Inilah Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu

Inilah Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Memasuki musim hujan ini, pasti sering kan ada serangga yang muncul di malam hari, lalu mengerubungi lampu rumahmu, yak laron. Laron sendiri adalah bentuk dewasa dari rayap, yang biasanya hidup di dalam tanah atau kayu.

Laron sering mengganggu aktivitas kita di rumah, karena mereka terbang ke arah lampu dan menyebar di mana-mana.

Lalu, bagaimana cara mengusir laron tanpa mematikan lampu? Apakah ada cara yang efektif dan aman untuk mengatasi masalah ini?

Untuk mengetahui cara mengusir laron tanpa mematikan lampu, maka simak ulasan berikut ini.

Penyebab Banyak Laron di Rumah

Sebelum ke cara mengusir laron tanpa mematikan lampu, perlu diketahui penyebab banyaknya laron di rumah. Nah… salah satu penyebab banyak laron di rumah ini adalah adanya sumber cahaya yang menarik perhatian mereka.

Laron memiliki mata yang sensitif terhadap cahaya, sehingga mereka akan terbang ke arah sumber cahaya yang paling terang. Hal ini bisa menjelaskan mengapa laron sering berkumpul di sekitar lampu, baik di dalam maupun di luar rumah.

Selain itu, banyak laron di rumah juga bisa disebabkan oleh adanya sumber makanan yang tersedia bagi mereka. Laron adalah serangga yang suka mengonsumsi bahan organik, seperti kayu, kertas, kain, atau tanaman.

Jika di rumahmu terdapat banyak benda-benda yang terbuat dari bahan organik, maka laron akan tertarik untuk datang dan memakannya. Hal ini bisa merusak barang-barang dan juga mengotori rumahmu.

Siklus Hidup Laron

Untuk mengusir laron, kita perlu memahami siklus hidup mereka. Laron adalah bentuk dewasa dari rayap, yang memiliki empat tahap perkembangan, yaitu telur, larva, nimfa, dan imago.

Telur adalah tahap awal dari siklus hidup laron, yang diletakkan oleh ratu rayap di dalam sarang. Telur akan menetas menjadi larva, yang merupakan bentuk dasar dari rayap.

Larva akan tumbuh dan berubah menjadi nimfa, yang merupakan bentuk transisi dari rayap. Nimfa akan mengalami beberapa kali pergantian kulit, hingga akhirnya menjadi imago, yaitu bentuk dewasa dari rayap.

Imago adalah tahap akhir dari siklus hidup laron, yang memiliki dua jenis, yaitu pekerja dan reproduksi. Pekerja adalah laron yang tidak memiliki sayap, yang bertugas untuk membangun dan memelihara sarang, serta mencari makanan.

Reproduksi adalah laron yang memiliki sayap, yang bertugas untuk keluar dari sarang dan mencari pasangan, jenis yang inilah yang sering kita lihat terbang di malam hari, yang disebut juga sebagai laron terbang.

Laron terbang akan mencari pasangan dengan cara terbang ke arah sumber cahaya yang terang. Setelah menemukan pasangan, laron terbang akan melepaskan sayap mereka dan kembali ke tanah untuk membuat sarang baru.

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu

Inilah Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu - Menyemprot
Image from Lamudi

Setelah mengetahui penyebab dan siklus hidup laron, kita bisa mencoba beberapa cara untuk mengusir laron tanpa mematikan lampu.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

Gunakan kipas angin

Kipas angin bisa membantu menghalau laron yang terbang ke arah lampu, karena mereka tidak bisa melawan arus udara yang kencang.

Kamu bisa menempatkan kipas angin di dekat lampu, atau di tempat yang sering dilalui oleh laron. Kipas angin juga bisa membantu mendinginkan ruangan, sehingga kamu bisa lebih nyaman.

Gunakan lem tikus

Cara mengusir laron yang satu ini adalah untuk laron yang akan jatuh ke lantai supaya tidak nyebar. Kamu bisa menempelkan lem tikus di dinding, lantai, atau tempat lain yang sering didatangi oleh laron.

Lem tikus akan menempelkan tubuh laron, sehingga mereka tidak bisa lepas dan mati. Kamu bisa mengganti lem tikus secara berkala, agar tidak penuh dengan laron.

Gunakan cuka.

Cuka adalah bahan alami yang bisa mengusir laron, karena mereka tidak suka dengan bau dan rasa asamnya. Kamu bisa menyemprotkan cuka ke tempat-tempat yang sering menjadi sarang atau jalur laron, seperti celah-celah kayu, kertas, atau tanaman.

Cuka juga bisa membunuh bakteri atau jamur yang dibawa oleh laron, sehingga bisa menjaga kebersihan rumahmu.

Gunakan bawang putih.

Terakhir cara mengusir laron tanpa mematikan lampu adalah dengan bawang putih. Ini adalah bahan alami yang juga bisa mengusir laron, karena mereka tidak suka dengan bau dan rasa pedasnya.

Caranya adalah kamu bisa menghaluskan bawang putih dan mencampurnya dengan air, lalu menyemprotkannya ke tempat-tempat yang sama dengan cuka.

Itulah beberapa cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang bisa dicoba di rumah. Dengan cara-cara tersebut, kamu bisa mengatasi masalah laron yang mengganggu, tanpa harus mengorbankan kenyamanan.

Namun, kamu juga perlu mencegah datangnya laron dengan cara menjaga kebersihan dan kerapian rumah, serta menghilangkan sumber makanan dan cahaya yang menarik bagi mereka. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel