Lucky Girl Syndrome: Tren Positive Thinking yang Jadi Pro-Kontra

Lucky Girl Syndrome: Tren Positive Thinking yang Jadi Pro-Kontra

lucky girl syndrome

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Semakin beranjaknya usia, kita seringkali terjebak dalam siklus ketidakberuntungan yang terasa sulit dihentikan. Namun, siapa sangka bahwa munculnya istilah “Lucky Girl Syndrome” bisa menjadi kunci untuk membuka pintu keberuntungan yang selama ini diharapkan. 

Istilah Lucky Girl Syndrome mulai banyak dibicarakan pada awal tahun 2023. Pertama kali muncul di TikTok, banyak penggunanya yang membagikan tips dan cara menciptakan mindset untuk menarik Lucky Girl Syndrome.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang apa sebenarnya Lucky Girl Syndrome, cara menerapkannya, serta dampak positif dan negatifnya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Lucky Girl Syndrome?

Lucky Girl Syndrome memang tidak muncul dengan sendirinya atau ada sejak kita lahir. Bukanlah sebuah bakat, kemampuan ini bisa kita kembangkan dan ciptakan dengan usaha-usaha yang tidak mudah.

Lucky Girl Syndrome berusaha membawa perubahan dalam pandangan hidup seseorang sehingga mampu menarik keberuntungan. Sebagian orang mungkin menganggapnya sebagai tren atau metode psikologis baru, tapi apakah itu benar-benar efektif?

Melansir dari Good News from Indonesia, Lucky Girl Syndrome adalah suatu cara pandang atau pola pikir yang memungkinkan seseorang untuk melihat sisi positif dalam setiap situasi sekecil apapun itu. 

Tidak hanya tentang peruntungan materi, Lucky Girl Syndrome lebih mengarah kepada cara kita mengapresiasi setiap momen kecil dalam hidup, menciptakan rasa syukur, dan mengubah cara berpikir menjadi lebih positif.

Cara Menerapkan Lucky Girl Syndrome

Menerapkan Lucky Girl Syndrome bukanlah hal yang sulit, tapi kita perlu memberikan pemahaman dan usaha dari diri sendiri. Mengutip dari Hops.id dan Soco.id, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan Lucky Girl Syndrome dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, kenali dan hargai momen-momen kecil yang seringkali terlewatkan. Aktivitas atau hal-hal kecil yang sebelumnya terlihat sepele nyatanya mampu menjadi faktor untuk menarik keberuntungan. 

Misalnya, rasa senang karena menikmati makanan kesukaan, mendapat senyuman hangat dari orang asing, atau melihat matahari terbenam yang indah. Dengan menyadari keberadaan momen-momen tersebut, kita dapat mengubah fokus dari hal-hal negatif menjadi hal-hal positif.

Kedua, melatih diri untuk bersyukur. Setelah menghargai momen kecil dalam hidup, kita juga bisa merefleksikan momen dan hal kecil itu untuk mengapresiasi hidup yang kita jalani. Misalnya, dengan melakukan afirmasi positif untuk diri sendiri.

Setiap hari luangkan waktu untuk merenung tentang hal-hal baik dalam hidup tanpa harus memandang seberapa besar atau kecilnya. Bersyukur dapat menciptakan energi positif yang mempengaruhi pandangan hidup secara keseluruhan.

Ketiga, jangan menyalahkan diri sendiri atas perlakuan orang lain ke kita. Ketika ada orang terdekat kita berbuat jahat, kita tidak boleh terus mempertanyakan nilai diri atau menganggap diri sendiri adalah korban. 

Sebaliknya, kita dapat menganggap bahwa hal itu adalah cara Tuhan membuat seseorang menjadi lebih kuat dan menunjukkan jalan yang lebih baik. Pasalnya, tidak semua orang cocok dengan energi kita selama apapun dia di hidup kita.

Terakhir,  jangan ragu untuk berbagi kebaikan dengan orang lain. Menyebarkan energi positif dapat menciptakan lingkaran keberuntungan yang melibatkan banyak orang. Contohnya, dengan memberikan semangat kepada orang lain, kita juga akan mendapatkan semangat yang sama.

Dampak Positif dan Negatifnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa Lucky Girl Syndrome memiliki dampak positif yang signifikan. Dengan mengubah pola pikir ke arah yang lebih positif, seseorang dapat mengatasi berbagai tantangan hidup dengan lebih tenang dan percaya diri. 

Efek ini juga dapat memperkuat hubungan sosial karena orang yang memiliki pandangan positif cenderung lebih disukai oleh orang lain. Namun, seperti halnya segala sesuatu dalam hidup, Lucky Girl Syndrome juga memiliki dampak negatifnya. 

Beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai bentuk pelarian dari realita. Akibatnya, mereka mengabaikan masalah yang sebenarnya perlu dihadapi. Terlalu terpaku pada pandangan positif juga dapat membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan dunia nyata.

Lucky Girl Syndrome hadir sebagai suatu inovasi dalam pandangan hidup yang dapat membawa perubahan positif. Meskipun terdapat pro dan kontra terkait efektivitasnya, yang pasti keberuntungan sejati tidak hanya mengandalkan faktor luar, tapi juga berasal dari cara kita melihat dan menghargai hidup ini.

Jadi, apakah kalian ingin menarik keberuntungan dengan cara ini?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel