5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat!

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat!

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat!

DAFTAR ISI

Sediksi – Para pejuang skripsi wajib tahu beberapa website penyedia jurnal gratis berikut ini. Beberapa website ini sangat penting untuk kamu ketahui karena akan membantu kamu dalam menemukan beberapa referensi dari penelitian yang kamu lakukan.

Beberapa website ini bersifat open access, yang artinya siapa pun bisa membaca, mengakses, dan mengunduh jurnal atau artikel yang tersedia tanpa harus membayar.

Website-website ini biasanya dikelola oleh lembaga penelitian, universitas, penerbit, atau organisasi profesional yang ingin berbagi pengetahuan dan ilmu pengetahuan kepada publik.

Penasaran dengan apa saja website penyedia jurnal gratis yang bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi skripsi kamu? Berikut ini sudah Sediksi rangkum dan jelaskan dari berbagai sumber agar kamu lebih mudah menemukan jurnal yang kamu cari.

Website penyedia jurnal gratis 

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat! - 1000018982 1024x451 jpg
doaj

Website penyedia jurnal gratis yang pertama adalah DOAJ. Website ini berbasis di Swedia yang menyediakan akses terbuka bagi jurnal ilmiah dari seluruh dunia. DOAJ memiliki koleksi lebih dari 10.000 jurnal ilmiah dari lebih dari 130 negara, yang mencakup berbagai bidang ilmu, seperti kedokteran, teknik, pendidikan, hukum, dan lingkungan.

DOAJ juga memiliki fitur pencarian, filter, dan klasifikasi yang membantu kamu untuk menemukan referensi penelitian yang relevan dan terpercaya.

DOAJ juga menerapkan standar kualitas yang tinggi untuk jurnal ilmiah yang dimasukkan ke dalam situsnya, sehingga kamu bisa yakin bahwa jurnal ilmiah yang kamu baca adalah jurnal ilmiah yang berkualitas.

SpringerOpen

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat! - 1000018983 1024x490 jpg
springeropen

Website penyedia jurnal gratis berikutnya adalah SpringerOpen. Website ini dikelola oleh Springer Nature, salah satu penerbit ilmiah terkemuka di dunia. SpringerOpen menyediakan akses terbuka bagi lebih dari 300 jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Springer Nature, yang meliputi berbagai bidang ilmu, seperti sains, teknologi, kedokteran, humaniora, dan sosial.

SpringerOpen juga menjamin bahwa jurnal ilmiah yang tersedia di situsnya adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer review yang ketat dan sesuai dengan standar etika penelitian yang berlaku. Dengan mengunjungi SpringerOpen, kamu bisa mendapatkan jurnal ilmiah yang terbaru, terkini, dan berkualitas dari penerbit ilmiah yang terpercaya.

arXiv

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat! - 1000018984 1024x535 jpg
arxiv

Website penyedia jurnal gratis selanjutnya adalah arXiv. Website ini dikelola oleh Cornell University, sebuah universitas terkemuka di Amerika Serikat. arXiv menyediakan akses terbuka bagi lebih dari 1,8 juta artikel ilmiah yang berhubungan dengan bidang sains, matematika, fisika, statistik, biologi, ilmu komputer, dan ekonomi.

arXiv juga merupakan salah satu situs web yang paling populer di kalangan peneliti, karena banyak artikel ilmiah yang dipublikasikan di arXiv adalah artikel ilmiah yang belum dipublikasikan di jurnal ilmiah resmi, sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang paling baru dan terdepan dari bidang ilmu yang kamu minati. 

arXiv juga memiliki fitur pencarian, filter, dan kategori yang memudahkan pengguna untuk mencari artikel ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.

ResearchGate

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat! - 1000018985 1024x486 jpg
researchgate

Salah satu website penyedia jurnal gratis lainnya adalah ResearchGate. Website ini berfungsi sebagai jejaring sosial bagi para peneliti, akademisi, dan profesional. ResearchGate memiliki lebih dari 20 juta anggota dari berbagai bidang ilmu, yang saling berbagi, berdiskusi, dan berkolaborasi mengenai penelitian yang mereka lakukan.

ResearchGate juga menyediakan akses terbuka bagi lebih dari 130 juta artikel ilmiah yang diunggah oleh anggotanya, yang bisa kamu baca, unduh, atau kutip secara gratis. 

ResearchGate juga memberikan rekomendasi artikel ilmiah yang sesuai dengan minat dan bidang ilmu kamu, serta memberikan informasi mengenai peneliti, proyek, atau institusi yang terkait dengan artikel ilmiah yang kamu baca.

Dengan mengunjungi ResearchGate, kamu bisa mendapatkan jurnal ilmiah yang berasal dari sumber pertama, yaitu peneliti yang menulisnya, serta bisa berinteraksi dan berjejaring dengan mereka.

Public Library of Science (PLOS)

5 Website Penyedia Jurnal Gratis, Pejuang Skripsi Merapat! - 1000018986 1024x481 jpg
plos

Website penyedia jurnal gratis yang terakhir adalah PLOS. Website ini dikelola oleh organisasi nirlaba yang didirikan oleh para ilmuwan dan dokter, yang bertujuan untuk mempromosikan akses terbuka bagi penelitian ilmiah. 

PLOS menerbitkan tujuh jurnal ilmiah yang berkaitan dengan bidang sains dan kedokteran, yaitu PLOS Biology, PLOS Medicine, PLOS Computational Biology, PLOS Genetics, PLOS Pathogens, PLOS Neglected Tropical Diseases, dan PLOS ONE

PLOS juga menyediakan akses terbuka bagi lebih dari 250.000 jurnal ilmiah yang bisa kamu baca, unduh, atau kutip secara gratis. PLOS juga mendorong para peneliti untuk berbagi data, metode, dan hasil penelitian mereka secara transparan dan terbuka, sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat mengenai penelitian yang kamu baca.

Itulah beberapa website penyedia jurnal gratis yang wajib kamu kunjungi jika kamu ingin mencari referensi penelitian, bahan belajar, atau sekadar membaca untuk menambah wawasan. Dengan mengunjungi website-website ini, kamu bisa mendapatkan jurnal ilmiah yang berkualitas, terpercaya, dan terbaru dari berbagai bidang ilmu, baik nasional maupun internasional, tanpa harus membayar.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel