Apa Arti Kuudere: Tipe Karakter Anime yang Keren dan Kalem

Apa Arti Kuudere: Tipe Karakter Anime yang Keren dan Kalem

Apa Arti Kuudere

DAFTAR ISI

Sediksi – Jika kamu seorang penggemar anime dan manga, mungkin pernah menjumpai berbagai jenis karakter yang memiliki kepribadian dan perilaku yang berbeda.

Ada yang ceria dan energik, ada yang pemalu dan penakut, ada yang kejam dan obsesif, serta ada yang tenang dan kalem.

Tipe-tipe karakter ini sering dikategorikan dengan istilah Jepang “dere”, yang berarti “menjadi penyayang”. Salah satu tipe dere yang paling populer adalah kuudere.

Lalu apa arti kuudere? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Tanpa pengantar lebih panjang lagi, mari mengenal apa arti kuudere, simak sampai selesai.

Apa Arti Kuudere?

Megenai apa arti kuudere adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan karakter anime atau manga yang dingin (cool) dan tenang, serta jarang menunjukkan emosinya.

Mereka mungkin memiliki sisi kepedulian, tetapi mereka hanya menunjukkannya sesekali. Kata ini berasal dari istilah kuuru (クール) (‘dingin, tenang’) dan dere dere (デレデレ) (‘menjadi penyayang’).

Karakter Kuudere sering disalahpahami sebagai karakter yang dingin dan tidak berperasaan. Hal ini karena, dalam anime, mereka digambarkan sebagai orang yang tidak memiliki emosi dan tidak suka bersosialisasi.

Mereka biasanya berbicara dengan suara yang tenang, datar dan monoton, dan mereka tidak mudah bingung atau malu. Mereka juga sangat rasional dan logis, juga dapat menangani situasi yang penuh tekanan tanpa panik.

Namun, ini tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki perasaan. Mereka mungkin memiliki sisi lembut yang tersembunyi, terutama untuk kekasihnya, tapi mereka tidak mengungkapkannya secara terbuka. Mereka mungkin juga memiliki selera humor yang sarkastik atau kering, atau hasrat atau hobi yang tersembunyi.

Asal Istilah Kuudere

Apa Arti Kuudere: Tipe Karakter Anime yang Keren dan Kalem - Karakter Kuudere
Rei ayanami – Neon Genesis Evangelion/Image from nexushub

Sudah jelas kan tentang apa arti kuudere? Jika sudah, apakah kamu juga penasaran dari mana istilah ini berawal?, untuk tau jawabannya mari simak ulasan di bawah ini.

Istilah kuudere belum terlalu tua, karena istilah ini diciptakan pada akhir tahun 1990-an atau awal tahun 2000-an, bersama dengan jenis dere lainnya seperti tsundere, yandere, dan dandere.

Istilah ini dipopulerkan oleh budaya anime dan manga, terutama oleh para penggemar yang menggunakannya untuk mengklasifikasikan dan mendeskripsikan karakter favorit mereka.

Jika diperhatikan, Jepang kerap mengadaptasi suatu istilah Bahasa Inggris ke dalam Bahasa mereka, tentu dengan pengucapan yang mereka sendiri.

Nah, Istilah ini juga dipengaruhi oleh kata “cool” dalam bahasa Inggris, yang dapat memiliki berbagai arti dalam bahasa Jepang, seperti trendi, tegang, atau tanpa emosi.

Salah satu contoh karakter kuudere yang paling awal dan paling berpengaruh adalah Rei Ayanami dari Neon Genesis Evangelion, yang ditayangkan pada tahun 1995.

Rei adalah seorang gadis misterius dan pendiam yang mengemudikan robot raksasa yang disebut Evangelion. Dia memiliki kulit pucat, rambut biru, dan mata merah, dan dia jarang menunjukkan emosi atau reaksi.

Dia setia kepada komandannya, Gendo Ikari, dan dia mengikuti perintahnya tanpa pertanyaan. Dia juga memiliki ikatan khusus dengan sang protagonis, Shinji Ikari, yang tertarik padanya.

Karakter yang satu ini dianggap sebagai pola dasar dari tipe karakter kuudere, dan dia telah menginspirasi banyak karakter serupa lainnya dalam anime dan manga.

Mengapa Kuudere Menarik?

Karakter kuudere menarik karena berbeda dengan karakter anime dan manga pada umumnya, yang sering kali sangat ekspresif dan emosional.

Karakter Kuudere lebih realistis dan mudah dipahami, karena mereka mencerminkan kecenderungan manusia untuk menyembunyikan atau menekan perasaan seseorang.

Mereka juga menambahkan rasa misteri dan intrik pada cerita, karena pemirsa atau pembaca ingin tahu lebih banyak tentang latar belakang dan motivasi mereka.

Karakter Kuudere juga menarik karena memiliki kedalaman dan kompleksitas yang tersembunyi, dan mereka dapat mengejutkan penonton dengan tindakan atau reaksi yang tidak terduga.

Terlebih ini populer di kalangan penggemar yang suka shipping dengan karakter lain. Shipping adalah tindakan membayangkan atau mendukung hubungan romantis antara dua karakter fiksi, biasanya dari fandom yang sama atau berbeda.

Itulah ulasan dari apa arti kuudere, ini adalah istilah yang menggambarkan karakter anime dan manga yang dingin, tenang  serta jarang menunjukkan emosinya.

Mereka mungkin memiliki sisi kepedulian, tetapi mereka hanya menunjukkannya sesekali. Istilah ini berasal dari kata kuuru dan dere dere, dan dipopulerkan oleh budaya anime dan manga.

Karakter Kuudere menarik karena mereka kontras dengan karakter anime dan manga pada umumnya, dan mereka memiliki kedalaman dan kerumitan yang tersembunyi.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel