6 Tips Anti Gagal Mengatasi Rasa Malas Setelah Liburan

6 Tips Anti Gagal Mengatasi Rasa Malas Setelah Liburan

mengatasi rasa malas setelah liburan

DAFTAR ISI

Sediksi – Bagaimana sih mengatasi rasa malas setelah liburan yang menyenangkan dan panjang? Kok biasanya kita jadi agak malas untuk kembali ke rutinitas yang menjemukan, ya?

Apalagi saat membayangkan tugas-tugas yang menumpuk di meja kantor atau mengingat bahwa harus bangun pagi untuk kuliah dan sekolah.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara ampuh dari Sediksi untuk mengatasi rasa malas setelah liburan dan memulai lagi dengan semangat baru di tahun baru.

Cara Mengatasi Rasa Malas Setelah Liburan

Mulailah dengan Membuat Rencana

cara mengatasi rasa malas setelah liburan
Unsplash/Marten Bjork

Salah satu manfaat liburan adalah memberi jeda dari rutinitas sehari-hari. Percaya deh, bahwa rutinitas itu nggak seburuk yang kamu kira kok. Apalagi jika kamu udah punya bayangan nih, rencana apa saja yang akan kamu lakukan ke depannya.

Langkah pertama untuk mengatasi rasa malas pasca liburan adalah bikin planning. Luangkan beberapa menit untuk duduk dan merinci tugas-tugas yang perlu diselesaikan. Rencana ini akan menjadi panduanmu untuk mengorganisir pekerjaan dan memastikan tidak ada yang terlewat. Saat melihat daftar tugas yang rapih, kamu akan merasa lebih termotivasi untuk mulai aktivitas harianmu.

Apalgi jika kamu tambahkan apa milestone yang perlu kamu lewati untuk mencapai impianmu. Oh iya, kasih ilustrasi dan tempel di dinding kamar atau meja kerja biar kamu tetap semangat.

Tetapkan Tujuan yang Realistis

Seringkali, rasa malas muncul bukan karena aktivitas harianmu. Namun karena kamu menetapkan tujuan yang terlalu tinggi dan sulit dicapai dalam waktu yang singkat. Tetapkan tujuan yang realistis dan pecah menjadi tugas-tugas yang lebih kecil.

Ini akan membuat pekerjaan terasa lebih mudah dan memberikan kepuasan saat Anda menyelesaikan setiap langkah. Menikmati pencapaian-pencapaian kecil itu lebih baik daripada nggak ngapa-ngapain, kan? Yuk, mulailah menghargai pencapaianmu selama ini.

Mengingat Kembali Alasan dan Motivasimu

6 Tips Anti Gagal Mengatasi Rasa Malas Setelah Liburan - cara mengatasi perasaan malas setelah liburan 1024x682 jpg
Unsplash/Randy Tarampi

Setiap pekerjaan atau pelajaran pastinya memiliki sisi menariknya sendiri. Coba deh, ingat-ingat apa yang membuat kamu antusias dan fokus pada aspek tersebut. Mungkin ada proyek menarik di tempat kerja atau topik tertentu yang menarik perhatianmu di sekolah.

Fokus pada aspek positif ini dapat memberikan dorongan tambahan untuk mengatasi rasa malas. Apalagi kalau diingat-ingat, pasti terbersit rasa kangen akan suasana dan teman-teman kantor atau sekolah, kan?

Lakukan Pembiasaan Secara Perlahan

Liburan seringkali mengacaukan rutinitas harian yang teratur. Untuk mengatasi rasa malas, bangun kembali rutinitasmudengan perlahan. Jangan menunggu hari pertama masuk kerja atau sekolah.

Artinya, biasakanlah dirimu sebelum dirimu dibiasakan sama kondisi yang nggak enak. Kamu punya keleluasaan yang lebih daripada apa yang kamu bayangkan, kok.

Mulailah dengan bangun pagi pada waktu yang konsisten dan ikuti langkah-langkah harian yang biasa kamu lakukan. Rutinitas yang konsisten dapat membantu mengembalikan disiplin dan mengurangi rasa malas.

Temukan Sumber Inspirasi Baru

Cari sumber inspirasi baru untuk memotivasi diri setelah liburan. Sumbernya banyak. Bisa berupa buku motivasi, podcast, atau bahkan obrolan daging dengan orang-orang yang kamu anggap inspiratif.

Inspirasi baru dapat membantu membakar kembali semangat yang mungkin redup setelah liburan. Oh iya, jangan lupa bahwa lingkungan menentukan prestasi. Maksudnya buatlah dirimu dikelilingi oleh hal-hal dan orang-orang yang bisa menginspirasi.

Jangan takut buat mengatakan tidak pada lingkungan yang menurutmu toksik, ya.

Jangan Ragu untuk Meminta Dukungan

Jika rasa malas terasa terlalu berat, jangan ragu untuk meminta dukungan dari teman, keluarga, atau rekan kerja. Berbicaralah tentang perasaanmu dan bagaimana kamu berencana untuk mengatasi rasa malas tersebut. Mereka mungkin memberikan perspektif baru atau bahkan menawarkan bantuan praktis.

Selain itu, ada trik yang bisa kamu lakukan di hari-hari terakhir liburan. Misal mengundang teman sekolah untuk hangout atau mengajak rekan kerja berangkat ke kantor bersama-sama. Hal ini bisa nge-boost mood buat menjalani rutinitas kembali dengan saling berbagi obrolan.

Mengatasi rasa malas setelah liburan memang tidak selalu mudah. Tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa kembali ke puncak produktivitas. Bahkan melampaui apa yang sudah kamu capai selama ini.

Ingat bahwa ini adalah awal baru yang penuh potensi. Jadi nikmatilah prosesmu dan jalanilah dengan optimal. Semoga tips yang Sediksi berikan bisa membantu!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel