9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting!

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting!

time skip terbaik di anime

DAFTAR ISI

Sediksi – Time skip itu sering banget muncul di anime shonen yang udah lama tayang. Time skip yang bagus itu umumnya butuh dua hal: bikin platform baru buat cerita yang seru dan perkembangan karakter, serta ngilangin bagian-bagian yang kurang menarik.

Nggak semua cerita bisa diceritain dengan cara yang lurus aja. Kalo nggak ada yang menarik terjadi, time skip di anime bisa bantu kita nggak perlu nungguin bagian yang nggak penting, dan langsung loncat ke bagian yang seru.

Time skip terbaik di anime yang bagus itu bisa kasih fokus ke hal-hal yang penting buat plot dan karakter, dan nggak perlu mikirin bagian-bagian yang nggak penting.

Nah, sekarang kita bahas beberapa contoh time skip terbaik di anime yang memberi perubahan signifikan pada jalan cerita.

Time skip terbaik di anime

One Piece

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip terbaik di anime
Sportskeeda

Kalo ngomongin time skip, pasti nggak bisa lewatin time skip One Piece, salah satu serial anime terpanjang. Perpisahan dan reuni kru Topi Jerami itu adalah momen penting banget. Time skip One Piece muncul di episode 516-517 versi anime, sementara veri manga terjadi di chapter 597-598.

Di One Piece, persahabatan dan keluarga itu segalanya. Setelah saudara laki-laki Luffy meninggal di Perang Marineford, anggota Bajak Laut Topi Jerami tersebar di seluruh dunia dan mengembangkan diri mereka sendiri selama dua tahun.

Periode pelatihan ini bikin latar belakang yang keren, peningkatan kekuatan, dan jalan baru menuju tujuan akhir para karakter.

Dragon Ball

time skip dragon ball
CBR

Franchise Dragon Ball selalu penuh dengan teori tentang alam semesta, akhirat, waktu, dan banyak lagi, yang bikin ada ruang buat semua jenis lompatan waktu, terutama di Dragon Ball Z.

Yang paling menonjol dan mungkin paling layak buat dinostalgia adalah periode setelah kekalahan Cell. Gohan yang tadinya polos udah tumbuh jadi remaja dan masuk ke masyarakat normal.

Time skip ini bikin momen ketenangan dalam seri Dragon Ball yang penuh gejolak, di mana Gohan bisa merasakan kepuasan hidup normal, dan kedamaian yang dia dan teman-temannya ciptakan.

Meski konflik baru muncul, Gohan bisa temukan teman baru dan keyakinan baru buat melawan kejahatan. Ini semua bikin Dragon Ball Z nggak cuma punya lompatan waktu yang paling ikonik, tapi juga lompatan waktu terbaik dalam sejarah anime.

Fairy Tail

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip fairy tail
Fictionhorizon

Para anggota terkuat guild Fairy Tail pergi ke Pulau Tenrou, pulau rahasia milik Fairy Tail, untuk ujian kenaikan level sebagai penyihir. Di tengah agenda itu, pulau itu diserang oleh Acnologia, seekor naga yang sangat kuat dan memiliki kekuatan sihir yang tak tertandingi.

Tanpa cara untuk melarikan diri atau memenangkan pertarungan ini, mereka diselamatkan oleh mantra spesial dari pendiri Fairy Tail yang diletakkan di Pulau Tenrou. Mantra bernama “Fairy Sphere” itu aktif dan membuat anggota Fairy Tail beku dalam suatu dimensi selama 7 tahun.

Kemudian, pulau itu menghilang, membeku dalam waktu, dan tidak muncul kembali sampai tujuh tahun kemudian. Selama waktu tersebut, guild Fairy Tail melemah amat siginfikan.

Setelah lewat 7 tahun, mantra Fairy Sphere non-aktif dan para anggota Fairy Tail di Pulau Tenrou kembali sadar. Mereka kembali untuk mengembalikan reputasi Fairy Tail seperti semula.

Assassination Classroom

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip assassination classroom
Otakuart

Sebuah anime tentang pendidikan, Assasination Classroom bawa adegan sekolah anime ke level yang baru, dengan memperkenalkan alien, pelatihan militer, dan kegiatan sekolah yang tampak biasa seperti perjalanan ke Kyoto.

Ceritanya mengikuti Nagisa, Kaede, dan Karma di kelas yang dianggap nakal dan ditempatkan di ruang kelas hutan terpencil, dan menawarkan twist tak terduga bahwa guru mereka adalah alien berkekuatan super yang harus dibunuh.

Time skip Assassination Classroom itu unik karena terjadi di episode terakhir, dan merupakan momen penutup. Anak-anak yang diajar oleh Koro-sensei udah tumbuh dewasa tujuh tahun setelah kematiannya dan menunjukkan hasil dari ajarannya meski kelas tersebut memiliki sifat permusuhan.

Code Geass

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip code geass
Amino

Musim pertama Code Geass berakhir dengan adegan seru di mana Suzaku dan Lelouch berusaha saling bunuh. Tapi, di musim kedua, Lelouch malah balik lagi ke sekolah.

Ini bikin bingung banget sampai akhirnya terungkap kalau ayahnya, Charles vi Brittania, udah nulis ulang semua ingatan Lelouch.

Jadi, Lelouch nggak ingat lagi kalau dia pernah coba gulingin pemerintahan Brittainian, atau punya adik perempuan. Malah, dia punya “adik laki-laki” baru bernama Rolo.

Dr. Stone

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip dr.stone
Everyeye

Dr. Stone itu ceritanya unik banget. Suatu hari, semua orang di bumi jadi batu. Tapi, ada bocah jenius bernama Senku yang berhasil keluar dari batu dan punya cukup kecerdasan buat bangkitin lagi peradaban manusia.

Ada 3.700 tahun yang berlalu antara semua orang jadi batu dan Senku bangkit. Senku harus pake semua ilmu dan keahliannya buat bangun lagi peradaban manusia. Tapi, semakin jauh dia maju, semakin banyak misteri yang terungkap.

Dr. Stone ini spesial banget karena nggak bakal ada tanpa time skip.

Attack on Titan

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip attack on titan
CBR

Kebanyakan anime shonen biasanya pake lompatan waktu biar karakter utamanya bisa latihan dan jadi lebih kuat. Tapi, Attack on Titan beda banget. Musim terakhirnya dimulai empat tahun setelah kejadian di musim ketiga. Jadi, kita nggak lihat apa yang udah dilakuin sama para protagonis utama di Paradis, tapi malah lihat apa yang ada di sisi lain samudra.

Time skip ini nggak cuma bikin nada dari seri ini berubah, tapi juga bikin penonton bisa lebih dekat sama karakter seperti Reiner dan merasa simpati sama para Eldian di Marley. Di akhirnya, kita bisa tau apa yang terjadi di Paradis selama lompatan waktu, dan setiap pengungkapan jadi semakin mengejutkan.

Death Note

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip death note
Discovernet

Momen penting di Death Note adalah ketika Light berhasil bunuh saingannya, L. Setelah itu, ada time skip.

Selama itu, Light kayaknya bakal berhasil jadi dewa yang bisa tentuin nasib para penjahat. Dia terus bunuh orang pake Death Note dan dapet lebih banyak pengikut, sambil pura-pura selidikin identitas Kira.

Hampir lima tahun berlalu sebelum Near dan Mello datang – Near sebagai pengganti L, dan Mello sebagai teroris yang juga mau cari Kira, tapi pilih cara yang lebih kejam dan nggak biasa.

Naruto

9 Time Skip Terbaik di Anime, Lompat ke Bagian Penting! - time skip naruto

Serial Naruto, Naruto Shippuden, dan Boruto itu semua terjadi di garis waktu yang linear, tapi setiap kali seri baru mulai, ada time skip.

Ada tiga tahun yang berlalu antara Naruto dan Naruto Shippuden, dan selama itu, Naruto latihan sama Jiraiya – meningkatkan teknik rasengan dan keterampilan taijutsu-nya. Sementara itu, Sakura latihan sama Tsunade, meningkatkan kekuatan fisiknya dan belajar ninjutsu medis, dan Sasuke belajar teknik terlarang sama Orochimaru.

Setelah Shippuden berakhir dan Boruto mulai, ada lompatan waktu lagi, yang ini setidaknya lima belas tahun. Selama itu, Naruto jadi hokage, nikah sama Hinata, dan punya dua anak. Karakter lainnya juga berubah, jadi orang tua dan bangun karier.

Itulah sejumlah time skip terbaik di anime yang berpengaruh signifikan pada keseluruhan jalan cerita. Meski terasa seperti kelanjutan cerita dengan cara yang instan, time skip seringkali dibuat agar jalan cerita tak bertele-tele.

Beberapa contoh time skip terbaik di anime di atas menunjukkan bahwa lini masa sebuah anime tak harus selalu linear. Umumnya, time skip membuat pembaca disuguhi cerita yang lebih spesifik dan jauh lebih menarik.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel