6 Solusi HP Sering Mati Sendiri, Jangan Langsung Ke Tukang Servis!

6 Solusi HP Sering Mati Sendiri, Jangan Langsung Ke Tukang Servis!

6 Solusi HP Sering Mati Sendiri, Jangan Langsung Ke Tukang Servis!

DAFTAR ISI

Sediksi – Hp sudah menjadi barang wajib dimiliki semua orang saat ini. Pasalnya, hp menjadi barang penting untuk melakukan komunikasi secara cepat dengan orang lain. Oleh sebab itu, jika hp mengalami masalah tentu akan mengganggu. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu hp sering mati sendiri. Jika kamu mengalaminya, kamu wajib menyimak solusi hp sering mati sendiri berikut ini.

Berikut ini sudah Sediksi rangkumkan beberapa informasi dari berbagai sumber agar kamu mengetahui penyebab sekaligus solusi hp sering mati sendiri berikut ini yang dapat menjadi jalan keluar dari masalah hp tersebut.

Solusi hp sering mati sendiri

6 Solusi HP Sering Mati Sendiri, Jangan Langsung Ke Tukang Servis! - 1000018679 1024x683 jpg
Unsplash/alejandro escamilla

Penyebab hp sering mati sendiri

Sebelum membahas tentang solusi hp sering mati sendiri, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang penyebabnya. Ada beberapa sebab yang bisa membuat hp sering mati sendiri, baik dari sisi hardware maupun software. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang sering terjadi:

Kondisi baterai drop atau rusak

Sebab pertama yaitu karena baterai drop atau rusak. Baterai adalah komponen vital yang menyuplai daya untuk hp. Jika baterai mengalami drop, yaitu kondisi di mana kapasitas baterai tidak sesuai dengan indikatornya, maka hp bisa mati sendiri ketika daya habis.

Selain itu, jika baterai rusak, misalnya bocor, kembung, atau aus, maka hp kamu juga bisa mati sendiri karena tidak mendapat daya yang cukup atau tidak stabil yang akan mengganggu kinerja komponen.

Terlalu banyak file sampah atau cache

File sampah atau chace terlalu penuh juga bisa menyebabkan hp kamu mati sendiri. File sampah atau cache adalah data sementara yang disimpan oleh hp untuk mempercepat proses loading aplikasi atau situs web. 

Namun, jika file sampah menumpuk terlalu banyak, maka bisa membebani kinerja hp dan membuatnya lemot, panas, atau bahkan mati sendiri. File sampah juga bisa menyebabkan error pada sistem atau aplikasi yang ada di hp kamu.

Kerusakan pada sistem atau aplikasi

Salah satu penyebab yang sering ditemui adalah rusaknya sistem atau aplikasi. Sistem operasi atau aplikasi yang ada di hp bisa mengalami kerusakan akibat bug, virus, malware, atau kesalahan yang dilakukan oleh pengguna hp.

Kerusakan ini bisa menyebabkan hp menjadi tidak stabil, sering hang, restart, atau mati sendiri. Kerusakan sistem atau aplikasi juga bisa terjadi karena belum melakukan update atau karena melakukan root yang tidak sesuai.

Hp mengalami overheat

Hp mati sendiri saat mengalami overheat itu sudah menjadi hal paling umum terjadi. Overheat adalah kondisi di mana suhu hp kamu menjadi terlalu panas akibat penggunaan yang berlebihan, cuaca yang panas, atau masalah pada komponen.

Overheat bisa merusak komponen hp dan membuatnya mati sendiri untuk mencegah kerusakan akibat overgeat lebih parah. Selain itu, overheat juga bisa memicu korsleting atau kebakaran pada hp kamu.

Chipset dan memori RAM overload

Penyebab yang satu ini memang jarang terjadi. Akan tetapi, bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi. Chipset dan memori RAM adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengolah data dan menjalankan aplikasi di hp kamu.

Jika chipset dan memori RAM overload, yaitu bekerja terlalu keras atau melebihi kapasitasnya, maka hp bisa mati sendiri karena tidak bisa menangani beban yang berat. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, aplikasi yang tidak kompatibel, atau aplikasi yang terlalu berat.

Kerusakan komponen hp

Selain baterai, chipset, dan memori RAM, ada juga komponen lain yang bisa mengalami kerusakan, seperti layar, kamera, speaker, tombol, soket, atau IC. Kerusakan pada komponen ini bisa disebabkan oleh faktor fisik, seperti jatuh, terbentur, kemasukan air, atau terkena debu.

Jika ada salah satu dari komponen di atas mengalami kerusakan maka komponen tersebut bisa membuat hp mati sendiri karena tidak bisa berfungsi dengan normal.

Solusi hp sering mati sendiri

Setelah mengetahui penyebab hp sering mati sendiri, kamu bisa mencoba beberapa solusi berikut untuk mengatasinya:

Memperbaiki baterai yang drop atau rusak

Solusi hp sering mati sendiri yang pertama adalah memperbaiki baterai yang drop atau rusak. Jika baterai drop, kamu bisa mencoba melakukan kalibrasi baterai, yaitu mengosongkan baterai sampai mati total, lalu mengisi daya sampai penuh tanpa menghidupkan hp.

Kalibrasi baterai bisa membantu menyelaraskan indikator baterai dengan kapasitas sebenarnya. Jika baterai rusak, kamu wajib mengganti baterai dengan yang baru, atau membawa hp ke service center jika baterainya tanam.

Menghapus file sampah atau cache

Solusi hp sering mati sendiri berikutnya adalah dengan menghapus file sampah atau cache secara manual dengan masuk ke pengaturan aplikasi dan memilih opsi hapus cache. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau Clean Master untuk membersihkan file sampah secara otomatis.

Memperbaiki kerusakan pada sistem atau aplikasi

Solusi hp sering mati sendiri selanjutnya adalah dengan mencoba melakukan update sistem atau aplikasi ke versi terbaru untuk memperbaiki bug atau error yang ada. Kamu juga bisa melakukan scan antivirus untuk menghapus virus atau malware yang menginfeksi hp

Jika hp kamu sudah di-root, kamu bisa mencoba unroot atau mengembalikan ke pengaturan pabrik untuk menghilangkan efek samping root. Jika hp kamu masih mati sendiri, kamu bisa mencoba melakukan mode recovery, yaitu mode khusus yang bisa digunakan untuk memperbaiki sistem dengan cara wipe data, wipe cache, atau flash ROM.

Mengatasi overheat pada hp

Mengatasi overheat juga bisa menjadi salah satu solusi hp sering mati sendiri yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencegah overheat dengan mengurangi penggunaan hp yang berlebihan, seperti bermain game, menonton video, atau browsing terlalu lama.

Mengurangi beban pada chipset dan memori RAM

Solusi hp sering mati sendiri yang lainnya adalah dengan mengurangi beban pada chipset dan memori RAM dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan, menghapus aplikasi yang tidak penting, atau mengganti aplikasi yang terlalu berat dengan yang lebih ringan. 

Memperbaiki komponen yang mengalami kerusakan

Solusi hp sering mati sendiri yang terakhir adalah memperbaiki komponen yang rusak. Kamu bisa membawanya ke sevice center atau tempat perbaikan yang kamu percaya jika kamu tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri aatau tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk mendapatkan perbaikan yang profesional dan aman.

Itulah beberapa penyebab sekaligus solusi hp sering mati sendiri yang bisa kamu coba. Dengan melakukan beberapa cara di atas, diharapkan hp kamu dapat kembali normal dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel