Cara Menggalang Dana Biaya Menggelar Acara Pensi

Cara Menggalang Dana Biaya Menggelar Acara Pensi

cara menggalang dana

DAFTAR ISI

Pentas seni alias Pensi adalah salah satu acara yang paling dinantikan di sekolah. Acara yang umumnya digelar setiap satu tahun sekali ini menjadi ajang para siswa untuk bergembira dan rehat sejenak dari kesibukan pelajaran.

Tentunya para siswa ingin ajang pensi digelar semaksimal mungkin, dengan panggung  megah, dekorasi mewah, dan tentunya mengundang artis-artis keren.

Meski demikian, untuk membuat pensi yang megah, tentu butuh modal tak sedikit. Sebagai contoh, ketika ingin mendatangkan penyanyi Tulus, maka butuh tahu berapa biaya mengundang tulus untuk memudahkan rancangan anggaran.

Apalagi, tidak jarang ajang pensi memerlukan dana hingga ratusan juta rupiah. Pihak panitia pun kerap dibuat frustasi dalam mencari sponsor sebagai sumber pendanaan.

Sebelum bergerak mencari sponsor untuk pembiayaan acara, simak terlebih dulu kira-kira dana apa saja yang dibutuhkan dan berapa besarannya.

Alokasi Dana Pensi

Venue

Besaran biaya untuk venue tergantung pada lokasi Anda menggelar pensi. Jika Anda menggelarnya di lapangan atau aula sekolah, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan.

Tapi, jika Anda ingin menggelarnya di ballroom sebuah gedung, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 hingga 20 juta. Semakin bagus tempat yang Anda pilih, maka semakin besar pula dana yang Anda butuhkan.

Peralatan

Acara Pensi butuh banyak peralatan pendukung, seperti panggung, sound system, kamera, lampu, dan mic. Anda akan membutuhkan dana untuk mendapatkan atau menyewa peralatan tersebut.

Umumnya, Anda butuh dana sekitar Rp 40 hingga 50 juta. Hanya saja, itu tergantung lagi dari banyaknya peralatan yang Anda butuhkan.

Konsumsi

Pada hari H gelaran, Anda juga butuh menyiapkan konsumsi. Tentu Anda tak mau semua orang yang terlibat di acara kelaparan bukan? Setidaknya, Anda perlu menyiapkan makanan berat dan snack. Jangan lupa siapkan minuman air putih. Untuk keperluan ini, Anda butuh dana sekitar Rp 10 juta.

Bintang tamu

Salah satu aspek yang paling besar menyedot anggaran adalah untuk bintang tamu. Apalagi, jika Anda ingin mengundang bintang tamu yang sudah terkenal.

Kemungkinan Anda membutuhkan dana Rp 100 juta untuk satu penyanyi saja. Untuk mengakalinya Anda bisa mengundang satu bintang tamu yang sangat terkenal dan sisanya artis ‘kelas menengah’. Sehingga, Anda membutuhkan dana lebih kurang Rp 200 juta untuk bintang tamu.

Apabila semua keperluan tersebut ditotal, berarti Anda memerlukan dana Rp 280 juta. Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan anggaran tersebut asal Anda menemukan sponsor yang tepat. 

Cara Menarik Perhatian Sponsor untuk Gelontorkan Dana

Setelah menyusun kerangka kegiatan dan anggaran, tentu tugas Anda selanjutnya adalah mendapatkan uang untuk menggelar acara. Salah satunya melalui sponsor. Berikut adalah langkah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan dana dari sponsor.

Datangkan Artis yang Keren

Hal ini menjadi salah satu yang paling bikin dilema saat jadi panitia pensi sekolah. Yakni menentukan bintang tamu. Pastikan jika bintang tamu yang Anda undang sesuai dengan konsep pensi yang telah dibuat.

Brainstorming Konsep Pensi

Bukan pensi jika Anda cuma mengandalkan guest star. Panitia juga harus memiliki konsep unik yang akan memorable banget. Pernahkah Anda kepikiran untuk mengubah kelas menjadi taman bermain, bikin panggung pensi seakan di tengah pasar malam atau lautan luas, atau bahkan hias sekolahmu kembali ke masa tahun 80-an.

Ide ini memang kreatif, sehingga akan menjadikan pensi Anda lebih menarik. Cobalah mencari inspirasi dari acara lain.

“Di pensi lain, ada tema yang bisa Anda ambil. Acara di luar pensi juga tidak apa-apa, intinya sering eksplor saja,” Ardian Eka Putra, Founder Info Pensi.

Panitia Solid

Salah satu tantangan terberat jadi panitia pensi sekolah adalah kumpulan persoalan yang tidak jarang terjadi. Meski terlihat begitu sepele, namun drama yang ada di balik panggung ini bisa membuat kekompakan panitia hilang. Kemudian, pensi pun jadi gagal. Saat pembentukan panitia, sebaiknya lakukan pengenalan atau kumpul bersama terlebih dulu. 

Nah, di sini tugas panitia inti untuk bisa melakukan tukar pikiran setiap personel dan meleburkan setiap perbedaan yang ada. Adu ide dan kreativitas dapat disampaikan dengan cara yang baik. 

Publikasi yang Keren

Jika ingin pensi sekolah Anda ramai, panitia juga harus fokus dengan publikasi. Manfaatkan media sosial sebagai ajang promosi pensi. Tapi, tidak hanya share dan posting, namun pastikan materi juga mendukung.

Mulai dari foto instagramable dengan konsep unik, isi feed dengan video hingga minta orang-orang di sekitar Anda yang punya followers banyak untuk ikut posting.

Selain online, panitia juga perlu menyasar calon pembeli lewat jalur tiket pensi offline. Anda dan panitia bisa promo ke sekolah lain, acara car free day hingga promo ke radio. 

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut