10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi?

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi?

Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Nama Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi sering dianggap oleh para penggemar sebagai pemain dengan gol penalti terbanyak di sepak bola. Hal inilah yang memunculkan panggilan Penaldo (untuk Ronaldo) dan Pessi (untuk Messi).

Panggilan itu biasanya ditujukan oleh para penggemar berat kedua pesepakbola legendaris tersebut untuk saling mengejek satu sama lain, seolah-olah menganggap bahwa torehan ratusan gol yang keduanya catatkan kebanyakan diperoleh dengan cara mudah, yaitu melalui tendangan penalti.

Selain hal tersebut tentu saja tidak benar, menganggap bahwa tendangan penalti menjadi cara termudah untuk menciptakan gol juga agaknya keliru. Sebab, dibutuhkan ketenangan, teknik, serta akurasi untuk dapat menuntaskan tendangan 12-yards dengan baik serta konsisten.

Artikel berikut akan menampilkan siapa saja para master tendangan titik putih lapangan hijau terbaik sepanjang masa. Berikut 10 pemain dengan gol penalti terbanyak di sepak bola.

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa

10. Ronaldinho (70 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - article 2274706 1763C22E000005DC
Gambar: Daily Mail

Ronaldinho merupakan sering menjadi eksekutor penalti andalan timnya saat masih berkarir. Ia lihai dalam menempatkan bola di pojok gawang saat melakukan tendangan 12-yards ini, dengan ancang-ancang (run-up) yang cukup jauh. Selama 17 tahun karirnya, Ronaldinho telah mencetak 70 gol penalti dari 87 percobaan.

9. Alan Shearer (72 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - GettyImages 57348884
Gambar: talkSPORT

Top skor Premier League sepanjang masa dengan total 260 gol ini tidak hanya dikenal sebagai seorang predator kotak penalti ulung.

Shearer juga merupakan seorang eksekutor penalti handal dengan tingkat akurasi tinggi, membuatnya menjadi salah satu pemain dengan gol penalti terbanyak.

Dari total 77 percobaan penalti yang dilakukannya, legenda Blackburn Rovers dan Newcastle United ini hanya gagal 5 kali.

8. Robert Lewandowski (76 gol)

Sumber: Bundesliga

Lewandowski tercatat telah menuntaskan 76 eksekusi penalti dari 85 percobaannya sejauh ini. Penyerang FC Barcelona ini dikenal karena teknik penaltinya yang sangat efektif.

Ia akan menghentakkan kakinya sesaat sebelum menendang, sambil memandang ke arah gawang untuk melihat reaksi kiper lawan. Dari sini, Lewa akan mencoba menebak ke mana kiper akan meloncat lalu melakukan tendangan.

7. Alessandro Del Piero (77 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - wpbs3sjvbzzec7slpcei
Gambar: Juventus

Del Piero dikenal dengan ketenangannya saat melakukan eksekusi 12-yards. Inilah yang membuatnya menjadi penendang penalti utama Juventus selama bertahun-tahun, sekaligus membuatnya menjadi salah satu pemain dengan gol penalti terbanyak.

Dari total 92 percobaan, pemain yang menghabiskan hampir 2 dekade berseragam si nyonya tua ini telah mencetak 77 gol dari titik putih.

6. Zlatan Ibrahimović (85 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - GettyImages 592211688
Gambar: Manchester Evening News

Zlatan merupakan salah satu penyerang paling subur sepanjang sejarah, di mana ia telah membukukan lebih dari 500 gol selama 2 dekade lebih berkarir. Di antara jumlah gol fantastis tersebut, 85 di antaranya berasal dari titik putih (102 percobaan).

Pemain yang pernah bermain untuk 9 klub berbeda ini cenderung akan menendang bola dengan keras, namun dengan tingkat keakuratan tinggi, saat melakukan tendangan 12-yards.

5. Francesco Totti (86 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - Totti penalti
Gambar: getty images

Pemain yang dikenal sebagai ‘pangeran Roma’ ini merupakan eksekutor titik putih andalan AS Roma hampir di sepanjang karirnya.

Total 86 gol penalti, dari 96 percobaan, yang sudah dilesakkan Totti ke gawang lawan, membuat dirinya menjadi salah satu pemain dengan gol penalti terbanyak sepanjang masa.

4. Roberto Baggio (101 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - Roberto Baggio Penalti
Gambar: getty images

Jika berbicara soal penalti, Il Divin Codino (The Divine Ponytail) mungkin akan paling diingat dari tendangannya yang melayang di atas gawang Brasil pada babak adu penalti final Piala Dunia 1994.

Meskipun demikian, Baggio merupakan pemain dengan gol penalti terbanyak di Italia sepanjang masa. Ia tercatat telah menorehkan 101 gol penalti dari 119 percobaan selama 22 tahun berkarir.

3. Lionel Messi (109 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - lionel messi argentina scores goal 782712219
Gambar: The Sun

Pemain selanjutnya yang telah membukukan 100 gol lebih dari titik putih adalah Lionel Messi. Baik di level klub maupun internasional, La Pulga hampir selalu menjadi penendang nomor 1 timnya. Messi umumnya akan mengandalkan akurasi serta finesse saat melakukan eksekusi 12-yards.

Meskipun berada di urutan 3 pemain dengan gol penalti terbanyak sepanjang masa, Messi sendiri tercatat gagal menuntaskan tugasnya sebanyak 31 kali, atau yang terbanyak di antara pemain-pemain lain dalam daftar ini.

2. Ronald Koeman (111 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - Ronald Koeman penalty
Gambar: getty images

Hampir separuh dari gol Ronald Koeman di sepanjang karirnya berasal dari titik putih. Hal ini tidak mengherankan dikarenakan ia merupakan seorang pemain bertahan.

Koeman sendiri memang dikenal sebagai eksekutor penalti serta tendangan bebas dari tim-tim yang ia bela. Total, ia telah membukukan 111 gol penalti dari 118 percobaan, atau hanya 7 kali gagal di sepanjang karirnya. Catatan luar biasa untuk seorang Sweeper.

1. Cristiano Ronaldo (157 gol)

10 Pemain dengan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa, Penaldo atau Pessi? - 30hughes superJumbo
Gambar: The New York Times

Ronaldo sejauh ini masih berstatus sebagai pemain dengan gol penalti terbanyak dengan selisih yang cukup jauh dari para pemain lainnya dalam daftar ini.

Dari 800 gol lebih yang diciptakan CR7, 157 di antaranya (dari 186 percobaan) berasal dari titik putih. Penyerang Al-Nassr ini dikenal sebagai salah satu penendang penalti terbaik di dunia. Akurasi serta kekuatan tendangannya sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu, Ronaldo juga memiliki variasi teknik atau ancang-ancang penalti yang terus ia sempurnakan di sepanjang karirnya.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel