9 Cara Melepas Penat dari Rutinitas Sehari-hari

9 Cara Melepas Penat dari Rutinitas Sehari-hari

Merasa bosan dengan kegiatan yang monoton? Melakukan kegiatan berbau seni dapat membuat Anda menjadi lebih rileks. Berhentilah sejenak dari rutinitas sehari-hari.
Foto RobinHiggins/Pixabay

DAFTAR ISI

Tak hanya tubuh yang merasa lelah, rutinitas sehari-hari yang padat juga dapat membuat pikiran menjadi lelah. Pikiran yang lelah acap kali membuat Anda merasa bosan dalam berkegiatan. Untuk mengatasinya, beberapa rekomendasi berikut dapat Anda terapkan untuk menghilangkan melepas penat.

Tips Rehat dari Rutinitas Sehari-hari

1. Istirahat

Rasa bosan bisa jadi muncul karena pekerjaan dalam rutinitas sehari-hari dilakukan secara berlebihan. Untuk mengatasi hal itu, cara yang paling ampuh adalah memanfaatkan waktu untuk istirahat. Istirahat yang paling ampuh adalah tidur karena bisa kembali membuat tubuh Anda merasa segar.

Tak melulu tidur, sekadar duduk santai sambil menikmati secangkir teh hangat juga dapat disebut sebagai istirahat. Istirahat dengan cara semacam ini akan terasa semakin lengkap apabila ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat favorit Anda.

2. Bermain Game

Salah satu cara mengatasi rasa bosan yang paling lazim adalah dengan bermain game. Selain menyenangkan, rupanya game dapat mengatasi depresi yang sering ditimbulkan oleh stres. Dengan bermain game, sejenak Anda akan melupakan masalah dan fokus pada permainan.

Tak perlu jauh-jauh, saat ini sudah banyak android game yang bisa diakses menggunakan ponsel pintar Anda. Namun, bermain game yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan Anda. Selain dapat menimbulkan kecanduan, bermain game di ponsel secara berlebihan dapat membuat kesehatan mata Anda menjadi terganggu.

3. Menulis

Saat sedang bosan seringkali membuat pikiran melayang membayangkan hal-hal yang telah berlalu. Dalam suasana hati yang seperti ini, Anda bisa menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan. Biasanya, menulis puisi atau buku harian dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Menulis tak hanya dapat menghilangkan rasa bosan, tapi juga dapat mengembalikan mood Anda. Selain itu, menulis dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan mencegah Anda terserang demensia.

4. Membaca Buku

Bagi Anda yang gemar membaca, mengatasi rasa bosan dengan membaca buku dapat menjadi pilihan. Tak perlu membaca buku-buku berat, Anda bisa memilih novel fiksi atau mungkin buku seni yang menyuguhkan gambar-gambar menarik. Buku-buku komedi juga bisa membuat Anda merasa terhibur.

Selain menambah wawasan, membaca buku dapat meningkatkan ketrampilan menganalisa dan kemampuan berfikir yang dapat membantu meningkatkan performa Anda dalam menghadapi sesuatu. Tak hanya itu, membaca buku memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menekan hormon stres, mencegah demensia, dan meningkatkan konsentrasi.

5. Karaoke

Selalu merasa bosan bisa jadi suatu indikasi Anda mengalami stres atau tekanan. Ketika tidak bia mengungkapkannya dengan kata-kata, Anda bisa menyalurkan pikiran Anda dengan cara menyanyi atau karaoke. Memilih lagu yang sesuai dengan suasana hati akan membuat Anda lebih mudah dalam meluapkan beban pikiran.

Tak hanya lagu yang sesuai suasana hati, ternyata lagu-lagu berirama ceria bisa mengembalikan semangat Anda untuk menjalani aktivitas kembali. Rasa bahagia yang ditimbulkan saat karaoke terjadi karena keluarnya hormon endorphin atau yang biasa disebut dengan hormon bahagia.

6. Hang Out

Ketika sedang merasa bosan, keluar dari rumah dan mencari udara segar rupanya dapat mengurangi rasa bosan. Jalan-jalan ke mall atau sekadar nongkrong di café bisa membuat Anda merasa lebih tenang. Hang out atau jalan-jalan sendirian bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa mengambil waktu untuk liburan dan bersenang-senang.

Bagi Anda yang suka bersosialisasi, hang out dengan teman adalah pilihan terbaik agar Anda tak merasa kesepian. Selain itu, berbicara dengan orang lain akan membuat Anda jauh merasa lebih baik. Apalagi jika bisa menceritakan beberapa keresahan Anda dengan sahabat, berbagi solusi, dan saling menguatkan.

7. Liburan

Bagi Anda yang sedang bosan dan memiliki waktu luang, manfaatkan waktu Anda untuk berlibur. Pergi ke tempat-tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi akan membuat pikiran Anda segar kembali. Bagi Anda yang suka menyendiri, pergi ke pantai bisa menjadi pilihan untuk merenung dan mengembalikan semangat Anda dalam beraktivitas.

Bagi Anda yang mudah bergaul, cobalah mengajak sahabat Anda untuk pergi bersama. Piknik atau camping adalah pilihan menarik yang bisa Anda lakukan dengan orang-orang terdekat. Meluangkan waktu untuk liburan adalah cara yang tepat untuk membuat emosi Anda tetap stabil dalam menghadapi aktivitas sehari-hari.

8. Nonton Film

Cara terbaik menghilangkan kebosanan selanjutnya adalah dengan menonton film. Menonton film akan membuat Anda melihat sisi-sisi lain dalam kehidupan yang bisa jadi membuat Anda terinspirasi. Selain itu, suguhan visual yang indah akan membuat Anda merasa senang.

Anda bisa menonton film ke bioskop dengan teman Anda untuk berbagi keseruan. Tapi, bagi Anda yang sulit meluangkan waktu, menonton film sendiri juga tidak menjadi masalah. Bahkan, saat ini Anda bisa mengunduh atau streaming film di internet dengan mudah.

9. Melakukan Kegiatan Seni

Merasa bosan dengan kegiatan yang monoton? Melakukan kegiatan berbau seni dapat membuat Anda menjadi lebih rileks. Berhentilah sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Bagi Anda yang bisa memainkan musik, cobalah memanfaatkan waktu Anda untuk memainkan alat musik sebagai pelepas penat.

Tak hanya bermain musik, Anda juga bisa membuat benda-benda DIY (Do It Yourself) yang menarik sebagai pajangan. Selain menambah kreatifitas, aktifitas menarik seperti ini dapat menghilangkan stres dan mengatasi rasa bosan.

Rasa bosan seringkali menyerang ketika Anda merasa lelah atau tertekan akibat rutinitas sehari-hari yang membosankan. Kegiatan yang itu-itu saja juga bisa meningkatkan potensi kebosanan seseorang.

Rasa bosan berlebihan bisa membuat Anda menjadi tak bersemangat bahkan pada suatu titik tertentu dapat berkembang menjadi masalah mental. Karena itu, segeralah atasi rasa bosan Anda dan hidup lebih sehat.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut