Sekolah Digratiskan, Bagaimana Sistem Pendidikan di Swiss?

Sekolah Digratiskan, Bagaimana Sistem Pendidikan di Swiss?

Sistem pendidikan di Swiss jadi salah satu yang terbaik di dunia. Pemerintah daerah mereka mengalokasikan 90% anggaran untuk pendidikan.
sistem pendidikan di swiss
Foto: Pixabay.com

DAFTAR ISI

Sistem pendidikan di Swiss adalah salah satu yang paling maju di dunia. Swiss adalah pilihan utama bagi banyak siswa yang ingin belajar secara internasional. Sistem ini mapan baik secara fungsional maupun akuntabilitas.

Pendidikan Swiss juga merupakan sistem yang sangat terbuka. Siapapun yang memiliki kualifikasi yang diperlukan pada umumnya dapat mengikuti program studi pilihannya, dan universitas yang dihadiri juga dapat dipilih secara bebas.

Ciri Khas Sistem Pendidikan di Swiss

Administrasi dan pengaturan sistem sekolah di Swiss dibuat oleh kanton dengan kerangka kerja yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Setiap kanton menetapkan kalender sekolah, kurikulum, dan kriterianya.

Sistem tersebut diawasi oleh Sekretariat Negara untuk Pendidikan, Penelitian dan Inovasi (SERI) . Desentralisasi memiliki keuntungannya sendiri, meskipun dapat mempersulit orang untuk memindahkan anak-anak mereka dari satu kanton ke kanton lain.

Ciri khas sistem pendidikan di Swiss adalah memperhatikan keinginan dan kemampuan siswa. Atribut ini dilakukan dengan mendiversifikasi berbagai arah yang dapat diambil siswa setelah mereka menyelesaikan pendidikan dasar.

Swiss sendiri menganut sistem desentralisasi. Sistem pendidikan di swiss sepenuhnya dikelola oleh masing-masing kanton atau setara dengan provinsi namun memiliki otoritas sendiri. Kendati demikian, setiap kanton memiliki kesamaan yakni menyadari keberagaman yang ada.

Berapa Tahun Sekolah Dasar di Swiss?

Mayoritas siswa di Swiss menyelesaikan 11 tahun pendidikan wajib di sekolah negeri di kota tempat mereka tinggal. Sekitar 5% bersekolah di sekolah swasta.

Swiss juga memiliki beberapa sekolah swasta terbaik dan termahal di dunia, mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas. Pendidikan adalah wajib bagi semua anak dan remaja dari usia 9 hingga 11 tahun.

Anak-anak memulai wajib belajar ketika mereka berusia sekitar empat sampai enam tahun sampai sekitar ketika mereka berusia 15 tahun. Kanton juga mengatur ini.

Meskipun ada sekolah swasta di Swiss, sebagian besar siswa bersekolah di sekolah negeri di daerah setempat. Hal ini membawa keragaman sehingga anak-anak dapat mengalami banyak latar belakang yang berbeda, termasuk latar belakang linguistik atau bahasa.

Biaya Pendidikan di Swiss

Pada umumnya biaya pendidikan di Swiss tidak mahal. Terlebih jika dibandingkan dengan yang ada di Amerika Serikat dan Inggris.

Hal ini karena sistem pendidikan di Swiss hampir seluruhnya menggunakan anggaran dari kanton setempat dan pemerintah kota. Kurang lebih 90% dari total pengeluaran publik dialokasikan untuk pendidikan.

Oleh karena itu, sekolah negeri di Swiss tidak memungut biaya sepeserpun. Selain itu, siswa juga tidak diharuskan memakai seragam sekolah.

Belajar di Swiss Pakai Bahasa Apa?

Bahasa pengantar adalah Jerman, Prancis, Italia atau Romansh, tergantung pada wilayah sekolah. Secara tradisional, pembelajaran bahasa memiliki peran penting di Swiss. Siswa belajar bahasa resmi kedua Swiss serta bahasa Inggris selama tahun-tahun sekolah wajib mereka.

Globalisasi berarti bahwa bahasa Inggris sekarang bersaing dengan bahasa nasional dalam sistem sekolah. Ada banyak kontroversi tentang hal ini di Swiss dengan beberapa bersikeras pada nilai bahasa nasional untuk persatuan nasional, dan yang lain mengatakan bahasa Inggris harus menjadi prioritas utama.

Pada tingkat yang lebih mendasar, bahasa adalah masalah konstan di sekolah dasar Swiss. Pertama-tama, anak-anak Swiss-Jerman, yang berbicara dengan dialek di rumah, menghadapi tugas belajar bahasa Jerman standar.

Keluarga sekarang lebih mobile dalam mencari pekerjaan dan mungkin pindah ke sebuah kanton di mana bahasa lain digunakan. Di kota-kota besar banyak anak-anak imigran yang datang ke sekolah dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang bahasa lokal.

Dengan kondisi tersebut, sekolah dasar dan para guru memiliki beban berat untuk memenuhi kebutuhan semua anak akan banyak bahasa. Ini seperti dua mata pisau. Tidak hanya di Swiss tapi di banyak negara lainnya.

Untuk memenuhi kemajuan zaman dan globalisasi yang cepat, banyak negara telah mengutamakan bahasa Inggris. Semua anak sejak kecil telah dikenalkan dengan bahasa internasional tersebut. Di sisi lain, mempertahankan identitas juga bukanlah hal sepele.

Ada banyak bahasa di Swiss seperti yang terjadi di banyak negara lain. Sistem pendidikan di Swiss telah memikirkan ini. Meski kemudian anak-anak harus bekerja lebih keras karena banyak bahasa yang harus mereka pelajari.