7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar!

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar!

Negara dengan Makanan Terpedas

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Siapa sih yang gak suka dengan makanan pedas, ini adalah salah satu jenis makanan atau pelengkap makanan yang banyak digemari oleh orang-orang di seluruh dunia.

Sensasi rasa pedas yang menggigit lidah dan menimbulkan rasa panas di mulut seringkali membuat orang ketagihan dan ingin mencoba berbagai macam makanan pedas dari berbagai negara.

Nah, penasaran gak kira-kira mana aja nih, negara dengan makanan terpedas? Indonesia masuk gak ya, karena negara kita kan pasti ada pilihan pedasnya.

Ada beberapa negara dengan makanan terpedas yang sangat terkenal, yang luar biasa dan bisa membuat lidah terbakar (kiasah aja he he..). Apa saja negara-negara tersebut? Mari kita simak daftarnya di bawah ini.

Negara dengan Makanan Terpedas

India

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - Chicken Vindaloo 1024x683 jpg
Image from Whiskaffair (Chicken Vindaloo)

Ini bukan urutan ya, Sediksi hanya merangkum mana saja negara dengan makanan terpedas. Mari kita mulai dengan India, negara ini jelas adalah salah satu negara dengan makanan terpedas di dunia.

Banyak makanan India yang menggunakan bumbu-bumbu khas seperti cabai, jahe, kunyit, jintan, dan lain-lain yang memberikan rasa pedas dan aroma yang kuat.

Salah satu makanan India yang terkenal dengan rasa pedasnya adalah vindaloo, yaitu semacam gulai daging yang dibumbui dengan cabai merah kering, bawang putih, cuka, dan rempah-rempah lainnya.

Makanan ini berasal dari Goa, India, dan merupakan adaptasi dari masakan Portugis yang bernama carne de vinha d’alhos. Vindaloo bisa memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, tergantung pada jumlah cabai yang digunakan.

Ada juga versi vegetarian dari vindaloo yang menggunakan kentang, wortel, atau kacang-kacangan sebagai pengganti daging.

Thailand

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - Tom YUm 1024x683 jpg
Image from Carnivalmunchies (Tom Yum)

Selanjutnya ada Thailand yang juga merupakan negara dengan makanan terpedas di dunia. Makanan Thailand banyak menggunakan bahan-bahan seperti cabai, bawang putih, daun jeruk purut, serai, dan pasta udang yang memberikan rasa pedas, asam, dan gurih.

Salah satu makanan Thailand yang terkenal dengan rasa pedasnya adalah tom yum, yaitu sup asam pedas yang berisi udang, jamur, tomat, dan rempah-rempah.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi atau mie. Tom yum bisa memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis cabai yang digunakan. Ada juga versi lain dari tom yum yang menggunakan ayam, ikan, atau daging sapi sebagai pengganti udang.

Meksiko

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - Roasted Mango Habanero Salsa jpg
image from chilipeppermadness

Negara yang satu ini juga terkenal mempunyai makanan-makanan yang pedas. Makanan Meksiko banyak menggunakan bahan-bahan seperti cabai, tomat, bawang, jagung, dan keju yang memberikan rasa pedas, asin, dan manis.

Salah satu makanan pedas mereka yang terkenal adalah habanero salsa, yaitu saus pedas yang berisi cabai habanero, tomat, bawang, dan jus jeruk.

Makanan ini biasanya disajikan dengan tortilla, taco, burrito, atau nacho. Habanero salsa bisa memiliki tingkat kepedasan yang sangat tinggi, karena cabai habanero termasuk salah satu cabai terpedas di dunia.

Ada juga versi lain dari habanero salsa yang menggunakan cabai lain seperti jalapeño, serrano, atau chipotle.

Korea Selatan

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - buldak onplate 1024x576 jpg
Image from Maangchi

Tentu Korea Selatan masuk kedalam negara dengan makanan terpedas di dunia. Negara yang sedang naik daun dan digandrungi soal makanan-makannya ini banyak menggunakan bahan-bahan seperti cabai, bawang, jahe, kecap asin, dan gula yang memberikan rasa pedas, manis, dan asin.

Nah, salah satu makanan Korea Selatan yang terkenal dengan rasa pedasnya adalah buldak, yaitu ayam goreng yang dilumuri dengan saus pedas yang berisi cabai, bawang, kecap asin, gula, dan madu.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, sayuran, atau keju. Buldak bisa memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis cabai yang digunakan. Ada juga versi lain dari buldak yang menggunakan daging sapi, babi, atau ikan sebagai pengganti ayam.

Jamaika

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - Jerk Chicken 1024x576 jpg
Image from poormansgourmetkitchen

Jamaika juga merupakan negara dengan makanan terpedas di dunia. Makanan Jamaika banyak menggunakan bahan-bahan seperti cabai, bawang, pala, kayu manis, dan cuka yang memberikan rasa pedas, asam, dan aromatik.

Salah satu makanan terkenal dengan rasa pedasnya dari Jamaika adalah jerk chicken, yaitu ayam panggang yang dibumbui dengan bumbu khas yang berisi cabai, bawang, pala, kayu manis, cuka, dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, roti, atau salad.

China

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - Mapo Tofu 1024x576 jpg
Image from Maangchi

Tak heran sih memang China sangat terkenal akan makanan-makanan pedasnya. Makanan China memang banyak menggunakan bahan-bahan seperti cabai, bawang, jahe, kecap asin, dan gula yang memberikan rasa pedas, manis, dan gurih.

Makanan pedas mereka yang terkenal salah satunya adalah mapo tofu, yaitu tahu yang dimasak dengan saus cabai pedas, bumbu yang mirip dengan tauco, dan daging babi cincang.

Rasa pedas dari makanan ini didapatkan dari lada Sichuan yang terkenal pedas. Makanan ini telah menjadi ikon kuliner di wilayah Sichuan dan Chongqing.

Selain mapo tofu, ada juga makanan China lain yang pedas seperti tao chicken, terong tumis bawang, mie dandan, char siu, suan la fen, kou shui ji, suan tang yu, dan hotpot Chongqing

Indonesia

7 Negara dengan Makanan Terpedas yang Bikin Lidah Terbakar! - Rendang 1024x685 jpg
Image from flavorverse

Bisa ditebak lah ya, jelas Indonesia juga merupakan negara dengan makanan terpedas di dunia karena di setiap makanannya pasti ada cabainya.

Nah, salah satu makanan Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya adalah rendang. Makanan ini berasal dari Sumatera Barat, Indonesia, dan merupakan salah satu makanan terlezat di dunia.

Rendang bisa memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, tergantung pada jumlah cabai yang digunakan. Ada juga makanan lainnya yang pedas, seperti rica-rica, ayam balado dan masih banyak lagi, apalagi sekarang banyak mie atau ayam yang dijual dengan seabrek cabai.

Itulah 7 negara dengan makanan terpedas di dunia yang bisa membuat lidah terbakar. Makanan-makanan tersebut tidak hanya pedas, tetapi juga memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan menggugah selera.

Bagi kamu yang suka tantangan dan sensasi, mungkin kamu bisa mencoba makanan-makanan tersebut dan merasakan sendiri kepedasannya.

Namun, jangan lupa untuk menyiapkan minuman dingin, susu, atau madu untuk meredakan rasa pedasnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel