3 Manfaat Menulis dengan Tangan: Cara Sederhana untuk Merawat Otak dan Jiwa

3 Manfaat Menulis dengan Tangan: Cara Sederhana untuk Merawat Otak dan Jiwa

Manfaat Menulis dengan Tangan

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mengetik daripada menulis dengan tangan. Baik itu untuk membuat catatan, mengirim pesan, atau menulis dokumen, mengetik di keyboard atau layar sentuh tampak lebih praktis dan efisien.

Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat menulis dengan tangan yang tidak bisa kamu dapatkan dari mengetik? Menulis dengan tangan tidak hanya melatih kemampuan motorik dan kognitif, tetapi juga dapat meningkatkan ingatan, kreativitas, dan mungkin juga berpengaruh pada kesehatan mental.

Perlu untuk diketahui bahwa saat tangan kita sedang menggunakan suatu alat, maka otak juga menggunakannya, dan kegiatan menulis dengan tangan adalah cara yang ampuh untuk menerapkan teori embodied cognition.

Nah, salam artikel ini, Sediksi akan membahas beberapa manfaat menulis dengan tangan yang mungkin belum kamu ketahui, dimak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja itu.

Manfaat Menulis dengan Tangan

Menulis dengan tangan adalah aktivitas yang kompleks dan unik, yang melibatkan berbagai keterampilan, seperti memegang pena, menghapal huruf, membentuk kata, dan mengatur pemikiran.

Ketika kamu menulis dengan tangan, maka kamu sedang menggunakan lebih banyak otak dan mengintegrasikan pemikiran, gerakan, dan sensasi.

Ini keuntungan yang sangat mencolok dibandingkan menulis dengan keyboard atau di layar HP. Keyboar atau layar sentuh tidak memberikan umpan balik indra penyentuh ke otak, seperti kontak antara pena dan kertas, dan ini adalah kunci untuk menciptakan hubungan saraf kompleks tangan-otak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat menulis dengan tangan yang bisa kamu rasakan:

Meningkatkan ingatan

3 Manfaat Menulis dengan Tangan: Cara Sederhana untuk Merawat Otak dan Jiwa - budayakan menulis tangan di kalan.width 800.format webp 1
Image from Orami

Manfaat menulis dengan tangan yang pertama adalah hal ini dapat membantu dalam mengingat informasi yang lebih baik dan lebih lama daripada mengetik.

Hal ini karena menulis dengan tangan memaksa untuk memproses informasi secara lebih mendalam, dengan meringkas, menceritakan, atau mengorganisir informasi.

Para peneliti menemukan bahwa pencatatan dengan keyboard atau sejenisnya adalah pencatatan verbatim, kata demi kata tanpa melakukan pemrosesan informasi, jadi pencatatan dengan cara menulis dengan tangan adalah hal yang jauh lebih baik dalam pemrosesan sehingga informasi lebih melekat pada ingatan.

Selain itu, menulis dengan tangan juga menciptakan penyimpanan memori eksternal, yaitu buku catatan, yang bisa kamu gunakan sebagai referensi atau pengingat. Ini juga bisa menjadi strategi belajar yang ampuh, karena proses pemahaman dapat terjadi lebih baik lagi.

Meningkatkan kreativitas

3 Manfaat Menulis dengan Tangan: Cara Sederhana untuk Merawat Otak dan Jiwa - Kreativitas jpg
Image from Abduzeedo

Selain meningkatkan ingatan atau menyimpan inrformasi lebih lama, manfaat menulis dengan tangan dapat merangsang kreativitas seseorang dengan memberi kebebasan grafis untuk membuat sketsa, diagram, atau tata letak yang tidak tradisional.

Menulis dengan tangan juga dapat meningkatkan aliran ide dan ekspresi apapun itu yang sedang dirasakan, karena jelas penulis yag menggunakan tangan tidak terbatas oleh kecepatan atau format mengetik.

Beberapa penulis terkenal, seperti J.K. Rowling, Neil Gaiman, dan Quentin Tarantino, masih menggunakan metode menulis dengan tangan untuk menghasilkan karya-karya mereka.

Meningkatkan kesehatan mental

3 Manfaat Menulis dengan Tangan: Cara Sederhana untuk Merawat Otak dan Jiwa - JFDiaoeiaio jpg
Image from BBC

Lalu manfaat menulis dengan tangan mungkin juga dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengungkapkan perasaan, atau untuk mengatasi stres.

Media kertas dengan pensil maupun alat tulis sejenisnya bisa kita pakai untuk mengekspresikan apapun itu yang sedang dan ingin kita ungkapkan. Sebagian orang mungkin sering menggunakan cara ini untuk mengatasi stress mereka atau mungkin hanya sebagai wadah penyaluran ekspresi saja.

Yang pasti menulis dengan tangan dapat membantumu dalam menenangkan pikiran, melepaskan emosi, dan merefleksikan diri. Beberapa jenis menulis dengan tangan yang bermanfaat untuk kesehatan mental adalah menulis jurnal, menulis surat, atau menulis puisi.

Dan ini mungkin cara paling mudah, paling murah dan paling ampuh untuk mengekspresikan segala hal yang sedang kita rasakan.

Itulah dia ulasan tentang manfaat menulis dengan tangan, dan mungkin masih banyak lagi manfaat yang bisa kita rasakan dari hal sederhana ini. Dari uraian di atas, kita dapat melihat bahwa menulis dengan tangan adalah cara sederhana untuk merawat otak dan jiwa kita.

Meskipun mengetik mungkin lebih mudah dan cepat, kita tidak boleh melupakan manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari menulis dengan tangan.

Oleh karena itu, mari kita mulai kembali kebiasaan menulis dengan tangan, baik itu untuk belajar, bekerja, atau bersenang-senang. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Selamat menulis!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel