Makna Inyeon dalam Film Past Lives, Mirip Seperti Takdir

Makna Inyeon dalam Film Past Lives, Mirip Seperti Takdir

makna inyeon dalam film past lives

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Film Past Lives berhasil meraih dua nominasi Oscar 2024 untuk kategori Best Pictures dan Best Screenplay. Menariknya, dalam film ini ada kata yang menarik yaitu inyeon. Apa makna inyeon dalam film Past Lives?

Past Lives adalah film drama romantis yang diproduksi oleh A24 dan disutradarai oleh Celine Song. Film ini menceritakan kisah cinta antara Nora dan Hae Sung, dua orang yang bertemu kembali setelah 12 tahun berpisah. Mereka merenungkan makna dari pertemuan mereka dan hubungan mereka yang penuh liku-liku. Film ini diangkat dari kisah nyata Celine Song, yang juga menulis skenarionya.

Simak makna inyeon dalam film Past Lives di Sediksi,  ya!

Makna Inyeon dalam Film Past Lives

Makna Inyeon dalam Film Past Lives, Mirip Seperti Takdir - 07 05 06 AP23151594475969.jpg scaled 1 1024x550 jpg
This image released by A24 shows Seung Ah Moon, left, and Seung Min Yim in a scene from “Past Lives.” (Jon Pack/A24 via AP)

Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah penggunaan konsep inyeon, sebuah kata dalam bahasa Korea yang berarti takdir atau ketetapan. Inyeon berasal dari ajaran Buddha tentang reinkarnasi dan hubungan antara manusia.

Inyeon menganggap bahwa setiap interaksi antara manusia, bahkan yang sepele sekalipun, adalah hasil dari hubungan yang telah terjalin selama ribuan tahun di kehidupan sebelumnya. Dalam film ini, inyeon menjadi tema utama yang menghubungkan Nora dan Hae Sung.

Mereka berdua percaya bahwa mereka memiliki inyeon yang kuat, yang membuat mereka selalu bertemu dan berpisah sepanjang hidup mereka. Keduanya juga merasa bahwa inyeon mereka adalah sesuatu yang spesial dan berbeda dari hubungan lainnya.

Konsep Inyeon dalam Film Past Lives

Makna Inyeon dalam Film Past Lives, Mirip Seperti Takdir - past lives still 1 1024x538 jpg
Kodak

Setelah makna Inyeon dalam film Past Lives secara umum, ada konsep inyeon dalam film ini. inyeon tidak hanya berlaku untuk hubungan romantis. Inyeon juga berlaku untuk hubungan persahabatan, keluarga, bahkan orang asing yang tidak kita kenal. Inyeon menunjukkan bahwa kita tidak bisa mengendalikan siapa yang masuk ke dalam hidup kita, siapa yang menjadi teman atau cinta kita, atau siapa yang meninggalkan kita. Inyeon adalah sesuatu yang datang kepada kita, dan kita harus belajar menerimanya.

Inyeon juga bukan hanya tentang nasib atau kebetulan. Inyeon juga tentang karma dan pilihan. Setiap tindakan kita akan mempengaruhi inyeon kita dengan orang lain, baik secara positif maupun negatif. Setiap pilihan kita juga akan menentukan arah dari inyeon kita, apakah kita akan mempertahankan, mengakhiri, atau memulai inyeon baru dengan orang lain.

Dalam film Past Lives, kita melihat bagaimana Nora dan Hae Sung menghadapi inyeon mereka. Mereka berdua memiliki pilihan untuk bersama atau berpisah, untuk mengejar atau melepaskan, untuk setia atau berkhianat. Mereka juga harus menghadapi konsekuensi dari pilihan mereka, baik yang menyenangkan maupun yang menyakitkan.

Film ini mengajak kita untuk merenungkan makna dari inyeon dalam hidup kita. Siapa saja yang memiliki inyeon dengan kita? Apa yang membuat inyeon kita spesial? Bagaimana kita menjaga atau mengubah inyeon kita? Apa yang kita pelajari dari inyeon kita?

8000 Lapisan Inyeon

Makna Inyeon dalam Film Past Lives, Mirip Seperti Takdir - past lives film still 1024x683 jpg
Newsweek

Dalam film Past Lives, Nora mengatakan sesuatu tentang inyeon:

“Ini adalah sebuah inyeon jika dua orang asing bahkan berjalan berpapasan di jalan dan pakaian mereka secara tidak sengaja bergesekan, karena itu berarti pasti ada sesuatu di antara mereka di kehidupan masa lalu mereka. Jika dua orang menikah, mereka mengatakan itu karena ada 8.000 lapisan inyeon selama 8.000 masa hidup,” ujarnya.

Inyeon juga memiliki kebalikannya yaitu agyeon, atau “hubungan yang bernasib buruk” mengaitkan pertemuan buruk di kehidupan masa lalu sebagai penyebab hubungan antagonis di masa kini.

Ada beberapa kata unik dalam bahasa Korea yang berhubungan dengan inyeon:

Jeong (정): Ikatan mendalam, kasih sayang atau rasa keterikatan yang terbentuk antara dua orang. Orang Korea sering mengatakan “merasa jeong lebih menakutkan daripada jatuh cinta.”

Wooyeon (우연): Suatu kebetulan, sesuatu terjadi secara kebetulan. Orang Korea terkadang berkata “semoga wooyeon ini bisa menjadi inyeon.”

Sayeon (사연): Latar belakang seseorang atau keadaan dalam kehidupan seseorang.

Siryeon (실연): Pengalaman patah hati atau kekecewaan dalam cinta.

Miryeon (미련): Rasa rindu yang tersisa pada seseorang, sesuatu, atau situasi.

Itulah makna inyeon dalam film Past Lives, sudahkah kamu menontonnya?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel