Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja selain Mengundurkan Diri

Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja selain Mengundurkan Diri

Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Tidak cocok dengan rekan kerja itu hal yang umum dan wajar di dunia profesional, tapi tidak boleh diabaikan. Kalian harus tetap menghadapi situasi tersebut.

Karena jika diabaikan, bisa berdampak buruk ke pekerjaan, organisasi atau perusahaan, sampai hubungan dengan rekan kerja itu sendiri. 

Artikel ini akan membantu kalian yang mungkin sedang berkonflik dengan rekan kerja untuk memberikan beberapa cara menghadapi dan menyelesaikan masalah ini.

Pertahankan sikap profesional

Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja selain Mengundurkan Diri - image 181
(dreamstime)

Bahkan di situasi tidak cocok dengan rekan kerja yang sampai menimbulkan konflik, penting sekali untuk mempertahankan sikap profesional.

Ketika sudah merasa tidak cocok dengan seseorang bahkan sampai terjadi konfrontasi, kita jadi mudah emosi yang bisa memengaruhi pikiran dan tindakan.

Di segala jenis hubungan termasuk dengan rekan kerja, mempertahankan sikap profesional itu perlu. Bagaimana caranya?

  • Gunakan bahasa yang sopan dan profesional meskipun masih kesal dengan rekan kerja tersebut
  • Berbicaralah dengan jelas dan secara efektif dalam setiap komunikasi, termasuk dalam email, pertemuan, dan presentasi
  • Tetap selesaikan tanggung jawab pekerjaan seperti biasa
  • Hindari menunda pekerjaan atau meninggalkan tugas yang belum selesai
  • Patuhi etika kerja dan norma-norma perusahaan
  • Hindari perilaku yang tidak etis atau melanggar kebijakan organisasi
  • Hati-hati menggunakan media sosial, khususnya jika membagikan informasi seputar masalah pekerjaan
  • Melindungi informasi rahasia atau bersifat pribadi dan hindari membocorkannya kepada pihak yang tidak berkepentingan
  • Patuhi kebijakan kerahasiaan yang telah ditetapkan oleh perusahaan
  • Tetap menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi
  • Hindari membawa masalah pribadi ke tempat kerja atau sebaliknya

Minta bantuan kepada manajer atau HRD menjadi mediator

Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja selain Mengundurkan Diri - image 180

Kalian sangat bisa minta bantuan kepada manajer atau HRD jika masalah tidak cocok dengan rekan kerja ini semakin serius dan berpotensi atau bahkan sudah ke tahap konfrontasi.

Adapun peran manajer atau HRD adalah menjadi penengah atau mediator untuk masalah ini.

Untuk melakukannya, kalian perlu menjadwalkan pertemuan dengan manajer atau HRD dengan rekan kerja yang bermasalah itu. Pastikan semua pihak bisa berpartisipasi di jadwal yang ditentukan tanpa mengganggu pekerjaan masing-masing.

Dari proses mediasi tersebut, pastikan agar menghasilkan pemecahan masalah dan kesepakatan yang disepakati oleh pihak-pihak yang berkonflik,

Antara memilih manajer atau HRD yang dipilih untuk menjadi mediator, yang perlu dipertimbangkan saat memilih mediator ada beberapa faktor:

  • Keahlian berkomunikasi
  • kepekaan terhadap dinamika hubungan antarindividu
  • Tetap netral

Atau kalian bisa menentukan siapa yang ingin dijadikan mediator dan sebelum jadwal mediasi, sampaikan peran mediator kepada siapapun yang kalian pilih untuk peran tersebut.

Batasi interaksi

Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja selain Mengundurkan Diri - GettyImages 1349975377 c7926325607c4884af3aa7dd72a306d2 1024x683 jpg

Jika masalah tidak cocok dengan rekan kerja dirasa terlalu parah atau bertepuk sebelah tangan (kalian yang tidak cocok dengan mereka dan mereka tidak bermasalah dengan kalian), yang bisa dilakukan adalah membatasi interaksi.

Membatasi dan menghindari interaksi yang tidak perlu dengan rekan kerja tertentu bisa meminimalisir potensi masalah yang muncul karena kalian sendiri sudah merasa tidak cocok dengan rekan kerja tersebut.

Misalnya, kalian mungkin menghindari duduk di dekat mereka saat makan siang dan rapat jika memungkinkan. Sebaliknya, habiskan waktu bersama rekan kerja yang memang membuat kalian nyaman.

Tidak harus sampai mengundurkan diri

Cara Menghadapi Tidak Cocok dengan Rekan Kerja selain Mengundurkan Diri - GettyImages 1239463193 scaled 1

Sebelum mempertimbangkan mengundurkan diri, pastikan agar kalian sudah mencoba menghadapi masalah tidak cocok dengan rekan kerja ini dengan baik. Sebab selama masalah ini masih bisa dihadapi, tidak perlu mempertimbangkan hal itu. 

Misalkan masalah kalian tidak cocok dengan rekan kerja sepele, sebaiknya tidak diabaikan. Berikut ini beberapa alasan pentingnya menghadapi ketidakcocokan dengan rekan kerja.

  • Menghemat waktu dan energi untuk mengkhawatirkan situasi yang lebih sulit lagi jika diabaikan terlalu lama
  • Agar situasi yang menyebabkan rasa tidak nyaman di kedua pihak bisa segera teratasi
  • Setelah menyelesaikan masalah, menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih mudah dan tidak terbebani oleh konflik dengan rekan kerja

Demikian beberapa cara menghadapi tidak cocok dengan rekan kerja. Kunci dari penyelesaian masalah ini adalah jika semakin serius atau parah, maka sudah waktunya untuk dihadapi dan sebaiknya tidak dihindari karena justru berpotensi memperbesar masalah yang dampaknya bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga perusahaan.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel