Mengenal Shine Turbine: Solusi Listrik Portabel dari Angin

Mengenal Shine Turbine: Solusi Listrik Portabel dari Angin

Mengenal Shine Turbine

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Saat berkegiatan di luar rumah apakah kamu pernah merasa kesulitan untuk mengisi daya perangkat elektronik? Seperti kemah, hiking menyelusuri hutan, atau di daerah terpencil?

Apabila tidak menemukan sumber listrik, tentunya powerbank pun juga tidak akan bertahan lama, lalu apakah kamu ingin memiliki sumber listrik alternatif yang ramah lingkungan dan mudah digunakan?

Jika iya, maka, mari mengenal shine turbine, sebuah turbin angin portabel yang dapat menghasilkan listrik dari angin.

Penasaran dengan penghasil listrik ramah lingkungan yang portable satu ini? Tenang, Sediksi sudah merangkum, mulai dari apa sih shine turbine ini, kegunaannya, hingga keunggulan. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Shine Turbine

Mengenal Shine Turbine: Solusi Listrik Portabel dari Angin - shine turbine 5
Image from mymodernmet

Sudah saatnya ‘membuang’ power bank, panel surya, dan pembangkit listrik sebagai sumber daya utama untuk mengisi daya saat berpetualang di luar ruangan.

Mari mengenal shine turbine adalah sebuah alat portable yang dapat mengubah energi kinetik angin menjadi energi listrik. Turbin kecil namun kuat ini, dikembangkan oleh Aurea Technologies, dapat menyala dalam dua menit, diklaim alat ini mampu mengisi penuh ponsel dalam 20 menit.

Tidak seperti turbin angin besar yang biasa kita ketahui, shine turbine ini memiliki desain yang sangat kompak dan ringan, memiliki berat yang hampir sama dengan laptop, sehingga dapat dibawa ke mana saja dan disimpan dalam tas.

Untuk harga, shine turbine ini dipasarkan sebesar 399,99 dollar AS. Tujuan utama dari Aurea Technologies, yang didirikan pada tahun 2017 ini adalah untuk “memberikan kebebasan dari jaringan listrik.”

Ini hanyalah produk pertama mereka, dari banyak produk yang diharapkan dapat diciptakan oleh perusahaan ini untuk mencapai misi yang ambisiusnya itu.

Turbin ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang memudahkan penggunaannya, seperti:

  • MPPT controller yang dapat memaksimalkan daya listrik yang dihasilkan dari angin
  • Baterai internal dengan kapasitas 12.000 mAh yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat USB saat tidak ada angin atau sebagai cadangan
  • LED indicator yang menunjukkan status baterai, daya output, dll
  • Automatic yaw yang membuat turbin berputar sesuai arah angin
  • Shine turbine dapat menghasilkan daya listrik sebesar 40 watt Port output USB-A (5V/2.6A) dengan kecepatan angin antara 8 hingga 28 mph (13 hingga 45 kph).

Turbin ini juga dapat menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca dan kecepatan angin secara otomatis. Turbin ini cocok untuk digunakan di berbagai tempat, seperti:

  • Off-grid living di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh jaringan listrik.
  • RV camping sebagai penambah daya pengisian perangkat saat berkemah.
  • Emergency prep kit sebagai alat darurat untuk menghadapi bencana alam atau krisis energi.

Keunggulan Shine Turbine

Mengenal Shine Turbine: Solusi Listrik Portabel dari Angin - Portabel Shine Turbine jpg
Image from mymodernmet

Shine turbine memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan alat-alat listrik lainnya, seperti:

Portabel

Turbin ini sangat ringan (3 lbs atau 1,3 kg) dan mudah dibawa kemana saja. Kamu hanya perlu membuka tutupnya dan meletakkannya di tempat yang sesuai.

Kamu bisa mebawanya di tas, karena ukurannya hanya sebesar botol 1 liter, untuk membukanya hanya perlu waktu kurang dari 2 menit tanpa menggunakan alat-alat khusus untuk menyiapkan supaya siap digunkan.

Efisien

Turbin ini menggunakan teknologi blade patent pending yang sangat efisien dan hemat energi. Turbin ini juga memiliki sistem pendinginan otomatis dengan heat sink untuk mencegah panas berlebih.

Praktis

Shine turbine memiliki dua port USB standar-A dan micro-B untuk mengisi daya perangkat USB eksternal. Kamu juga dapat menggunakan baterai internal sebagai cadangan atau sebagai sumber listrik saat tidak ada angin. Baterai internal ini juga dilengkapi dengan LED indicator untuk menunjukkan statusnya.

Aman

Diklaim tahan terhadap cuaca ekstrem dan tidak mudah rusak oleh air atau debu, karena turbin ini dirancang untuk luar ruangan. Turbin ini juga memiliki fitur rem untuk mencegah putaran berlebihan jika terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Itulah dia ulasan mengenal shine turbine, ini adalah sebuah solusi listrik portabel dari angin yang dapat memberikan kebebasan dan kemudahan dalam mengisi daya perangkat elektronik kapan saja dan di mana saja.

Dengan turbin ini, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang ketersediaan listrik atau dampak lingkungan dari penggunaannya. Shine turbine adalah alat-alat listrik masa depan yang patut dicoba oleh siapa saja yang ingin hidup lebih hijau dan mandiri.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel