Asal-Usul Meme Patung Disembah, Sering Dipakai Membandingkan Sesuatu

Asal-Usul Meme Patung Disembah, Sering Dipakai Membandingkan Sesuatu

Asal-Usul Meme Patung Disembah

DAFTAR ISI

Sediksi – Pernahkah kamu melihat meme yang menunjukkan sekelompok orang yang menyembah patung biru raksasa, sambil membandingkan berbagai hal dengan cara yang lucu? Penasaran dengan asal-usul meme patung disembah ini?

Sebagai contoh, meme ini membandingkan berbagai jenis gorengan, dengan patung biru mewakili pisang goreng, dua patung yang lebih kecil mewakili tahu goreng dan singkong goreng, dan para penyembahnya mewakili camilan yang kurang populer.

Atau meme lain mungkin membandingkan platform media sosial yang berbeda, dengan patung biru mewakili Instagram, dua patung yang lebih kecil mewakili Facebook dan Twitter, dan para penyembahnya mewakili platform yang kurang populer.

Dalam artikel ini, akan menjelaskan asal-usul meme patung disembah, dan juga memberi sinopsis singkat tentang serial komik yang menginspirasinya, Solo Leveling.

Asal-Usul Meme Patung Disembah

Asal-Usul Meme Patung Disembah, Sering Dipakai Membandingkan Sesuatu - Meme Patung Disembah
image from Image from Facebook/PB Anime YT

Asal-usul meme patung disembah sebenarnya berasal dari sebuah adegan dalam serial komik Korea berjudul Solo Leveling, yang ditulis oleh Chugong dan diilustrasikan oleh Dubu.

Solo Leveling adalah kisah aksi fantasi yang mengikuti petualangan Sung Jin-Woo, seorang pemburu yang dianggap paling lemah di dunia di mana monster dan ruang bawah tanah terus bermunculan.

Serial komik ini didasarkan pada novel web dengan judul yang sama, yang diterbitkan secara online dari tahun 2016 hingga 2018.

Adegan yang menjadi sumber meme tersebut berasal dari chapter 6 dari serial komik tersebut, di mana Sung Jin-Woo dan rekan-rekan pemburunya terjebak di sebuah penjara bawah tanah yang berbahaya.

Di sana, mereka bertemu dengan berbagai monster yang kuat dan mematikan, termasuk sebuah patung besar berwarna biru yang disebut sebagai Patung Dewa.

Patung Dewa bukanlah patung biasa, melainkan makhluk hidup yang dapat bergerak dan menyerang siapa saja yang berdiri di hadapannya. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah dengan memecahkan teka-teki dan mengikuti serangkaian instruksi, salah satunya adalah dengan bersujud dan menyembah Patung Dewa.

Adegan ini diambil dan diedit oleh beberapa netizen kreatif, yang menambahkan keterangan dan gambar yang berbeda pada patung biru, dua patung yang lebih kecil, dan para penyembahnya, untuk membuat parodi dari situasi dan topik yang berbeda.

Patung biru biasanya digunakan untuk mewakili hal yang paling unggul atau populer, sementara dua patung yang lebih kecil digunakan untuk mewakili hal terbaik kedua dan ketiga, dan para penyembah digunakan untuk mewakili hal yang lebih rendah atau kurang disukai.

Meme ini sering digunakan untuk membandingkan merek, produk, selebriti, hobi, kesukaan, dan hal-hal lain dengan cara yang lucu dan sarkastik.

Sinopsis Solo Leveling

Jadi bagi yang familiar dengan meme tersebut, asal-usul meme patung disembah itu dari seri komik korea Solo Leveling. Seri ini bercerita tentang Sung Jin-Woo, seorang pemburu yang dikenal sebagai yang terlemah di dunia.

Pemburu adalah orang yang telah dihidupkan kembali dengan kekuatan supranatural setelah munculnya portal misterius yang menghubungkan dunia manusia dengan dimensi lain, di mana monster dan ruang bawah tanah berada.

Para pemburu ditugaskan untuk memasuki ruang bawah tanah dan memburu monster, untuk melindungi umat manusia dan mendapatkan uang.

Sung Jin-Woo adalah seorang pemburu rendahan yang nyaris tidak selamat dari setiap serangan penjara bawah tanah, dan sering berakhir di rumah sakit.

Dia memiliki kehidupan yang sederhana dan rendah hati, dan satu-satunya motivasinya adalah untuk mendukung ibunya, yang dalam keadaan koma, dan adik perempuannya, yang masih bersekolah.

Hidupnya berubah ketika dia dan sekelompok pemburu lainnya terjebak di ruang bawah tanah berlapis ganda, di mana mereka menghadapi situasi yang mengancam jiwa.

Di sana, Sung Jin-Woo berhasil bertahan hidup dan diberkati dengan kemampuan khusus yang memungkinkannya untuk naik level dan meningkatkan keterampilannya sebagai pemburu. Dia juga mendapatkan akses ke sistem yang memandunya dan memberinya misi dan hadiah.

Sung Jin-Woo memulai perjalanan untuk menjadi pemburu terkuat dan menjelajahi rahasia ruang bawah tanah dan portal. Di sepanjang perjalanan, ia bertemu dengan berbagai sekutu dan musuh, serta menghadapi banyak tantangan dan bahaya. Dia juga menemukan identitas dan takdirnya yang sebenarnya, serta nasib dunia tempat dia tinggal.

Sebagai kesimpulan, meme patung biru adalah meme yang populer dan lucu, asal-usul meme patung disembah ini berasal dari serial komik berjudul Solo Leveling, yang merupakan kisah aksi fantasi tentang seorang pemburu yang bangkit dari yang terlemah menjadi yang terkuat.

Meme ini sering digunakan untuk membandingkan hal-hal yang berbeda dengan cara yang lucu, menggunakan patung biru sebagai simbol hal terbaik, dan elemen lainnya sebagai simbol hal yang lebih rendah.

Serial komiknya sendiri merupakan kisah yang mendebarkan dan menawan yang telah menarik banyak penggemar dan pembaca, dan juga diadaptasi ke dalam video game dan drama.

Jika kamu tertarik untuk membaca serial komik ini, kamu dapat menemukannya secara online di berbagai platform, seperti KakaoPage, Webnovel, Tappytoon, dan lainnya.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel