5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia

5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia

Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Sebagai olahraga paling populer di dunia, sepak bola dalam permainannya sangat mengandalkan kaki sebagai alat utama untuk mengontrol dan menendang bola.

Kekuatan tendangan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kualitas seorang pemain sepak bola. Penasaran gak dengan kira-kira siapa pemain sepak bola dengan tendangan paling keras di dunia?

Dikarenakan dalam permainan, mempunyai tendangan yang keras dan akurat, itu bisa menjadi senjata ampuh untuk mengirim umpan jarak jauh, hingga mencetak gol.

Namun, tidak semua pemain sepak bola memiliki tendangan yang sama-sama keras. Ada beberapa pemain yang memiliki tendangan luar biasa yang bisa mencapai kecepatan ratusan kilometer per jam.

Tendangan mereka bisa membuat bola meluncur seperti peluru, membentur mistar gawang, atau bahkan merobek jala. Lalu siapa saja pemain sepak bola dengan tendangan paling keras di dunia?

Berikut ini adalah daftar lima pemain yang pernah mencatatkan tendangan tercepat dalam sejarah sepak bola, berdasarkan data dari berbagai sumber.

Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia

David Hirst (183 km/jam)

5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia - David Hirst jpg
Image from Owlstalk

David Hirst adalah mantan penyerang asal Inggris yang bermain untuk Sheffield Wednesday dari tahun 1986 hingga 1997. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki tendangan keras dan akurat. Salah satu tendangan terkerasnya terjadi pada musim 1995-1996, saat ia menghadapi Arsenal di Liga Premier.

Pada saat itu, Hirst menerima umpan dari rekan setimnya dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola yang ia tendang melaju dengan kecepatan 183 km/jam, namun sayangnya hanya membentur mistar gawang. Jika bola itu masuk, bisa jadi itu adalah salah satu gol terbaik dalam sejarah Liga Premier.

Ronald Koeman (188 km/jam)

5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia - Ronald Koeman jpg
Image from Planet Football

Pemain sepak bola dengan tendangan paling keras di dunia selanjutnya, yang ada di posisi 4 adalah Ronald Koeman, ia adalah mantan bek tengah asal Belanda yang bermain untuk Barcelona dari tahun 1989 hingga 1995.

Ia merupakan salah satu bek terbaik dan tersubur dalam sejarah sepak bola, dengan mencetak 253 gol di level klub dan 14 gol di level timnas.

Salah satu gol terbaik yang pernah dicetak oleh Koeman adalah saat ia membela Barcelona melawan Sampdoria di final Liga Champions tahun 1992.

Pada menit ke-112, Koeman mendapatkan kesempatan tendangan bebas dari jarak sekitar 25 meter. Dengan tenang, ia melepaskan tendangan yang meluncur deras dan masuk ke gawang Sampdoria. Bola yang ia tendang memiliki kecepatan 188 km/jam, dan membuat Barcelona meraih gelar Liga Champions pertamanya.

Steven Reid (189 km/jam)

5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia - Steven Reid 1024x576 jpg
Image from Skysports

Pemain yang satu ini mungkin bukanlah pemain terkenal yang Anda harapkan masuk dalam daftar ini. Steven John Reid, mantan pemain sepak bola kelahiran Inggris berkebangsaan Republik Irlandia yang kini menjadi asisten pelatih Nottingham Forest.

Dalam karirnya sebagai pemain sepak bola, ia bermain sebagai bek kanan, setelah sebelumnya memainkan sebagian besar karirnya di lini tengah. Reid memulai karirnya dengan Millwall pada tahun 1998, lalu pindah ke Blackburn Rovers lima tahun setelahnya.

Dalam kemenangan 3-0, Blackburn Rovers atas Wigan Athletic, ia mencetak gol spektakuler dengan shot berkecepatan 189 km/jam, yang mencatatkan dirinya sebagai pemain sepak bola dengan tendangan paling keras di dunia di posisi nomor 3.

Arjen Robben (190 km/jam)

5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia - Arjen Robben 1024x683 jpg
Image from Squawka Football

Kalau pemain yang satu ini pasti kalian kenal. Arjen Robben, mantan pemain sepak bola profesional Belanda yang bermain mengisi posisi sayap.

Ia dikenal dengan skill dribbling yang ciamik, kecepatan lari, kontrol bola hingga tembakan jarak jauh yang kecang. Tak heran jika Robben dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik pada zamannya.

Nah, ia mencatatkan juga sebagai pemain sepak bola dengan tendangan paling keras di dunia dengan kecepatan 190 km/jam di mana tendangan volinya untuk Real Madrid melawan Borussia Dortmund.

Ronny Heberson (210 km/jam)

5 Pemain Sepak Bola dengan Tendangan Paling Keras di Dunia - Ronny Heberson jpg
Image from LockerDome

Bukan Ibra, bukan Ronaldo, bukan Roberto Carlos ataupun nama-nama sepak bola tersohor lainnya yang dikenal mempunyai tendangan keras, justru nama pemain yang asing di telinga para pecinta sepak bola ini adalah yang menempati nomor satu sebagai pemain sepak bola dengan tendangan paling keras di dunia.

Ronny Heberson, pemain yang pernah berseragam Sporting Lisbon ini mencatatkan dirinya di puncak dengan tendangan bebasnya ke arah pojok kanan atas gawang Naval pada 26 November 200g, yang mencapai kecepatan 210,8 km/jam.

Itulah daftar lima pemain sepakbola dengan tendangan paling keras di dunia. Tendangan mereka bukan hanya menghasilkan gol-gol spektakuler, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak pemain muda yang ingin mengikuti jejak mereka.

Tendangan keras memang bukan segalanya dalam sepakbola, tetapi bisa menjadi salah satu keunggulan yang bisa membedakan seorang pemain dari yang lainnya.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel