7 Aplikasi Layout Buku Terbaik dan Mudah Digunakan

7 Aplikasi Layout Buku Terbaik dan Mudah Digunakan

aplikasi layout buku

DAFTAR ISI

Menyusun tata letak buku memang bukanlah hal yang mudah, karena memerlukan keahlian khusus dengan software khusus. Selain itu juga diperlukan ketelitian dan kecermatan khusus, namun sekarang tidak usah bingung lagi karena ada beberapa aplikasi layout buku yang mudah digunakan.

Tidak perlu susah-susah lagi, kamu hanya perlu mempelajari beberapa fiturnya terlebih dahulu dengan tutorial pada aplikasi tersebut. Atau, kalau masih kurang jelas dengan tutorial pada aplikasi dapat mencoba melihat tutorial tahapan demi tahapan kemudian langsung mempraktikkannya.

Aplikasi Layout Buku Terbaik Yang Patut Dicoba

Beberapa aplikasi layout buku terbaik dibawah ini dapat kamu gunakan untuk merancang buku pribadi kamu sendiri. Atau memudahkan pekerjaan kamu dalam bidang setting layout di perusahaan percetakan. Bahkan kamu juga dapat menghasilkan uang dengan keahlian menggunakan aplikasi ini.

Adobe Indesign

Adobe adobe indesign adalah salah satu salah satu aplikasi desktop publishing yang sangat terkenal dan disukai banyak orang. Rata-rata para desainer grafis terutama yang berhubungan dengan tata letak buku menggunakannya.

Keunggulan dari Adobe indesign ini adalah mampu memberikan penawaran efek-efek yang mempunyai kualitas tinggi dan hasilnya yang sangat mengesankan. Selain itu, juga dapat membantu pengguna dalam memberikan pewarnaan yang akan kamu terapkan pada proses pencetakan.

Kemudian juga mempunyai fasilitas yang bernama package, yang merupakan fitur yang berfungsi untuk pengatur penyimpanan file kedalam flashdisk atau softcopy. Yang mana dalam CD tersebut terdapat dokumen, gambar, dan ukuran dengan otomatis.

BookSmart

Kemudian aplikasi selanjutnya yang rekomended adalah aplikasi layout buku Booksmart. Yang merupakan aplikaai buatan Blurb yang dapat kamu manfaatkan dengan gratis dan mudah digunakan oleh seorang pemula.

Meskipun syarat utamanya adalah kamu harus membuat akun Blurb terlebih dahulu dengan memasukkan email dan passwordnya. Aplikasi Booksmart ini memiliki halaman layout yang sudah tersedia, namun kalau kamu tidak menyukainya, maka dapat memodifikasi halaman layout sesuai kebutuhan yang kamu inginkan.

Sementara itu kekurangan aplikasi ini adalah hanya dapat digunakan pada komputer dengan basis Windows. Atau bisa juga digunakan pada MAC OS dengan spesifikasi minimal dual-core dan RAM 1 GB.

QuarkXPress

Kemudian aplikasi selanjutnya adalah QuarkXPress, meskipun bagiannya dalam dunia penerbitan tidak terlalu banyak. Namun pada saat ini merupakan aplikasi terbaik dalam mendesain layout interior dan sampul.

Setelah mengalami pembaharuan pada tahun 2015, akhirnya dapat menyediakan lebih banyak fitur terbaik dalam mendesain eBook interaktif. Kamu dapat mencobanya untuk menghasilkan layout terbaik sesuai keinginanmu.

BookletCreator

Aplikasi BookletCreator juga merupakan salah satu dari aplikasi layout buku yang disukai oleh para desainer untuk membuat layout buku karena keunggulannya. Bahlan dengan menggunakannya dapat membantu kamu dalam membuat layout buku dari berbagai dokumen.

Selain itu juga mempermudah pengguna dalam menata jenis halaman dan langsung mencetaknya sekaligus. Keunggulan lainya juga mampu menyelesaikan desain layout dengan mudah dan cepat karena mempunyai banyak fitur yang mendukung.

PDF Booklet

Bagi pengguna Windows dan Linux dapat memanfaatkan aplikasi gratis yang yang dapat kamu gunakan untuk membuat layout buku dari beberapa PDF. Bahkan dengan menggunakan PDF Booklet ini kamu akan mendapatkan keuntungan karena dapat membuat layout buku.

Selain itu juga dapat  menambahkan halaman kosong, menambahkan skala margin, dan mencetak langsung dokumen yang telah selesai dibuat. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini juga dapat melakukan transformasi dari satu halaman ke halaman lain yang terkoneksi aplikasi Linux PDF Shuffler.

Affinity Publisher

Kemudian selanjutnya ada Affinity Publisher. Yang merupakan aplikasi desain buku yang menawarkan banyak fitur menarik. Aplikasi ini sangat cocok dipakai untuk mendesain buku, koran, majalah dan juga media cetak lainnya.

Bahkan aplikasi ini juga menawarkan fitur berbagai instrumen grafik dan pengeditan. Mempunyai desain antarmuka yang ramah pengguna maka pengguna dapat belajar mendesain buku dengan mudah.

Adobe FrameMaker

Kemudian ada aplikasi Adobe FrameMaker yang diklaim sebagai aplikasi desain buku terbaik di kelasnya. Terutama bagi kamu yang mempunyai rencana untuk bekerja dengan file yang besar atau panjang dan rumit.

Karena aplikasi ini rata-rata juga dipakai untuk membuat buku non-fiksi dan berbagai jenis dokumen teknis. Selain itu juga dapat mengoptimalkan kinerja dan kreasi kamu ke perangkat yang berbeda dengan mudah. Bahkan dapat menghasilkan PDF, Responsif HTML5 atau mengekspor ekstensi yang dimaksudkan untuk ke Kindle.

Kelebihan lainnya adalah dapat menggunakan pengaturan otomatis untuk footer, header dan mudah menggeser konten dari bab serta paragraf. Sehingga banyak desainer yang mengandalkan kinerjanya untuk mempermudah pekerjaan.

Demikianlah aplikasi layout buku yang dapat kamu coba saat sedang membutuhkannya. Meskipun masih ada banyak lagi aplikasi yang dapat dicoba, namun 7 aplikasi tadi sudah dapat mewakili keinginan kamu dalam membuat tata letak buku yang menarik.