Manfaat Magang yang Penting Banget untuk Dipertimbangkan

Manfaat Magang yang Penting Banget untuk Dipertimbangkan

Manfaat Magang yang Penting Banget untuk Dipertimbangkan
Image from Pixabay

Saat persaingan mencari kerja meningkat, magang merupakan pilihan masuk akal untuk mencari pengalaman. Magang bisa memberi siapapun kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Manfaat magang yang diperoleh bisa membuat orang-orang berkembang secara pribadi maupun profesional.

Kesempatan magang terbuka lebar untuk generasi muda. Di pendidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), misalnya, magang merupakan keharusan. Pasalnya, siswa SMK dipersiapkan menjadi lulusan yang siap bekerja. Praktis, keterampilan mereka menjadi bekal sebelum terjun di dunia kerja.

Sementara di jenjang sarjana maupun diploma, kesempatan magang juga terbentang luas. Mahasiswa diploma memperoleh porsi pembelajaran praktik lebih banyak ketimbang teori. Sementara, mahasiswa di jalur sarjana lebih banyak mempelajari teori.

Kita tahu, masing-masing kampus memiliki kebijakannya sendiri soal apakah mahasiswa mereka mesti menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau memilih magang. Tetapi, yang jelas memperoleh kesempatan magang merupakan sebuah anugerah. Secara umum, mahasiswa mestinya lebih matang saat menjalani proses magang.

Maka, selagi masih ada kesempatan, kesempatan magang mesti dipertimbangkan secara serius. Bahkan, orang-orang yang sudah tuntas sekolah pun juga banyak magang, kok. Sembari mempersiapkan diri, beragam manfaat magang ini bisa diperoleh generasi muda.

6 Manfaat Magang Untuk Mengembangkan diri

Kewajiban Memaksamu Belajar Lebih

Saat magang, kamu mungkin memperoleh tekanan agar bekerja sedikit di atas kemampuanmu. Ini merupakan keuntungan yang bisa segera kamu dapatkan. Sekalipun tampak berat, kamu tetap berhak untuk belajar hal-hal baru.

Kamu boleh berpikir tekanan itu menyulitkan, tetapi di satu sisi, mempelajari apa yang belum kamu kuasai itu nggak bisa dimiliki banyak orang. Ingat, keterampilan untuk menyelesaikan persoalan itu nilainya amat besar.

Memperkuat Pemahaman Bidang yang Kamu Tekuni

Pengetahuan bisa didapat dari mana saja. Bukan hanya dari buku dan sesi-sesi perkuliahan yang kadang-kadang terasa membosankan. Di tempat kerja, kamu bisa secara langsung melihat, mencoba lalu menyimpulkan sendiri apa yang bisa kamu pelajari. Yup, magang memberimu kesempatan memperluas wawasan secara langsung melalui pengalaman di lapangan.

Meningkatkan Keterampilan Praktis

Magang akan memberimu kesempatan berlatih untuk ‘melakukan’ bukan hanya ‘memikirkan’. Apa sih maksudnya? Contohnya gini, misalnya kamu ingin bisa berenang. Kamu sudah baca buku dan lihat tutorial cara berenang. Saat nyebur kolam renang, bisakah kamu langsung berenang? Kemungkinan besar tidak. Setelah tahu dasar-dasarnya, kamu punya ruang untuk mempraktikkannya. Saat sudah bisa pun, seperti kata pepatah, “practice makes perfect”.

Mengasah Soft Skills

Kemampuan komunikasi dan kerjasama adalah dua contoh soft skill yang sangat penting di dunia kerja. Memang benar bahwa keterampilan seperti itu juga bisa dilatih dengan cara lain, tidak harus dengan magang. Bedanya, magang akan menyajikan situasi dan tantangan yang berbeda. Di sana kamu perlu berinteraksi dengan orang lain yang punya latar belakang pendidikan, pengalaman, budaya, agama bahkan usia yang berbeda-beda. Tentu interaksi yang terjadi di dalamnya akan sangat unik, menarik dan bisa melatih soft skill dalam dirimu supaya jauh lebih berkembang.  

Membentuk Sikap Kerja

Magang tampaknya cocok untuk kita-kita yang kesulitan menghadapi tekanan. Meski cuma anak magang, sangat mungkin kita dituntut melakukan pekerjaan sama baiknya dengan karyawan lain.

Selain bisa mempelajari bagaimana menyesuaikan diri pada dunia kerja, ini kesempatan bagus untuk mempelajari cara senior bekerja. Supaya bisa menjalaninya dengan baik, kamu membutuhkan sikap bertanggung jawab, disiplin, teliti, hingga kerja keras. Secara tidak langsung magang bisa membantumu membentuk dan meningkatkan kualitas sikap kerja, yang pasti akan sangat berguna bagi masa depanmu.

Membuka Peluang Karir

Selain bisa kamu gunakan sebagai jalan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, magang juga bisa kamu gunakan sebagai pembuka jalan menuju impian.

Coba bayangkan jika kamu adalah seorang supervisor di perusahaan, lalu kamu mengetahui ada anak magang yang punya kemauan tinggi untuk belajar, sangat bersemangat menyelesaikan tugasnya, tidak pernah telat, pandai bergaul dan jarang mengeluh. Tidakkah kamu ingin menariknya untuk seterusnya bekerja bersamamu? Apalagi jika situasinya perusahaan memang sedang butuh orang untuk menempati posisi yang sesuai dengan keterampilan dan kepribadian si anak magang itu.

Kalau sudah melihat sendiri bagaimana bagusnya kinerja seseorang, kenapa harus repot mencari yang lain yang belum pasti? Artinya, magang bisa saja memperbesar peluang ke karir kita.

Nantinya, pengalaman magang juga bisa memperkuat profil dirimu di hadapan perekrut ketika kamu melamar pekerjaan di tempat lain. Kamu bisa mendapat nilai lebih loh karena dianggap sudah pernah punya pengalaman di dunia kerja.

Sebelum memasuki dunia kerja, beragam manfaat magang itu perlu kamu pertimbangkan dengan saksama.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp