Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman

kewarganegaraan ganda

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Kebijakan kewarganegaraan ganda diakui oleh sekitar 48% negara di dunia. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan paspor kedua tersebut melalui garis keturunan, naturalisasi, repatriasi, pernikahan, investasi, dan lain-lain.

Baru-baru ini, Jerman mengesahkan aturan baru yang melonggarkan Undang-Undang (UU) tentang naturalisasi dan mempermudah pengajuan kewarganegaraan ganda dari yang sebelum delapan tahun menjadi lima tahun.

Aturan baru ini kemudian menjadikan Jerman sebagai salah satu negara dengan syarat waktu tinggal terpendek.

Jerman (5 tahun)

kewarganegaraan ganda
Paspor Jerman

Aturan baru Jerman ini disahkan pada 19 Januari 2024 dan diterima sebagai kabar baik, terutama oleh orang-orang yang ingin berkarier dan mempunyai kewarganegaraan Jerman.

Pemerintah Jerman mengatakan UU tersebut akan membuat Jerman lebih menarik bagi pekerja terampil di dunia internasional, dan membantu negara tersebut mengurangi kekurangan tenaga kerja.

Kewarganegaraan ganda ini biasanya hanya diperbolehkan bagi warga negara Uni Eropa lainnya atau Swiss, meskipun diperbolehkan bagi imigran lain dalam kasus-kasus tertentu.

Sedangkan untuk cara repatriasi, dibutuhkan waktu selama tiga tahun.

Argentina (sehari setelah pernikahan)

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman - image 78
Paspor Argentina

Di Argentina, kalian bisa mengajukan kewarganegaraan Argentina sehari setelah pernikahan. Cara ini berlaku jika menikah dengan orang yang berasal dari negara tersebut. 

Dengan cara naturalisasi pun, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan paspor kedua di Argentina juga cepat, yaitu dua tahun.

Kemudahan dan kecepatan proses untuk mendapatkan paspor Argentina ini menjadi kesempatan bagus bagi banyak pihak. 

Seperti kejadian pada semester pertama tahun 2023 dimana perempuan Rusia yang sedang hamil berbondong-bondong pergi ke Argentina untuk mendapatkan kewarganegaraan akibat perang Rusia-Ukraina.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Argentina sebenarnya negara yang cukup mudah untuk mendapatkan tempat tinggal dan kewarganegaraan. 

Mengingat kredibilitas Presiden Argentina baru Javier Milei yang libertarian, dia mungkin bisa membuat segalanya terkait hal ini menjadi lebih mudah demi mendatangkan pendapatan yang sangat dibutuhkan dan mata uang asing ke negara tersebut.

Amerika Serikat (3-5 tahun)

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman - image 79
Paspor Amerika Serikat

Untuk menjadi warga negara Amerika Serikat (AS) dan termasuk untuk kewarganegaraan ganda, waktu tinggal yang dibutuhkan setidaknya lima tahun.

Tapi jika menikah dengan warga AS, maka pengajuan tersebut akan selesai dalam waktu tiga tahun asalkan sudah memenuhi semua persyaratan.

Brazil (4 tahun)

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman - image 80
Paspor Brasil

Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kewarganegaraan Brazil adalah empat tahun setelah menjadi penduduk tetap.

Periode tersebut bisa berkurang menjadi hanya satu tahun jika kalian menikah dengan orang dengan kewarganegaraan Brazil atau punya anak Brazil.

Tidak hanya sampai situ, jangka waktunya masih bisa dikurangi menjadi dua tahun jika pelamar memberikan kontribusi ke Brasil atau memperoleh rekomendasi berdasarkan kualifikasi yang ditetapkan oleh para ahli.

Menjadi warga negara Brasil relatif mudah, meski melibatkan beberapa kendala administratif. Tapi jangan khawatir karena hal ini masih bisa dicapai dengan kesabaran, kemahiran berbahasa Portugis, dan komitmen terhadap prosesnya.

Vanuatu (2-3 bulan)

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman - image 81
Paspor Vanuatu

Untuk mendapatkan kewarganegaraan Vanuatu dengan cepat, bisa menggunakan program investasi yang dirilis pada tahun 2017.

Cara ini diketahui sebagai salah satu cara paling cepat untuk mendapatkan kewarganegaraan Vanuatu.

Hanya dengan membayar donasi sebesar 130 ribu dolar AS, kalian bisa mendapatkan paspor Vanuatu setelah dua atau tiga bulan. 

Paspor Vanuatu menawarkan banyak manfaat, termasuk peningkatan mobilitas global dengan akses bebas visa atau visa-on-arrival ke lebih dari 100 negara.

Kemudian ada jaminan keamanan pribadi dan finansial yang lebih besar, serta peluang untuk menetap di yurisdiksi yang stabil secara politik dan ramah pajak. karena menjunjung tinggi prinsip privasi dan perlindungan aset.

Dominika (3-7 bulan)

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman - what you need to know about it and the citizenship by investment program 1 1024x717 jpeg
Paspor Dominika

Sama seperti Vanuatu, salah satu cara mengajukan kewarganegaraan ke Dominika adalah investasi. Adapun biaya investasi yang dikeluarkan setidak 100 ribu dolar AS untuk pembiayaan negara atau 200 ribu dolar AS untuk real estate.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk akhirnya mendapatkan paspor Dominika sekitar tiga sampai dengan tujuh bulan saja.

Keuntungan lainnya, paspor Dominika bisa digunakan untuk bepergian dan bebas visa di 134 negara.

Turki (3-4 bulan)

Negara Tercepat untuk Dapatkan Kewarganegaraan Ganda, Terbaru Ada Jerman - image 82
Paspor Turki

Dengan cara investasi, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan paspor Turki adalah tiga sampai empat bulan dan mengeluarkan biaya sebesar 500 ribu dolar AS kepada pemerintah.

Sedangkan waktu tinggal yang dibutuhkan untuk mendapatkan paspor Turki dengan cara lainnya sekitar 2-2,5 tahun.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel