Segudang Manfaat Wortel untuk Mata, dan 4 Cara Mengolahnya

Segudang Manfaat Wortel untuk Mata, dan 4 Cara Mengolahnya

Manfaat Wortel untuk Mata dan Cara Mengolahnya
Image from Pixabay/Klimkin

DAFTAR ISI

Sediksi – Wortel merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Wortel memiliki warna oranye yang menarik dan rasa yang manis.

Selain sebagai pelengkap untuk masakan, manfaat wortel untuk mata sangat banyak, karena kaya akan nutrisi, terutama vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Apa saja manfaat wortel untuk mata dan bagaimana cara mengolahnya dalam masakan? Simak ulasan berikut ini.

Kandungan wortel yang bagus untuk kesehatan mata

Segudang Manfaat Wortel untuk Mata, dan 4 Cara Mengolahnya - girl 2605526 1280
Image from Pixabay/StockSnap

Wortel mengandung beta-karoten, yaitu pigmen karotenoid yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A membantu mata mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim ke otak, sehingga memungkinkan kita untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah.

Vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan selaput lendir mata, mencegah infeksi, dan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas

Beberapa manfaat wortel untuk mata antara lain:

Manfaat wortel untuk mata

Menurunkan risiko mata minus

Manfaat wortel untuk mata yang pertama adalah dapat membantu pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh, yang berpengaruh pada kesehatan mata. Dengan mengonsumsi wortel secara rutin dan teratur, risiko mata minus dapat berkurang.

Mencegah kebutaan.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit mata yang serius, seperti xeroftalmia (mata kering) dan keratomalasia (kerusakan kornea) yang dapat menyebabkan kebutaan.

Mengonsumsi wortel dapat mencegah kekurangan vitamin A dan menjaga penglihatan tetap normal.

Mengurangi risiko mata merah, gatal, dan berkabut

Manfaat wortel untuk mata yang terakhir adalah, wortel ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-alergi yang dapat mengurangi peradangan dan iritasi pada mata. Wortel juga dapat membantu menyembuhkan mata berkabut akibat infeksi atau alergi.

Mencegah katarak

Wortel juga mengandung lutein, yaitu senyawa antioksidan yang dapat melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak. Lutein dapat menyerap sinar biru yang berbahaya bagi retina mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

Cara Mengolah Wortel dalam Masakan

Wortel merupakan sayuran yang mudah diolah dalam masakan. Wortel dapat dikonsumsi mentah sebagai salad atau jus, atau dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, dikukus, ditumis, atau dibakar.

Berikut adalah beberapa cara mengolah wortel dalam masakan yang enak dan sehat:

Kukus wortel

Mengukus wortel adalah cara mengolah wortel paling tepat dan menyehatkan. Proses memasak dengan uap ini tidak akan menambah lemak jenis apa pun ke dalam wortel sehingga nutrisinya tetap terjaga.

Kamu bisa mengukus wortel selama 15-20 menit hingga lunak, lalu menyajikannya dengan mentega atau saus sesuai selera, walau rasanya cukup hambar, namun nutrisi yang ada dalam wortel masih terjaga.

Panggang wortel

Memanggang wortel dalam oven atau pemanggang khusus dapat memberikan rasa yang gurih dan aroma yang harum. Caranya, bisa memotong wortel menjadi batang-batang atau membiarkannya utuh dengan menyisakan batangnya untuk mempercantik tampilan.

Kamu bisa melumuri wortel dengan minyak zaitun, garam, merica, bawang putih, madu, atau rempah-rempah lainnya sebelum memanggangnya hingga empuk dan berwarna kecoklatan.

Tumis wortel

Menumis wortel dengan wajan adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengolah wortel. Kamu bisa memotong wortel menjadi bentuk korek api, irisan tipis, atau dadu kecil.

Tumislah wortel dengan minyak sayur, bawang putih, garam, merica, dan saus tiram atau saus tomat selama 10-15 menit hingga matang dan berair.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti bakso, jagung, brokoli, atau kacang polong untuk membuat tumisan wortel lebih bervariasi dan bergizi.

Buat carrot cake

Wortel juga bisa diolah menjadi kue yang lezat dan manis. Caranya membuat carrot cake dengan cara menghaluskan wortel dengan blender atau parutan, lalu mencampurnya dengan tepung terigu, gula, telur, mentega, baking powder, baking soda, dan susu bubuk.

Kamu juga bisa menambahkan kismis, kenari, kayu manis, atau jahe untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih kaya.

Panggang adonan kue dalam loyang selama 45 menit hingga matang dan berwarna keemasan. Sajikan carrot cake dengan cream cheese frosting atau es krim vanilla.

Sudah tau kan manfaat wortel untuk mata? Jadi wortel adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata.

Wortel mengandung vitamin A, beta-karoten, lutein, dan antioksidan lainnya yang dapat menjaga penglihatan, mencegah penyakit mata, dan melindungi mata dari kerusakan.

Wortel juga mudah diolah dalam masakan dengan berbagai cara yang enak dan sehat. Sayuran ini dapat dikonsumsi mentah atau dimasak dengan cara mengukus, memanggang, menumis, atau membuat kue.

Wortel adalah sayuran yang sebaiknya kamu masukkan dalam menu makanan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya bagi mata dan tubuhmu.

Sekian artikel tentang manfaat wortel untuk mata, semoga membantumu dan memahami manfaatnya, sekian!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel