Sinopsis Film Orpa (2023), Kisahkan Mimpi Anak yang Terbentur Keinginan Orang Tua

Sinopsis Film Orpa (2023), Kisahkan Mimpi Anak yang Terbentur Keinginan Orang Tua

Sinopsis film Orpa (2023)

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Ada film terbaru yang akan menemanimu di awal September 2023 ini. Film berjudul Orpa yang mengangkat kisah kehidupan anak Papua dalam mengejar mimpi dan keinginannya.

Naskah film Orpa juga digarap oleh sang sutradara, Theogracia Rumansara. Juga dikerjakan bersama empat produser berbakat tanah air yakni Dani Huda, Axel Putra, Giovanni Rahmadeva, dan Conellio Sunny. Turut pula Ismail Basbeth sebagai eksekutif produsernya.

Lewat film Orpa ini, kita akan melihat Papua yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pemerannya pun juga langsung melibatkan orang-orang dari Papua. Yuk, simak jadwal tayang, daftar pemain dan sinopsis film Orpa berikut ini. Semenarik apa sih filmnya?

Jadwal Tayang

Film Orpa sebenarnya sudah tayang terlebih dahulu pada 27 November 2022 melalui program kompetisi JAFF Indonesian Screen Awards festival film Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022.

Lalu, film Orpa juga sudah melakukan penayangan perdana di Mal Jayapura XXI pada 17 Desember 2022 lalu. Film ini juga sudah tayang di luar negeri, tepatnya pada CinemAsia Film Festival 2023 yang digelar di Amsterdam, Belanda.

Lantas, penayangannya baru akan mengudara di seluruh bioskop tanah air pada Kamis, 7 September 2023.

Pembuatan film ini, awalnya diinisiasi oleh rumah produksi film, QUN Films yang memberikan program sayembara bertajuk Jendela Papua untuk mengakomodasi kreativitas masyarakat Papua dalam pembuatan film.

Dari beberapa ide cerita, Orpa terpilih untuk bisa diproduksi dalam format satu film panjang. Proses pengambilan gambar utamanya sendiri sudah berlangsung pada pertengahan tahun 2021 selama sepuluh hari.

Daftar Pemain

Lewat film Orpa ini kita akan melihat mimpi anak-anak Papua yang terbentur dengan keinginan orang tua dan lingkungan mereka. Daerah yang berada di ujung Indonesia itu, akan menunjukkan kepada kita bahwa setiap anak punya mimpi dan berhak untuk bermimpi di tengah berbagai hambatan yang ada.

Cerita lokal dalam film ini dimainkan langsung oleh orang-orang Papua, siapa sajakah mereka?

  • Orsila Murib berperan sebagai Orpa
  • Michael Kho berperan sebagai Ryan
  • Otiana Murib berperan sebagai Ester
  • Arnold Kobogau berperan sebagai Septinus atau ayah Orpa

Sinopsis Film Orpa

Sinopsis Film Orpa (2023), Kisahkan Mimpi Anak yang Terbentur Keinginan Orang Tua - Jepretan Layar 2023 09 02 pukul 00.02.06
imdb

Film akan menceritakan tentang seorang gadis bernama Orpa yang masih berusia 16 tahun. Di usianya yang masih remaja itu, ia tengah berjuang dalam mewujudkan mimpi dan cita-citanya.

Namun, perjuangannya dalam meraih mimpi itu sudah harus terancam gagal karena ia dipaksa untuk menuruti keinginan sang ayah untuk segera menikah. Ayahnya, menginginkan Orpa menikah dengan pria kaya yang ada di Jayapura.

Orpa yang mengetahui niat sang ayah itu, hatinya pun penuh kegundahan. Ayah Orpa sendiri ingin menjodohkan sang anak dengan pria yang berpengaruh dan berkedudukan di Papua.

Keinginan sang ayah yang bersikeras agar Orpa segera menikah itu, bertentangan dengan Orpa yang tak menginginkan perjodohan.

Orpa sendiri ingin bertekad untuk mengenyam dan menyelesaikan pendidikan di Wamena. Orpa tidak ingin menikahi pria yang lebih tua darinya hanya untuk menjadi ibu rumah tangga.

Dengan tekad dan keinginan untuk belajar, Orpa nekad pergi meninggalkan rumahnya. Ia pun terpaksa pergi ke tempat sekolahnya di Wamena. Orpa memiki ketertarikan untuk belajar tentang efek tanaman berkhasiat di Papua.

Dalam perjalanannya melarikan diri itu, ia tak sengaja bertemu dengan seorang pria ibu kota bernama Ryan.

Ryan yang merupakan seorang musisi pemula berusia 28 tahun, pergi ke Wamena untuk menemukan suara-suara alam.

Ryan pun yang mengetahui alasan Orpa kabur, turut serta membantunya untuk bisa ke Wamena. Akan tetapi, maksud Ryan yang membantu Orpa justru disalah pahami oleh ayah Orpa.

Dalam trailer, terlihat jika Orpa dan Ryan dikejar oleh ayah Orpa serta warga desa lainnya. Akankah mereka berhasil kabur? Apakah Orpa berhasil melanjutkan sekolahnya demi mewujudkan mimpinya tersebut?

Penghargaan Film Orpa

Dari sinopsisnya saja, sekilas film ini memang memiliki kekuatan dalam segi alur ceritanya yang menarik. Tak heran, kalau lebih dahulu diputar dalam penayangan nasional juga internasional, sebelum akhirnya tayang di bioskop.

Film Orpa yang pertama kali ditayangkan di program kompetisi JAFF Indonesian Screen Awards festival film Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022, membawa Orsilla Murib sebagai pemenang penghargaan Best Performance untuk penampilannya sebagai Orpa.

Sementara, selain sudah ditayangkan di CinemAsia Amsterdam 2023, Orpa juga diputar di Balinale International Film Festival 2023 dan Zabaikalsky International Film Festival 2023.

Itulah ulasan mengenai film Orpa. Sudah tidak sabar menantikan film lokal kebanggaan Indonesia ini, saksikanlah di bioskop pada Kamis, 7 September 2023.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel