8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth

rekomendasi mockumentary yang mirip cunk of earth

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Cunk of Earth tentu saja rekomendasi mockumentary yang bisa jadi tontonan asik untuk saat ini. Mockumentary singkatan dari “mock documentary” atau “mockumentary film,” yaitu jenis film atau program televisi yang disajikan dalam gaya dokumenter, tetapi kontennya fiksi atau dibuat-buat. 

Dengan kata lain, mockumentary menciptakan ilusi bahwa apa yang ditampilkan adalah dokumenter sungguhan, sementara sebenarnya itu adalah hasil rekayasa atau skrip.

Biasanya, mockumentary diciptakan dengan tujuan untuk menghibur, alih-alih mengedukasi seperti tujuan dokumenter pada umumnya.

Namun dari segi teknik produksinya, tidak berbeda dengan gaya dokumenter, termasuk wawancara, pemotretan handheld, dan elemen-elemen lain yang biasa terlihat dalam produksi dokumenter, untuk menciptakan pengalaman yang menyerupai kenyataan.

Cunk of Earth salah satu yang paling populer saat ini dan kalau kamu ingin menonton tontonan serupa, berikut ini beberapa rekomendasi mockumentary yang tidak kalah seru.

Rekomendasi Mockumentary Mirip Cunk of Earth

1. Borat (2006)

rekomendasi mockumentary mirip cunk of earth

Judul lengkapnya yakni Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan, dibintangi oleh Sacha Baron Cohen sebagai karakter fiksi Kazakhstani yang eksentrik bernama Borat Sagdiyev.

Meskipun “Borat” tidak secara ketat disebut sebagai mockumentary, namun film ini menggunakan elemen-elemen gaya dokumenter untuk menciptakan ilusi keaslian.

2. Carnivale (2017)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - Carnivale ft 002 aca92952a2fd5955acf5267ae30cbb4b thumb 1024x576 jpg

Mockumentary pendek yang dibuat oleh Candra Aditya dari Indonesia ini menceritakan golongan siswa populer di SMA Garuda yang selalu memenangkan pemilihan ketua OSIS.

Sampai akhirnya dalam satu kesempatan, dua kelompok lain yang terdiri dari golongan taat beragama dan golongan siswa yang biasa saja memutuskan untuk mengikuti pemilihan ketua OSIS.

3. This Is Spinal Tap (1984)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - image 94

“This Is Spinal Tap” adalah salah satu contoh mockumentary paling terkenal. Film ini hasil dari improvisasi dan kolaborasi ide dan skenario film antara Reiner dan pemeran utama, yaitu Christopher Guest, Michael McKean, dan Harry Shearer.

Menceritakan tentang perjalanan fiksi dari sebuah band fiksi bernama Spinal Tap, sebuah grup rock fiksi yang mengalami berbagai masalah selama tur mereka. Dengan gaya dokumenter, film ini memberikan kesan bahwa penonton menyaksikan dokumenter yang mengikuti kehidupan sehari-hari band tersebut.

4. Drop Dead Gorgeous (1999)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - image 95

Meskipun “Drop Dead Gorgeous” tidak sepenuhnya disajikan dalam format mockumentary, film ini menggabungkan elemen-elemen mockumentary untuk memberikan nuansa dokumenter pada ceritanya. 

Plotnya berkisah tentang kontes kecantikan di sebuah kota kecil di Minnesota, dan film tersebut mencoba menciptakan ilusi bahwa adegan-adegan tertentu direkam untuk dokumenter yang sedang diproduksi.

5. Death to 2020 (2020)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - image 96

Sebuah mockumentary dari kreator Black Mirror Charlie Brooker dan Annabel Jones. Film dirilis pada waktu yang paling tepat, yaitu akhir bulan Desember di tengah pandemi COVID-19, yang menghibur banyak penonton yang pada saat itu kebanyakan berada di tengah-tengah ancaman kematian karena adanya pandemi tersebut.

6. Dark Side of the Moon (2002)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - image 97

Saat film ini dirilis, banyak penonton yang terkecoh dan berpikir bahwa mockumentary ini adalah dokumenter yang nyata. 

Ada teori konspirasi yang terkenal bahwa rekaman pendaratan di bulan dari Apollo 11 dipalsukan oleh Stanley Kubrick karena filmnya 2001: A Space Odyssey. 

Banyak film dokumenter nyata yang membahas teori ini. Itu sebabnya mudah bagi orang untuk percaya bahwa Dark Side of the Moon itu serius.

7. I’m Still Here (2010)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - image 98

Aktor Joaquin Phoenix pada dasarnya punya persona publik yang dianggap unik dan berbeda dari yang lain. Persepsi ini semakin meningkat ketika dia membintangi mockumentary ini.

Tahun 2008 dia mengumumkan pensiun dari dunia akting untuk mengejar karier sebagai seorang rapper, tidak ada yang benar-benar terkejut, meskipun beberapa orang merasa kecewa. 

Lalu ketika I’m Still Here keluar dua tahun kemudian, para penggemar Phoenix bisa bernapas lega karena ternyata pengumuman tersebut bagian dari produksi mockumentary ini.

8. Wrinkles in Clown (2019)

8 Rekomendasi Mockumentary, Jika Kamu Suka Cunk of Earth - image 99

Meskipun ada video viral nyata dari Wrinkles the Clown yang tersebar di YouTube pada tahun 2015, film ini banyak diperdebatkan sebagai film mockumentary.

Film ini mengikuti kisah seorang pensiunan yang memutuskan untuk tetap sibuk dengan mencari pendapatan tambahan dengan menawarkan jasanya kepada orang tua dari anak-anak bermasalah. 

Video viral tersebut menunjukkan seorang pria dengan topeng dan pakaian badut yang aneh merangkak keluar dari bawah tempat tidur seorang gadis muda, terekam dalam rekaman keamanan.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel