Cara Bertanam Unik Tebu Giok Putih Muge: Khasiat Penambah Darah

Cara Bertanam Unik Tebu Giok Putih Muge: Khasiat Penambah Darah

Cara Bertanam Unik Tebu Giok Putih Muge

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Tebu giok putih muge adalah salah satu jenis tanaman yang berkualitas tinggi yang hanya ada di kota Muge, Provinsi Guangxi, bisa dibilang unik karena kandungan zat besi, dan dikenal sebagai tebu penambah darah.

Nah, yang unik dari tanaman yang satu ini bukan hanya khasiatnya, tapi juga cara bertanam unik tebu giok putih muge yang sangat berbeda daripada cara menanam tebu yang lain, yang dinamakan penanaman tandan.

Tanaman ini memiliki bentuk dan warna yang sama seperti tebu pada umumnya, yaitu batang tebu berwarna putih kehitaman.

Namun, tebu giok putih muge tidak bisa ditanam dengan cara biasa, karena tanaman ini membutuhkan perawatan khusus agar bisa tumbuh subur dan sehat. Lalu, bagaimana cara bertanam unik tebu giok putih muge yang benar? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Tebu Giok Putih Muge

Tebu giok putih muge adalah tanaman tebu yang hanya ditanam di daerah Muge, Guangxi, China dengan teknik penanaman yang unik, beda daripada yang lainnya.

Tanaman ini memang tanaman yang berasal dari China, yang memiliki kandungan gula cukup tinggi dan rasa manis. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan minuman teh manis.

Tebu giok putih muge memiliki ciri khas yaitu cara menanamnya yang unik, batang tebu yang dominan putih adalah hasil dari cara bertanam yang batangnya dihindarkan dari paparan sinar matahari dan hujan.

Batang tebu ini memiliki diameter sekitar 2-3 cm dan panjang sekitar 1-2 meter. Tanaman ini juga memiliki daun yang lebar dan runcing, cirinya tidak berbeda jauh dengan tebu pada umunya, yang membedakan adalah cara bertanam unik tebu giok putih muge.

Tebu giok putih muge memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, hingga dikenal sebagai tebu penambah dara, karena kandungan zat besi dari tanaman ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tanaman tebu lainnya atau pada umumnya.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis, sehingga cocok untuk dijadikan minuman segar.

Mengutip dari laman Zolima dari tulisan berjudul Why Sugarcane Juice Is a Summertime Favourite In Hongkong, tebu giok putih muge ini walaupun rasanya tidak semanis tebu hitam yang biasa ditanam di Guangdong, tapi di sisi lain, bersifat sejuk.

Maksudnya adalah, dari perspektif medis Tiongkok, sari tebu ini membantu menghilangkan kelebihan panas dan kelembapan dalam tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus tebu yang baru diperas mengandung kalium, fosfos, magnesium, kalsium, zat besi dan sejumlah vitamin lainnya.

Cara Bertanam Unik Tebu Giok Putih Muge

Cara Bertanam Unik Tebu Giok Putih Muge: Khasiat Penambah Darah - Tebu Giok Putih Muge jpg
Image from Youtube/Ooh Begitu

Nah, itulah dia penjelasan tentang apa itu tebu giok putih muge, lalu memang seperti apasih cara bertanam unik tebu giok putih muge ini?

Tebu giok putih muge tidak ditanam dengan cara yang biasa, tanaman ini memang dirawat dengan perawatan yang khusus agar bisa tumbuh subur dan sehat.

Seperti yang telah disinggung sedikit di awal, cara bertanam unik tebu giok putih muge ini dinamakan dengan penanaman tandan yang hanya ada di kota Muge provinsi Guangxi, China. Teknik penanaman ini diperkirakan sudah ada sejak akhir masa dinasti King.

Teknik penanaman tebu ini awalny disiapkan lubang tanam berbetuk lingkaran yang digali sedikit dalam berdiameter 30 cm atau secukupnya untuk 3 batang ruas tebu yang diletakkan horizontal dengan tanah, dan ditata seperti membentuk segitiga.

Lalu saat bibit tebu tumbuh, bibit tersebut akan dibungkus dengan daunnya sendiri setiap 25 hari sekali sekitar setengah meter tiap waktu pembungkusannya.

Keseluruhan proses pertumbuhan sekitar 5 sampai 6 kali pembungkusan hingga panen. Cara bertanam unik tebu giok putih ini efektif untuk mencegah batang tebu itu sendiri untuk terkena paparan sinar matahari atau air hujan, serta alasan lainnya adalah mengurangi dampak kerusakan dari serangan hama dan penyakit.

Sehingga teknik inilah yang menyebabkan kulit tebu tampak putih dan empuk serta daging tebunya yang renyah dan rasanya yang manis.

Itulah cara bertanam unik tebu giok putih muge, sebuah teknik menanam yang diwariskan turun temurun di daerah Muge, Guangxi, China.

Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman segar yang menyehatkan. Caranya adalah dengan memeras batang tebu giok putih muge, lalu mencampurkan air perasannya dengan air dingin, es batu, dan gula pasir sesuai selera.

Dengan manfaat yang berlimpah dan rasanya yang manis, ini memang biasa jadi minuman yang banyak dikonsumsi saat musim panas. Semoga artikel ini menambah wawasanmu, dan semoga bermanfaat.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel