Q1 Mikrokomputer: PC Pertama di Dunia Baru Saja Ditemukan Kembali

Q1 Mikrokomputer: PC Pertama di Dunia Baru Saja Ditemukan Kembali

PC Pertama di Dunia Baru Saja Ditemukan Kembali

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Inovasi terbesar dalam sejarah manusia yang mengubah peradaban modern mungkin salah satunya adalah komputer. Sejak awal abad ke-20, para ilmuwan dan penemu telah berusaha menciptakan mesin yang dapat mengolah data menurut perintah yang telah diprogram.

Namun, komputer pertama di dunia tidak seperti yang kita kenal sekarang. Komputer pertama di dunia adalah Q1, sebuah komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor satu chip. Nah, PC pertama di dunia baru saja ditemukan kembali secara tidak sengaja berkat perusahaan pembersih asal Inggris.

Dua mikrokomputer Q1 ditemukan pada akhir tahun lalu, yakni Desember 2023 dan komputer ini terakhir terlihat pada tahun 1970-an.

Penasaran bagaimana kisah PC pertama di dunia baru saja ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh sebuah perusahaan pembersih asal Inggris ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

PC Pertama di Dunia Baru Saja Ditemukan Kembali

Q1 Mikrokomputer: PC Pertama di Dunia Baru Saja Ditemukan Kembali - Mirkrokomputer Q1 jpeg
Image from All That’s Interesting

Tepatnya pada tanggal 18 Desember 2023, permbersih rumah dengan perusahaan Inggris Just Clear sedang mengerjakan sebuah property, dan saat itulah mereka menemukan sepasang mesin besar yang terkubur di bawah kotak.

Mereka pada awalnya tidak yakin benda apa itu, menurut pendiri Just Clear Brendan O’Shea. Mesin-mesin itu tampak seperti komputer, dengan keyboard dan layar horizontal panjang.

Karena penasaran, O’Shea mulai mempelajari lebih lanjut, dan menemukan fakta bahwa perangkat yang ditemukan timnya itu adalah sebuah perangkat bernama Q1; sebuah mikro komputer pertama yang sebenarnya.

PC pertama di dunia baru saja ditemukan kembali ini, secara sepesifik atau khusus adalah Q1 Lite dan Q1 Micrilite, dan hanya segelintir perangkat yang masih ada di seluruh dunia saat ini.

Mengutip dari laman All that Interesting dari tulisan Two Of The World’s First PCs Were Just Rediscovered By Accident, Thanks To A U.K. Cleaning Company, Paul Neve, seorang dosen senior di Kingston University, London – tempat Q1 dipamerkan – mengatakan bahwa mungkin hanya ada 10-12 Q1 Lite dan Microlite di dunia ini sekarang.

“Saya rasa cukup adil untuk memperkirakan mungkin ada 10-12 Q1 Lite dan Microlite di ‘alam liar’ saat ini, tersebar di lima atau lebih tempat yang berbeda di Swedia, Denmark, Jerman, Amerika Serikat dan sekarang di Inggris” Kata Paul dikutip dari All that Interesting.

Saat ini mungkin tidak terlihat banyak, tetapi mikrokomputer Q1 lah yang menandai Langkah maju yang menarik dalam revolusi komputer.

Apa itu Mikrokomputer Q1?

Dari kabar PC pertama di dunia baru saja ditemukan kembali tadi, mungkin beberapa diantara kalian ada yang pertama, sebenarnya apa itu mikrokomputer Q1, dan kenapa ia disebut sebagai PC pertama?

Mengutip dari laman Interesting Engineering, dari laporan berjudul World’s first desktop computers unearthed in London house clearance, Q1 memulai debut komersialnya pada bulan Desember 1972 di bawah bendera Q1 Corporation di AS.

Daniel Alroy memiliki Q1 Corporation yang berbasis di New York, yang membuat sejarah dengan menciptakan sistem komputer mikro lengkap pertama dengan layar dan keyboard jadi satu.

Q1 ini juga adalah komputer desktop terintegrasi pertama di dunia yang didukung oleh mikroprosesor satu chip, khususnya Intel 8008.

Sebelum Q1, komputer menggunakan mikroprosesor multi-chip. Namun, Q1 revolusioner karena dapat mengurangi ukuran dan biaya komputer tanpa mengorbankan kinerja.

Prosessor Intel 8008 adalah salah satu mikroprosesor paling awal yang dikembangkan oleh Intel Corporation. Dikenalkan pada bulan April 1972, prosesor ini merupakan mikroprosesor 8-bit dan salah satu pertama dari jenisnya.

8008 memiliki kecepatan clock 200 kHZ, memang jika dibandingkan sekarang itu adalah angka yang sangat kecil, tapi di zaman itu ini merupakan sebuah revolusioner. Tercatat prosesor ini dapat menjalankan sekitar 60.000 instruksi per detik – sekarang prosesor beroprasi pada kecepatan clock GHz (miliaran siklus per detik).

Sebagai prosesor 8-bit, prosesor ini memproses data dalam potongan-potongan 8-bit. Sebaliknya, prosesor modern memiliki jalur data yang jauh lebih luas, biasanya 64-bit atau lebih, sehingga memungkinkan prosesor saat ini untuk menangani jumlah data yang lebih besar secara bersamaan dan melakukan perhitungan lebih kompleks.

Prosesor 8008 ini digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk komputer pribadi (PC) awal, kalkulator dan sistem kontrol industri.

Itulah dia ulasan tentang PC pertama di dunia baru saja ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh sebuah perusahan pembersih asal Inggris; Just Clear, yang mereka temukan terkubur di bawah kotak.

Saat ini hanya ada 3 komputer seperti ini yang ditemukan dan dipajang, salah duanya adalah yang baru ditemukan ini Q1 Lite dan Microlite yang dirilis pada pertengahan tahun 1970.

Sekian artikel PC pertama di dunia baru saja ditemukan ini, semoga dapat menambah wawasanmu, terimakasih telah membaca.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel