lentera, paviliun, tanaman, dan pohon sakura. Taman Jepang Clingendael gratis untuk dikunjungi tetapi hanya buka selama 4 minggu dua kali setahun (Juni-Juli dan September-Okt).

Arboretum & Taman Trompenburg

Trompenburg
Trompenburg/Pixabay

Taman Trompenburg Rotterdam didirikan pada awal 1800-an dan mencakup area seluas 20 hektar persegi. Terletak di distrik Kralingen dekat kampus Universitas Erasmus.

Di sini orang dapat menemukan taman Inggris, taman hutan dan, di akhir musim semi, lebih dari 700 varietas rhododendron bermekaran.

Taman Castle Rosendael

Terletak di kota Rozendaal (provinsi Gelderland) dekat kota Arnhem adalah Kasteel Rosendael yang berasal dari akhir tahun 1500-an. Setelah berabad-abad renovasi dan restorasi, perkebunan, kebun dan taman cukup megah dengan kolam, air mancur, galeri cangkang, taman mawar, tanaman jeruk dan banyak lagi.

De Hortus

de hortus
taman bunga

Kebun raya Amsterdam Hortus didirikan pada tahun 1638 dan merupakan kebun raya tertua kedua di Belanda. Letaknya di sebelah timur pusat kota bersebelahan dengan ARTIS (Amsterdam Zoo).

Menawarkan oasis yang tenang dalam kehidupan kota yang kacau. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam tanaman, bunga, semak dan pohon baik diluar maupun di rumah kaca.

Taman Kastra Sypesteyn

Kastil Sypesteyn terletak di kota Loosdrecht (provinsi Belanda Utara) dekat kota Hilversum. Meskipun kastil aslinya tidak ada lagi, struktur pengganti dibangun pada tahun 1920-an di atas fondasi abad ke-16.

Pemiliknya saat itu, Henri van Sypesteyn , juga mengubah 15 hektar lahan padang rumput menjadi taman tradisional Belanda dengan elemen: taman kastil, kebun buah, labirin, halaman depan dan hutan taman.

Twickel Estatate Gardens

taman kastil
which museum

Perkebunan Twickel terletak di dekat kota Hengelo (provinsi Overijssel), dekat dengan perbatasan Jerman. Taman kastilnya mencakup elemen-elemen dari 5 abad yang mewakili Renaisans, Barok, formal, lanskap, dan bahkan pengaruh Jepang.

Itu tadi adalah rekomendasi taman bunga di Belanda yang harus kamu kunjungi. Berkunjung ke taman bunga bisa menjadi pengalaman menarik yang belum tentu didapatkan jika wisata ke negara lainnya.