10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi

Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Tidak banyak pemain yang masih mampu tampil di level tertinggi sekelas Premier League saat memasuki penghujung karir, apalagi sampai mencetak gol.

Di sepanjang sejarah kompetisi ini, hanya terdapat segilintir nama-nama yang mencatatkan dirinya sebagai salah satu pencetak gol tertua di Premier League.

Para pemain ini telah membuktikan bahwa usia hanyalah angka, dan tekad, disiplin, serta kerja keras dapat melampaui segala rintangan.

Lalu, siapa saja sosok-sosok di Premier League yang memiliki karir panjang dan berhasil melampaui rata-rata usia pensiun sembari mencetak gol dalam prosesnya? Berikut ini akan ditampilkan 10 pencetak gol tertua di Premier League sepanjang sejarah.

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League

10. Gary Speed (Bolton Wanderers) – 37 tahun 11 bulan 17 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - Gary Speed Bolton 5 2684684
Gambar: Sky Sports

Almarhum Gary Speed membukukan gol terakhirnya di Premier League pada 25 Agustus 2007 dalam kemenangan 3-0 atas Reading.

Pemain asal Wales ini merupakan salah satu penampil terbanyak di kasta teratas Inggris dengan total 535 penampilan bersama 4 klub berbeda.

9. Mick Harford (Wimbledon) – 38 tahun 1 bulan 6 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - Mick Harford Wimbledon
Gambar: getty images

Pemain yang memulai karirnya di Lincoln City ini sempat memecahkan rekor sebagai pencetak gol tertua di Premier League pada 18 Maret 1997 saat berseragam Wimbledon.

Gol terakhir Harford di level profesional tersebut tercipta pada laga melawan West Ham United yang berakhir dengan skor 1-1.

8. Tugay Kerimoğlu (Blackburn Rovers) – 38 tahun 3 bulan 6 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - tugay
Gambar: These Football Times

Tugay berkarir selama 8 tahun di Premier League bersama satu klub saja, yaitu Blackburn Rovers. Gelandang asal Türkiye yang menorehkan hampir 300 penampilan bersama The Riversiders di semua kompetisi.

Pada 30 November 2008, Tugay mencetak gol terkahirnya bagi Blackburn dalam kekalahan tipis 3-2 atas Portsmouth di Fratton Park.

7. Mark Hughes (Blackburn Rovers) – 38 tahun 4 bulan 26 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - Mark Hughes Blackburn player
Gambar: getty images

Penyerang andalan Manchester United di periode 1980-an dan 1990-an ini memecahkan rekor sebagai salah satu pencetak gol tertua di Premier League pada 30 Maret 2002. Hughes, yang saat itu berseragam Blackburn, mencetak gol dalam kekalahan 1-2 atas Leicester City.

6. Graham Alexander (Burnley) – 38 tahun 6 bulan

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - 80bca2fb 330d 4056 9634 36a27311f70f
Gambar: Burnley Football Club

Pada 10 April 2010, Alexander mencetak 2 gol ke gawang Hull City—keduanya berasal dari titik putih—di usia 38 tahun 6 bulan. Selain merupakan salah satu pencetak gol tertua di Premier League, pemain asal Skotlandia ini juga telah mencatatkan 1000 penampilan lebih di level klub dan negara.

5. Stuart Pearce (West Ham United) – 38 tahun 7 bulan 1 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - pearce
Gambar: West Ham United FC

Legenda Nottingham Forest serta mantan kapten timnas Inggris ini mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol tertua di Premier League pada 25 November 2000 saat memperkuat The Hammers di laga menghadapi Southampton.

4. Thiago Silva (Chelsea) – 39 tahun 1 bulan 21 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - Thiago Silva goal vs Man City
Gambar: getty images

Thiago Silva merupakan salah satu bukti terbaik bahwa usia hanyalah angka saat ini. Di usia 39 tahun, pemain asal Brasil ini masih menjadi andalan di lini belakang Chelsea dalam beberapa musim terakhir.

Pada laga melawan Manchester City di tanggal 12 November 2023, Silva mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol tertua di Premier League.

Gol yang ia cetak pada laga yang berakhir imbang 4-4 itu juga membuatnya menjadi pencetak gol tertua Chelsea sepanjang masa.

3. Ryan Giggs (Manchester United) – 39 tahun 2 bulan 25 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - Ryan Giggs goal vs QPR
Gambar: getty images

Pemain yang hanya memperkuat 1 klub di sepanjang karirnya mencetak gol terakhirnya bagi Manchester United pada 23 Februari 2013 dalam kemenangan 2-0 atas Queens Park Rangers.

Beberapa hari sebelumnya, Giggs juga mencetak gol ke gawang Everton, memperpanjang rekornya yang selalu mencetak gol dalam 23 musim beruntun di kasta teratas Inggris.

2. Dean Windass (Hull City) – 39 tahun 7 bulan 21 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - dean windass hull city football 3257940
Gambar: Sky Sports

Pada laga menghadapi Portsmouth di tanggal 22 November 2008, Dean Windass masuk sebagai pemain pengganti saat timnya tengah tertinggal 1-2.

Sundulannya dari situasi pojok, tidak hanya membuat Hull berhasil menyamakan kedudukan, namun juga membuatnya menjadi salah satu pencetak gol tertua di Premier League.

1. Teddy Sheringham (West Ham United) – 40 tahun 8 bulan 24 hari

10 Pencetak Gol Tertua di Premier League Sepanjang Masa, Semakin Tua Semakin Jadi - Teddy Sheringham gol vs Portsmouth
Gambar: getty images

Pada 26 Desember 2006, Sheringham memecahkan rekor sebagai pencetak gol tertua di Premier League di laga menghadapi Portsmouth. Mantan penyerang Tottenham Hotspur dan Manchester United ini membukukan gol di saat usianya sudah menginjak kepala 4.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel